8 Kebiasaan Makan Yang Hanya Dilakukan oleh Orang Indonesia

Lain padang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Hal inilah yang bisa menggambarkan kebiasaan makan yang dimiliki setiap daerah, termasuk Indonesia. Salah satu kebiasaan unik yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia adalah kebiasaan makan. Ada beberapa hal yang berhubungan dengan makanan yang hanya dilakukan oleh orang Indonesia dan tidak akan ditemukan pada penduduk negera lain.


https://www.why-com.com/2020/04/8-kebiasaan-makan-unik-orang-indonesia.html

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan unik orang Indonesia yang berhubungan dengan makanan:


1. Kumpul-Kumpul Saat Makan

Salah satu jargon masyarakat Indonesia yang terkenal adalah “makan gak makan, yang penting kumpul”. Hal ini dibuktikan dengan kebiasaan orang Indonesia yang akan berkumpul bersama keluarga atau teman saat akan makan. Menurut mereka, makan bareng memang lebih nikmat daripada makan sendiri.


2. Makan Pakai Tangan


Rasanya kurang nikmat jikan makan tidak pakai tangan, hal ini pun tertuang dalam sunah rosul nabi Muhammad SAW.

3. Belum Dianggap Makan Kalau Belum Makan Nasi

Kebiasaan unik orang Indonesia lainnya adalah dia belum dikatakan makan jika belum makan nasi, meskipun mungkin dia sudah kenyang setelah makan jagung, kentang dan sebagainya. Hal ini karena nasi menjadi makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia sehingga mereka hanya menjadikan makanan tersebut sebagai cemilan.


4. Makan Tidak Lengkap Tanpa Sambal

Hidangan yang harus ada dalam setiap sajian makanan orang Indonesia adalah sambal. Bagi orang Indonesia, makan tanpa sambal seperti kehilangan separuh jiwa (cieee). Oleh karena itu, sambal adalah hal yang harus ada dalam daftar menu. Hal itu jugalah yang membuat begitu banyak jenis sambal di Indonesia.


5. Makan Pakai Kerupuk (Walau Kadang Lupa Dihabiskan)


Kurang gurih dan seru rasanya kalau belum ada kerupuk favorit. Namun, ada sebuah kebiasaan unik dari banyak pecinta kerupuk di Indonesia. Meski suka makan dengan menggunakan kerupuk, ada kalanya makanan sudah habis dan kita lupa menghabiskan kerupuk tersebut. Untungnya kerupuk tetap nikmat dimakan sendiri atau dengan cocolan sambal maupun kuah sayuran.

6. Menyisakan Bagian yang Paling Disukai untuk Dimakan Terakhir

Kebiasaan unik lain yang dimiliki oleh orang Indonesia adalah mereka akan menyisakan bagian paling disukai untuk dimakan paling terakhir. Jadi jika dia adalah pecinta bakso dan sedang makan mie bakso, maka dia akan menghabiskan mienya terlebih dahulu barulah kemudian makan baksonya. Hal ini mungkin berkaitan dengan prinsip bahwa hasil “perjuangan” harus dinikmati di akhir.


7. Makan Tahu Dan Tempe Dalam Satu Piring


Hanya di Indonesia makan tahu dan tempe dalam satu piring. Duo lauk protein nabati ini paling sering muncul di meja makan karena nutrisi dan harganya yang pas di kantong.


8. Mie Instan yang Dimakan dengan Nasi

Mie instan adalah makanan penyelamat saat perut keroncongan dan keuangan sedang menipis. Salah satu kebiasaan orang Indonesia yang berhubungan dengan mie instan adalah makanan ini dimakan bersama dengan nasi. Cara ini digunakan untuk mengisi perut yang sedang kelaparan disaat dompet dalam keadaan tidak bersahabat.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Posting Komentar untuk "8 Kebiasaan Makan Yang Hanya Dilakukan oleh Orang Indonesia"