20 Cara Menurunkan Berat Badan Drastis

Menurunkan berat badan tentunya penting bagi semua orang. Memang benar bahwa berat badan yang ideal adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda ketika tampil di tempat-tempat umum. Tapi faktor yang paling penting kenapa Anda harus berusaha untuk mendapatkan berat badan yang ideal adalah kesehatan. Hampir semua masalah kesehatan yang berbahaya mempunyai hubungan dengan berat badan yang berlebihan yang disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Dan tidak sedikit dari penyakit-penyakit tersebut dapat membuat hidup Anda berakhir. Ya, seperti itulah ketergantungan kesehatan Anda dengan berat badan.


https://www.why-com.com/2020/04/20-cara-menurunkan-berat-badan.html

Bohong jika banyak yang bilang bahwa menurunkan berat badan itu mudah. Karena menurunkan berat badan itu berarti merubah pola hidup Anda yang tadinya tidak sehat menjadi pola hidup yang lebih teratur. Menurunkan berat badan tidak berarti Anda harus diet keras hingga terobsesi seperti para penderita Anoreksia. Yang Anda butuhkan hanyalah motivasi yang sedikit lebih besar untuk bisa mengontrol nafsu makan, mendisiplikan diri untuk berolahraga, dan menghindari makanan-makanan yang bisa membuat Anda melar kembali. Mendapatkan bentuk tubuh yang ideal adalah sebuah usaha yang membutuhkan kontinuitas, karena menurunkan berat badan itu sulit, tapi berat badan bisa saja naik bahkan walau tidak disengaja.

Memiliki bentuk tubuh yang ideal tidak hanay berhubungan dengan keindahan penampilan saja. Tahukah Anda bahwa kegemukan atau obesitas adalah magnet penyakit-penyakit berbahaya? Ketika Anda memiliki masalah kegemukan, segala penyakit yang berhubungan dengan tumpukan lemak pada darah akan datang. Dan kabar buruknya, penyakit-penyakit ini dapat membunuh. Untuk mengenal lebih dekat tentang obesitas atau kegemukan, silahkan baca wikipedia. Mengenal bahaya kegemukan akan memberikan alasan dan motivasi lebih besar untuk menurunkan berat badan.

Bohong juga jika banyak yang bilang bahwa menurunkan berat badan itu bisa dilakukan hanya dalam waktu beberapa Minggu. Ya, tentu saja ini benar dalam kasus para pengidap anoreksia yang akan berakhir diboyong ke rumah sakit karena kekurangan nutrisi. Pada dasarnya, tubuh Anda juga butuh waktu untuk memproses pembakaran lemak dan butuh asupan nutrisi yang cukup untuk menopang tenaga dalam beraktivitas sehari-hari. Apapun program diet dan olahraga yang Anda lakukan untuk menurunkan berat badan, idealnya lemak di dalam tubuh yang dibakar hanya berbanding tipis dengan asupan lemak yang Anda butuhkan untuk bisa beraktivitas dengan maksimal. Jadinya, proses diet yang Anda lakukan membutuhkan waktu dan kedisiplinan dalam melakukannya.

Banyak cara untuk menurunkan berat badan, yang penting Anda tidak menyerah dalam prosesnya. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, proses mendapatkan berat badan yang ideal membutuhkan waktu dan konsistensi Anda. Di bawah ini akan saya jabarkan 20 cara menurunkan berat badan yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal sesuai tinggi badan Anda dalam waktu yang tidak begitu cepat, namun ideal. Jika dilakukan dengan kedisiplinan, 20 cara menurunkan berat badan ini dapat membantu Anda mendapatkan berat badan ideal dalam 6-7 bulan atau bisa lebih cepat tergantung seberapa banyak kelebihan berat badan Anda. Jika Anda ingin serius, saya sarankan Anda mencatat ke-20 poin di bawah ini.


1. Mulailah Hari Ini Juga!

Teori hanya akan tinggal teori jika tidak dipraktekkan. Menurunkan berat badan tidak segampang yang diembar-emborkan kebanyakan informasi di buku-buku, internet, ataupun surat kabar. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, menurunkan berat badan berarti merubah pola hidup Anda menjadi lebih teratur dan sehat. Semua yang Anda lakukan harus terukur, mulai dari makan, berolahraga, hingga istrahat. Dan pola hidup ini tidak hanya diaplikasikan satu atau dua minggu, tapi untuk berbulan-bulan ke depan. Dibutuhkan niat dan motivasi yang besar untuk bisa mempertahankan pola hidup sehat Anda hingga akhirnya tubuh ideal bisa Anda dapatkan.

