Widget HTML Atas

Konsep Toko 24 Jam, Strategi Menjemput Kebutuhan Konsumen

Kecanggihan teknologi, melahirkan berbagai macam ide dan gagasan. Bahkan, mampu merubah kehidupan manusia menjadi lebih efektif dan efisien.

https://www.why-com.com/2020/05/konsep-toko-24-jam-strategi-menjemput-kebutuhan-konsumen.html

Salah satu perubahan besar dan mulai tumbuh saat ini, yaitu terjadi sistem jual-beli manual (offline) ke jual beli digital (online).

Di mana, penjualan offline mengharuskan pemilik toko menjual dari pagi hari hingga malam hari, dan harus ditunggui oleh si empunya toko. Yang tentunya, ada masa buka dan ada masa tutup toko.

Sedangkan untuk toko online, mengharuskan penjualan terjadi selama 24 jam. Dan semuanya telah tersistem, mulai dari permintaan konsumen, pengiriman uang oleh konsumen, dan lain sebagainya. Artinya, toko tak pernah tutup selama 24 jam.


Pola Perubahan Konsumen Era Digital

Munculnya internet, telah merubaha pola jual beli manusia dari offline ke jual beli online.

Tentu, tak semua sistem jual beli telah berubah digital. Tentap saja, ada beberapa produk dan jasa yang dijual secara manual atau offline.

Hanya saja, munculnya internet, telah memunculkan pola bisnis baru, yaitu jual-beli secara internet atau online.

Salah satu alasan konsumen melakukan transaksi menggunakan internet, yaitu adanya kemudahan dan efektivitas waktu.

Selain itu juga, memperkecil biaya yang harus dikeluarkan ketika hendak membeli suatu produk atau jasa.


Konsep Toko 24 Jam

Toko 24 jam merupakan konsep toko yang buka selama 24 Jam. Artinya, semenjak toko online dibuat, maka semenjak itu juga toko telah dibuka.

Dan selama kwota hosting dan domain yang dimiliki masih ada, maka selama itu juga toko online miliki kita ada dan dibuka.

Adapun lama hosting dan domain dari toko online kita, ada yang harus berbayar per bulan, dan ada juga harus bayar setahun sekali.

Dengan demikian, adanya toko online yang buka selama 24 jam, telah menguntungkan pengusaha untuk memasarkan produk dan jasa yang dimilikinya selama 24 jam tanpa henti.


Membuat Toko Online Yang Menarik

Jika ada yang bertanya, bagaimana prospek toko online untuk saat ini?

Tentu, jawabannya ialah, prospek toko online untuk saat ini masih sangat luas. Apalagi, bila dikaitkan dengan pengguna internet di Indonesia yang makin hari makin meningkat.

Hal tersebut, seperti data yang disampaikan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Sampai  Januari 2016, pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 juta. Dan 48 persen di antaranya, ialah pengguna internet harian.

Artinya, pengusaha secara online memiliki pangsa pasar sebesar 48% dari pengguna internet harian. Maka dari itu, cukup besar peluang untuk berbisnis secara online.


Nilai Jual Toko Online

Jika kita tertarik untuk berbisnis ataupun memulai bisnis online, maka kita harus memiliki nilai jual dari toko online yang kita dirikan.

Artinya, produk dan jasa yang kita tawarkan di toko online, harus memiliki kelebihan atau daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Karena pada dasarnya, konsumen akan membeli produk atau jasa yang kita tawarkan, jika memang manfaat yang didapatkan akan lebih besar, dari pada pengorbanan yang dikeluarkan oleh konsumen.

Pengorbanan konsumen, bisa berupa pengorbanan waktu, pengorbanan tenaga, ataupun pengorbanan uang untuk mendapatkan produk ataupun jasa tersebut.

Menurut Hermawan Kartajaya, ahli pemasaran asal Indonesia, untuk menciptakan nilai (value) kepada pelanggan ada dua. Yaitu, dengan cost-reduction dan additional-benefit.

Cost-reduction ialah cara pengusaha, mempermudah proses pelanggan dalam pengadaan barang atau jasa yang ditawarkan.

Contoh, pengiriman produk sehari bisa sampai, garansi 100% jika barang yang dikirim rusak, pelayanan yang memuaskan, dan lain sebagainya.

Sedangkan additional-benefit ialah pengusaha memberikan sesuatu yang bisa membuat pelanggan mendapatkan manfaat lebih besar, dalam proses pengadaan produk atau jasa.

Contoh, dapat mempermudah kehidupan pelanggan, dapat meningkatkan pendapatan pelanggan, dapat membuat nyaman kehidupan pelanggan, dan lain sebagainya.


Penutup

Nah, itulah sekelumit tentang toko 24 jam, atau yang lebih dikenal dengan toko online. Jika Anda tertarik, maka cepat bergegas mengambil kesempatan tersebut.

Kita dapat memasarkan apa saja di toko online milik kita, mulai dari produk dan jasa yang dibutuhkan oleh manusia, hingga hobi, dan lain sebagainya.

Namun, toko online yang akan kita dirikan, tetap harus dikonsep dan direncanakan sebaik mungkin. Karena, konsep dan perencanaan yang baik dalam bisnis, sangat menentukan tingkat keberhasilan bisnis kita.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua, kemudian dapat kita praktikkan…!
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan via Email