Jika niat dan motivasi untuk menurunkan berat badan sudah Anda miliki, jangan tunggu hingga keduanya memudar dimakan waktu. Mulailah sekarang juga!


2. Tentukan Target yang Logis

Jangan mulai program diet Anda dengan target yang dikemudian hari hanya akan membuat Anda menyerah lebih awal. Jangan menetapkan target yang mustahil seperti Ken Dedes menetapkan target untuk Ken Arok. Menurunkan berat badan itu tidak bisa dengan paksaan dan tentu tidak bisa dengan bantuan jin.

Jadi buatlah target yang logis untuk Anda. Jika berat badan Anda turun 0,5 kilogram setiap minggunya itu sudah tergolong program diet yang berhasil, jadi tolong jangan menetapkan target 15 kilogram per minggu. Jika Anda memasang target menurunkan 15 kilogram per minggu, maka sebaiknya mulailah juga menabung untuk biaya rumah sakit diminggu kedua.

Diet yang sehat bukanlah diet yang ekstrim. Program diet yang baik tidak semata-mata memberikan Anda bentuk tubuh ideal yang Anda impikan, tapi juga pola hidup yang lebih baik untuk menjadi manusia yang lebih sehat, yang mana jauh lebih penting ketimbang tampil langsing. Pola hidup sehat yang Anda dapatkan dari program diet yang baik dapat menjauhkan Anda dari gangguan-gangguan kesehatan yang berasal dari ketidakteraturan pola makan dan olahraga. Sebut saja gangguan kesehatan seperti stroke dan kolesterol. Dan program-program diet yang sehat ini tidak pernah menjanjikan Anda tubuh yang ideal hanya dalam beberapa minggu. Jika di internet Anda dapati situs-situs yang menawarkan tips menurunkan berat badan dalam waktu singkat, percayalah mereka hanya ingin menggiring Anda ke tombol ‘Beli’ pada akhir halaman.


3. Hindari Program Diet yang Ekstrim

Mungkin di sekitar Anda ada orang-orang yang dietnya sudah berhasil dalam waktu singkat. Wajar tentunya jika Anda meminta tips dan trik dari mereka yang sudah berhasil. Tapi yang perlu Anda lakukan adalah berhati-hati saat menfilter informasi tentang program diet dari orang-orang disekitar Anda. Jangan pernah lakukan diet yang terlalu ketat ataupun terlalu ekstrim walaupun itu sudah terbukti berhasil untuk beberapa orang. Karena beberapa orang mungkin saja berhasil dengan program diet ala pengidap anoreksia, yang dalam jangka panjang akan mendatangkan gangguan kesehatan.

Pilihlah program diet yang tidak menawarkan hasil yang instan karena tubuh Anda tentunya butuh pembiasaan dengan perubahan pola makan dan olahraga yang Anda lakukan. Idealnya tubuh Anda membutuhkan sekitar 1.200 – 1.500 kalori setiap harinya untuk mempertahankan kondisi dalam keadaan yang prima. Sedangkan beberapa program diet ekstrim yang pernah dipraktekkan menghabiskan kalori terlalu banyak hingga hanya menyisakan setidaknya 600 kalori sehari. Ini sangat jauh dari kebutuhan tubuh alamiah sehari-harinya. Dengan sisa kalori yang hanya 600, jangankan untuk beraktivitas, bahkan untuk memproses metabolisme tubuhpun sulit. Dalam keadaan seperti ini, tubuh tidak dapat beraktivitas dengan maksimal dan metabolisme tubuh menjadi lamban. Pada akhirnya, ini semakin menambah kesempatan lemak untuk terus menimbun karena metabolisme yang buruk.

Pada intinya, pilihlah program diet yang tidak menyiksa diri Anda karena program diet yang baik memang tidak seharusnya memberikan hasil yang instan. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, diet yang baik adalah diet yang tidak hanya menurunkan berat badan tapi juga merubah pola hidup Anda menjadi lebih baik demi kesehatan.


4. Tetapkan Porsi/Waktu Olahraga Anda

Hal penting yang perlu Anda lakukan adalah menyediakan waktu untuk berolahraga. Diet itu penting, tapi olahraga untuk membakar lemak juga sama pentingnya dengan menjaga asupan nutrisi dan pola makan. Bagi Anda yang sibuk, wajib hukumnya untuk menyisihkan sedikit waktu saja untuk berolahraga. Sedikit waktu tidak akan menjadi masalah, asalkan dilakukan secara rutin. Tubuh Anda harus bisa mengenali porsi olahraga yang Anda lakukan setiap harinya agar tidak terjadi shock ataupun cidera saat Anda melakukan olahraga secara tiba-tiba dengan porsi yang tidak teratur.

Di kebanyakan kota-kota besar, gym tidak lagi menjadi fasilitas olahraga berbayar yang sulit ditemukan. Tapi bahkan di kota-kota besar sekalipun, tidak semua orang dapat menjadi member pusat kebugaran atau gym. Bagi Anda yang ingin mendapatkan berat badan ideal namun dengan budget yang terbatas, perlu diingat bahwa berolahraga yang efektif tidak lagi hanya bisa didapatkan di gym dengan arah instruktur yang berpengalaman. Saat ini dengan bantuan internet Anda sudah bisa melakukan olahraga-olahraga yang efektif untuk membakar lemak jahat bahkan tanpa harus melangkah keluar rumah.

Salah satu bantuan informasi yang bisa Anda dapatkan di internet adalah olahraga aerobik yang bisa Anda praktekkan dengan bantuan video-video YouTube. Banyak juga informasi-informasi di situs-situs kesehatan tentang gerakan olahraga-olahraga yang baik dilakukan di rumah bagi Anda yang tidak lagi mempunyai waktu untuk pergi ke pusat-pusat kebugaran. Berat tidaknya olahraga ini tidak begitu menjadi masalah, yang penting Anda lakukan dengan porsi yang sesuai dengan kemampuan Anda dan dengan rutin. Tentu saja, untuk mempersingkat waktu untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal, porsi olahraga yang lebih tinggi memang lebih baik. Tapi porsi olahraga yang lebih tinggi tentu saja harus disesuaikan dengan porsi makan dan istrahat yang seimbang untuk tetap menjaga kesehatan Anda.


5. Kurangi Minuman yang Bersoda

Minuman bersoda adalah salah satu jenis minuman yang bisa sangat sukses membuyarkan usaha Anda menurunkan berat badan. Memang benar di setiap kaleng kecil minuman bersoda ada sekitar 250 kalori yang siap masuk ke dalam tubuh Anda dan semuanya berasal dari gula. Jadi sebisa mungkin hindari, ataupaling tidak kurangi konsumsi minuman bersoda Anda.

Sedikit sekali minuman bersoda yang dapat memberikan Anda vitamin di setiap tetesnya. Itulah kenapa minuman bersoda bisa memberikan resiko besar pada Anda untuk terkena obesitas, bahkan juga diabetes. Mengurangi porsi konsumsi minuman bersoda tentu agak sulit bagi beberapa orang, terutama mereka yang sudah terbiasa mengkonsumsi minuman bersoda. Bagi Anda yang tidak bisa betul-betul menghentikan asupan minuman bersoda, cukup dikurangi saja tapi dengan bantuan olahraga dengan porsi yang teratur dan terukur.


6. Menurunkan Berat Badan dengan Mengurangi Konsumsi Makanan Cepat Saji

Di zaman yang serba sibuk saat ini tentu saja makanan cepat saji menjadi salah satu pilihan paling populer di antara kita, apalagi di masyarakat yang hidup di perkotaan. Makanan cepat saji memang sangat membantu bagi Anda-Anda yang sibuk bekerja dan butuh kalori yang banyak untuk beraktivitas. Di Amerika dan Eropa sendiri, makanan cepat saji sudah diberikan label Junk Food, walaupun bagi beberapa orang masih menjadi pilihan menu utama karena kesibukannya. Hati-hati, selain buruk untuk kesehatan Anda di masa depan, Junk Food juga bisa menggagalkan diet Anda. Saya bahkan selalu mengingat ini di kepala saya “Gagal menurunkan berat badan dan Junk Food adalah 2 ungkapan dengan makna yang sama”.

Ini karena kebanyakan makanan cepat saji memberikan asupan lemak yang berlebihan bagi tubuh. Bahkan tidak sedikit jenis makanan cepat saji yang memberikan porsi kalori yang sudah cukup untuk tubuh Anda dalam beraktivitas sehari-hari. Bayangkan berapa banyak kalori yang harus Anda simpan di dalam tubuh Anda jika makanan cepat saji ini Anda konsumsi 3 kali dalam sehari. Lalu metode apa yang kemudian bisa berhasil menurunkan berat badan Anda?

Tapi banyak juga yang mengkonsumsi makanan cepat saji bukan hanya karena alasan tidak ada waktu untuk memasak, tapi karena memang suka. Saya sendiri sebenarnya adalah pencinta berat KFC. Tapi untuk Anda yang rasanya ‘tidak bisa hidup’ tanpa makanan cepat saji, diet tidak berarti Anda tidak bisa sama sekali menikmati hidangan favorit cepat saji Anda. Dalam program menurunkan berat badan Anda, sebaiknya kurangi porsi makanan cepat saji yang Anda konsumsi setiap minggunya. Jika Anda terbiasa dengan makanan cepat saji 3 kali seminggu, coba dikurangi menjadi sekali seminggu saja. Pada intinya, pintar-pintarlah menghitung kadar kalori yang masuk ke tubuh Anda dari makanan cepat saji dan kalori yang Anda bakar dengan program olahraga yang Anda lakukan setiap hari. Berilah waktu pada tubuh Anda untuk membakar kelebihan lemak karena makanan cepat saji sebelum memberi asupan lemak berikutnya dari makanan yang sama.

Jika porsi makanan cepat saji Anda sudah dikurangi, sebaiknya cobalah pelan-pelan untuk berhenti sama sekali. Ini memang butuh waktu, tapi patut untuk dicoba. Kandungan-kandungan pada makanan cepat saji tidak hanya bisa membuat tubuh Anda kembali melar, tapi lebih penting lagi dapat menjadi sumber gangguan kesehatan bagi Anda di kemudian hari.

Sudah banyak yang mengatakan bahwa fast food atau makanan cepat saji itu berbahaya bagi kesehatan Anda dan juga tidak baik bagi mereka yang sedang dalam proses menurunkan berat badan. Tapi apakah Anda tahu alasan kenapa makanan cepat saji itu berbahaya bagi kesehatan daripada makanan-makanan lain? Agar lebih jelas untuk Anda, berikut ini beberapa alasan kenapa makanan cepat saji itu berbahaya bagi kesehatan.

- Meningkatkan Potensi Terkena Serangan Jantung
Salah satu yang paling enak jika bicara soal makanan cepat saji adalah minyak dan lemaknya. Bagi saya pribadi, minyak dan lemak pada setiap gigitan makanan cepat saji adalah faktor utama yang membuat mereka jauh lebih unggul daripada sayur-sayuran yang rasanya seperti kertas hvs berwarna. Tapi justru itulah juga yang membuat fast food atau makanan cepat saji jauh lebih berbahaya daripada makanan lain.

Kandungan yang terdapat di dalam kebanyakan makanan cepat saji memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Kandungan kolesterol ini tentu yang kemudian menjadi salah satu biang penyakit-penyakit berbahaya yang dapat merenggut nyawa Anda. Pada akhirnya, kandungan dalam makanan cepat saji mengakibatkan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Penyumbatan ini dapat berakibat fatal, seperti serangan jantung koroner. Jika penyumbatan sudah parah dan menyebabkan pecahnya pembuluh darah di otak, inilah yang kemudian disebut stroke.

Saat Anda sedang menikmati makanan cepat saji, ingatlah kembali efek-efek buruk dan penyakit-penyakit yang bisa disebabkannya kepada Anda. Semoga dapat menjadi alasan yang baik untuk setidaknya mengurangi porsi makanan cepat saji yang Anda konsumsi dan mengimbanginya dengan makanan sehat serta olahraga yang teratur.

- Menyebabkan Ketagihan
Banyak ahli yang berpendapat bahwa makanan cepat saji mengandung zat adiktif yang ketika dikonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan ketagihan pada Anda. Ini membuat Anda ingin terus mengkonsumsi makanan cepat saji, bahkan hingga frekuensinya mencapai harian. Jika ketergantungan terhadap kenikmatan makanan cepat saji tidak dibarengi rutinitas olahraga yang disiplin, maka menurunkan berat badan adalah mustahil.

Saya setuju kalau makanan cepat saji itu membuat ketagihan, tapi saya tidak yakin jika itu memang berasal dari zat yang ada di dalamnya. Menurut saya, kebanyakan orang ketagihan makanan cepat saji karena kebanyakan varian dan jenis makanan cepat saji memang jauh lebih memuaskan nafsu makan daripada makanan-makanan lain. Tapi ini jugalah letak tantangannya.

Saya dulu adalah seorang ‘pencandu’ kfc. Tiada hari saya lewati tanpa 2 paha atas crispy dan satu kentang goreng large. Totalnya saya bisa memakan 6 ayam dan 3 kentang goreng large setiap harinya. Apalagi karena untuk menikmati kfc saya hanya perlu mengangkat telepon dan menunggu selama 30 menit. Jadinya kfc bagaikan narkoba yang dilegalkan.

Dalam 2 bulan pertumbuhan berat badan saya jadi tidak terkendali, hingga mencapai 6 kilogram. Ketika saya kemudian memutuskan untuk tidak lagi makan kfc, itu tidak sesulit yang saya duga. Ketagihan akan kfc sepertinya tidak betul-betul berasal dari zat yang ada di dalamnya, tapi melainkan sugesti yang saya ciptakan sendiri karena kecintaan saya kepada kepuasaan setelah menyantap kfc.

Jadi apabila Anda juga salah satu pencinta makanan cepat saji, cobalah untuk temukan motivasi yang besar untuk bisa menggantikan santapan tersebut dengan menu yang lebih sehat. Anda tidak perlu memaksakan diri langsung menyantap sayuran setiap hari. Cukup kurangi porsi makanan cepat saji yang Anda konsumsi perlahan-lahan namun pasti. Yakinkan diri Anda bahwa ketagihan Anda terhadap makanan cepat saji hanya berasal dari dalam kepala Anda sendiri. Karena penyesalan sudah betul-betul terlambat jika baru datang ketika Anda sudah terbaring di rumah sakit.

- Meningkatkan Potensi Terkena Kanker
Salah satu faktor lain yang membuat makanan cepat saji menjadi salah satu menu makanan yang sebaiknya Anda hindari adalah kemampuannya untuk meningkatkan potensi Anda terkena kanker. Makanan cepat saji banyak mengandung penyedap dan lemak-lemak jahat yang tidak baik ketika diserap oleh tubuh Anda. Kandungan-kandungan ini meningkatkan persentase potensi Anda terkena kanker setiap kali Anda menyantap satu porsi makanan cepat saji. Dari kandungan-kandungan ini, potensi kanker yang akan muncul adalah kanker usus besar dan kanker payudara. Ini kemudian membuat perkara menurunkan berat badan menjadi kedengaran tidak penting kan?

Tentu saja potensi ini dapat ditekan jika porsi makanan cepat saji yang Anda konsumsi masih dalam tingkat kewajaran dan masih diimbangi dengan pola hidup yang sehat dengan olahraga dan istrahat yang cukup. Selain itu, makanan cepat saji memang bukan satu-satunya faktor yang dapat meningkatkan potensi Anda terkena kanker. Tapi pontensi terkena kanker ini adalah sebuah variabel yang tidak dapat Anda hitung dengan matematika. Semua orang dapat terkena kanker, siapapun itu. Tapi karena kanker adalah salah satu penyakit pembunuh terbesar di dunia, mungkin lebih bijak jika Anda menghindari semua faktor yang dapat berpotensi mendatangkan penyakit kanker untuk Anda.

- Meningkatkan Resiko Diabetes
Daftar penyakit yang disebabkan oleh fast food memang tidak ada yang seenak fast food itu sendiri. Salah satu penyakit berbahaya lain yang dapat menggerayangi Anda karena santapan cepat saji adalah diabetes. Kecil kemungkinan diabetes dapat membunuh Anda secara tiba-tiba seperti serangan jantung atau stroke, tapi para penderita diabetes yang kronis harus melewati rangkaian siksaan fisik dan batin terlebih dulu sebelum akhirnya berpulang.

Lalu kenapa makanan cepat saji dapat menyebabkan resiko diabetes meningkat? Nah, biang penyakit yang ada dalam makanan cepat saji justru terletak pada faktor yang memberikan kenikmatan pada santapan cepat saji tersebut: lemak jenuh. Makanan cepat saji mengandung kalori dan lemak jenuh dengan kadar yang sangat tinggi. Kandungan inilah yang kemudian dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin. Apa yang dimaksud dengan resistensi insulin?

Resistensi insulin adalah kondisi ketika sel-sel dalam tubuh tidak dapat memberikan respon insulin yang kemudian berujung pada gagalnya penyerapan gula atau glukosa di dalam tubuh. Kegagalan dalam penyerapan glukosa ini menyebabkan menumpuknya gula pada aliran darah, yang pada akhirnya menyebabkan Anda terkena diabetes.

Penyakit diabetes bukanlah penyakit yang menyenangkan. Anda bisa saja tidak perduli dengan resiko terkena diabetes dan hari ini masih mengkonsumsi apa saja dan porsi semau Anda. Tapi ketika Anda sudah terkena diabetes nanti, Anda harus mempuasakan diri dari sederet makanan-makanan enak hanya untuk bisa bertahan hidup lebih lama. Keadaan ini hampir sama buruknya dengan penjara seumur hidup, kan? Jadi ukurlah porsi makanan cepat saji yang Anda makan mulai hari ini. Atur porsi Anda dan kurangi frekuensinya setiap Minggu secara perlahan. Tentunya barengi usaha tersebut dengan pola hidup sehat seperti olahraga dan istrahat yang cukup dan teratur. Jika Anda melakukannya dengan benar dan konsisten, setidaknya Anda sudah mengurangi satu faktor yang bisa menyebabkan Anda terkena diabetes. Bentuk tubuh ideal anggaplah sebagai bonusnya saja. Menghindari penyakit ini adalah alasan yang jauh lebih mulia untuk menurunkan berat badan.

- Meningkatkan Potensi Tekanan Darah Tinggi
Salah satu kenikmatan yang bisa Anda dapatkan dari makanan cepat saji adalah rasa asin yang pas pada setiap porsinya. Karena makanan cepat saji hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja dalam pembuatannya, rasa dalam makanan cepat saji lebih banyak dipengaruhi oleh bumbu-bumbu perasa seperti garam dan merica. Kebanyakan makanan cepat saji memang mengandung garam dengan kadar yang tinggi, sehingga bisa memberikan Anda rasa yang tentu tidak bisa Anda dapatkan dari buah-buahan atau sayuran.

Tapi sayang sekali, garam ini jugalah yang membuat makanan cepat saji bisa jadi ancaman bagi Anda suatu hari nanti. Selain menjadi pemicu terjadinya serangan jantung, kanker dan diabetes, makanan cepat saji juga meningkatkan potensi tekanan darah tinggi untuk Anda. Tekanan darah tinggi ini pada akhirnya juga akan menyiksa Anda, karena memaksa Anda berpuasa dari daftar makanan bergaram dan memakan makanan-makanan hambar.

Lalu apa yang membuat kandungan garam pada makanan cepat saji bisa meningkatkan potensi tekanan darah tinggi? Terdapat sebuah kandungan dalam garam yang disebut dengan natrium. Ketika Anda memakan banyak garam, kadar natrium yang masuk ke tubuh Anda pun pastinya meningkat. Ada batasan tertentu yang ketika dilewati oleh tingginya kadar natrium dalam darah Anda membuat ginjal tidak lagi dapat memprosesnya. Ini kemudian membuat volume darah Anda bertambah mengikuti sifat natrium yang menahan dan menarik air.

Garam dapat membuat masakan menjadi jauh lebih nikmat. Hampir semua makanan fast food mengandung garam yang tinggi. Garam mengandung natrium, ketika kadar natrium dalam darah tinggi dan tidak dapat dikeluarkan oleh ginjal, volume darah meningkat karena natrium bersifat menarik dan menahan air. Peningkatan ini menyebabkan jantung Anda bekerja lebih keras untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh yang menyebabkan tekanan darah tinggi. Peningkatan volume ini bukan sebuah hal yang baik bagi proses natural yang terjadi dalam tubuh Anda. Kondisi ini membuat jantung Anda berdetak lebih kencang, bekerja lebih keras dari biasanya untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Kondisi inilah yang kemudian disebut dengan tekanan darah tinggi.

5 poin di atas sudah sangat cukup menjadi alasan bagi Anda untuk mengurangi porsi dan frekuensi konsumsi makanan cepat saji. Kenapa bahaya makanan cepat saji juga perlu saya jabarkan disini? Ini agar Anda menemukan motivasi yang lebih besar daripada mengurangi porsi konsumsi makanan cepat saji Anda hanya sekedar untuk menurunkan berat badan atau mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Menghindari makanan cepat saji erat sekali kaitannya dengan kesehatan Anda dan bisa menjadi penyebab penyakit pembunuh menghinggapi Anda ketika Anda abaikan. Maka diet makanan cepat saji sebaiknya Anda lakukan untuk alasan yang lebih besar daripada sekedar menurunkan berat badan. Betul kan?


7. Batasi Porsi Makanan Harian

Banyak yang berdalih bahwa makan adalah ibadah, itulah kenapa mereka memperbanyak ibadah dengan makan banyak. Ya, mungkin saja itu betul. Tapi bagi Anda yang memang niat menurunkan berat badan, rasanya salah kalau menggunakan filosofi tersebut.

Diet yang benar bukannya tidak makan sama sekali, karena tanpa melakukan apa-apa pun seharian Anda tetap butuh asupan kalori. Diet yang benar adalah dengan membatasi porsi makan Anda sehari-harinya. Makanan yang Anda konsumsi setiap harinya sebaiknya dikurangi dari porsi makan Anda sebelumnya. Jika Anda ingin lebih hati-hati, batasi jumlah kalori yang Anda konsumsi setiap harinya. Perhitungan kalori ini tidak perlu terlalu mendetail, tapi cukup dikira-kira saja.

Mengurangi porsi makanan harian Anda tidak bisa juga dilakukan dengan tiba-tiba, karena tubuh Anda juga butuh membiasakan diri dengan perubahan porsi makan. Pada minggu-minggu pertama, membatasi porsi makan harian akan membuat Anda sering sekali kelaparan. Membatasi porsi makan sehari-hari akan semakin sulit Anda lakukan jika godaan rasa lapar di minggu-minggu pertama ini gagal Anda abaikan. Untuk membantu Anda mengabaikan rasa lapar ini, sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih. Rasa lapar mungkin tidak akan serta-merta hilang, tapi setidaknya dapat ditekan hingga jam makan berikutnya.

Jika Anda masih tetap kesulitan membatasi porsi makan Anda sehari-hari, mungkin trik pada poin berikutnya bisa membantu Anda.


8. Biasakan Minum Sebelum Makan

Bagi Anda yang kesulitan mengurangi porsi makan Anda, ada baiknya menggunakan trik untuk mengurangi rasa lapar sebelum makan. Salah satu cara mengurangi rasa lapar tersebut adalah dengan membiasakan diri minum air putih 5 menit sebelum makan. Mengkonsumsi air putih ini bisa mengurangi rasa lapar yang juga dapat membantu Anda untuk mengurangi porsi makan Anda sehari-hari.

Teknik ini bisa berguna bagi Anda yang betul-betul baru soal diet. Selain untuk mengurangi rasa lapar, minum air memang bagus untuk metabolisme Anda apalagi saat asupan makanan sehari-hari Anda berkurang dalam proses menurunkan berat badan ini. Tapi tentu saja teknik ini tidak begitu efektif bagi Anda yang memang punya nafsu makan yang besar. Bila memang minum air sebelum makan tidak begitu membantu Anda mengurangi porsi makan, mungkin trik pada poin berikutnya bisa jadi solusi.


9. Makanlah Lebih Sering Tapi Lebih Sedikit

Tidak semua orang bisa tahan saat mulai mengurangi porsi makanan sehari-harinya. Ini salah satu faktor yang kemudian banyak membuat orang-orang gagal dalam minggu-minggu pertamanya memulai diet. Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang kesulitan menahan rasa lapar di minggu-minggu pertama Anda mengurangi porsi makan harian, trik ini mungkin dapat membantu Anda untuk diet lebih efisien tanpa harus dipaksakan.

Saat rasa lapar menyerang, Anda boleh saja makan namun dengan porsi yang jauh lebih sedikit dari porsi makan Anda biasanya. Makan lebih sering tapi lebih sedikit dapat membiasakan tubuh Anda dengan asupan makanan yang lebih sedikit dari biasanya dalam waktu yang lebih cepat.

Saat lapar datang, makanlah dengan porsi makanan yang tidak akan membuat Anda kenyang, namun sekedar menunda rasa lapar tersebut. Saat makan pun disarankan untuk mengurangi jumlah kalori pada menu makanan Anda dan tentunya tidak disarankan mengkonsumsi minuman bersoda. Makan lebih sering dengan porsi yang lebih sedikit ini jangan disalah artikan dengan ngemil. Keseringan ngemil juga akan membuat Anda melar kembali dalam waktu yang cepat, dan bisa menjadi kebiasaan buruk yang bahkan lebih sulit dihilangkan daripada kebiasaan makan dengan porsi besar.

Berapa kali Anda makan dalam sehari itu tidak menjadi masalah, selama porsi yang Anda makan jumlah kalori dan gulanya jauh lebih sedikit dari biasanya. Untuk Anda dengan berat badan yang lebih tentu saja masih harus makan lebih sering pada minggu-minggu awal dibandingkan mereka dengan bobot badan yang lebih ringan. Tapi tentu saja, frekuensi makan yang sering ini sebaiknya perlahan-lahan Anda kurangi seiring dengan berjalannya diet Anda. Mulailah kurangi frekuensi makan Anda begitu Anda merasa tubuh Anda sudah mulai terbiasa dengan pola makan tersebut. Tapi tetaplah berhati-hati memilih asupan makanan Anda sehari-hari agar Anda tidak kekurangan energi saat beraktivitas disiang hari.


10. Menurunkan Berat Badan dengan Sayuran dan Buah

Di poin sebelumnya sudah disebutkan bahwa makan dengan frekuensi lebih sering dengan porsi yang lebih kecil tidak berarti ngemil. Kebiasaan ngemil bahkan bisa membuat Anda semakin melar. Bagi Anda yang hobi ngemil, tidak berarti Anda harus susah payah menghentikan kebiasaan Anda tersebut sama sekali. Cara lebih cerdas adalah dengan mengganti cemilan Anda asupan yang lebih sehat yaitu dengan buah-buahan.

Seperti layaknya sayuran, memang ada juga beberapa orang yang tidak suka makan buah-buahan. Saat makan buah-buahan sebenarnya saya pun merasa seperti mengunyah makanan kuda. Beruntung saya bukan orang yang suka ngemil, jadinya makan buah-buahan hanya saya lakukan sekali-dua kali dalam seminggu. Makan buah-buahan tidak selalu identik dengan makan apel atau pir. Untuk membiasakan diri Anda makan buah-buahan, carilah buah yang paling Anda suka agar diet Anda tidak terasa seperti neraka. Tapi menurunkan berat badan memang pantas mendapatkan perhatian dan usaha Anda.

Disamping itu, juga sangat disarankan untuk menambah porsi sayur-sayuran di santapan Anda sehari-hari. Ya ya, saya tau untuk beberapa orang sayuran sama menjijikkannya dengan dedak. Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa sayuran banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda, apalagi di saat porsi makanan Anda sehari-hari dibatasi kalorinya. Setidaknya, cobalah untuk mencicipi sayuran sekali saja dalam sehari. Selain baik untuk kesehatan Anda, setidaknya sayuran dapat memudahkan ‘urusan’ Anda di WC nantinya. Ingat, lancarnya pencernaan juga penting bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Tapi buah-buahan dan sayuran punya banyak sekali jenis, dan hampir semuanya dapat dikonsumsi. Secara umum semua sayuran baik untuk kesehatan tubuh karena vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya. Tapi sebenarnya berbeda jenis buah dan sayuran berarti berbeda juga manfaat yang masing-masing terkandung di dalamnya. Biar Anda tidak bingung, di bawah ini akan saya jabarkan manfaat dari beberapa buah dan sayuran yang paling banyak difavoritkan.

a. Manfaat Alpukat
Alpukat adalah salah satu buah yang paling bagus untuk pencernaan dan mengembalikan kestabilan peredaran darah Anda. Rasanya juga tidak begitu buruk, sehingga menjadi salah satu jus buah yang paling banyak penggemarnya walaupun bagi beberapa orang terlihat seperti jus ingus. Disamping penampilannya yang menggelikan, sebenarnya alpukat ini adalah salah satu buah yang paling banyak mengandung vitamin. Jika diuraikan secara lengkap, alpukat terdiri dari 20% lemak organik dan 75% air yang mana 10% di dalamnya mengandung banyak mineral-mineral. Belum lagi jika bicara soal vitamin yang terkandung, aplukat ini hampir terdiri dari vitamin selenglap alphabet. Satu buah alpukat mengandung vitamin A, B, B2, B3 dan juga vitamin C.

Dalam penyajiannya alpukat adalah jenis buah yang dapat dikonsumsi terpisah tanpa campuran apa-apa. Tapi manfaat dari alpukat bisa Anda maksimalkan dengan mencampurnya dengan sayur-sayuran salad. Tapi alpukat bukan jenis buah yang bisa Anda konsumsi dengan jumlah yang banyak per hari. Untuk kadar dan ukuran yang sehat, sebaiknya buah alpukat tidak Anda konsumsi lebih dari satu buah setiap harinya. Alpukat adalah buah yang baik dikonsumsi bagi orang-orang yang memiliki masalah kolesterol.

b. Manfaat Brokoli
Brokoli adalah salah satu sayuran yang paling baik untuk sistem pencernaan Anda, dan itulah kenapa brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang paling direkomendasikan untuk mereka yang sedang dalam program diet menurunkan berat badannya. Brokoli adalah jenis sayuran yang bisa Anda makan mentah (tentunya setelah dicuci bersih) dan bisa disandingkan dengan makanan lain sebagai sayur lalapan.

Walaupun lebih sering disajikan dalam potongan-potongan kecil, brokoli adalah sayuran yang sangat kaya kandungan sehat untuk tubuh manusia. Brokoli mengandung fosfor, belerang dan potasium. Sayuran ini memiliki 89% kandungan air di dalamnya serta mengandung lemak dan karbohidrat yang sangat rendah. Dalam sayuran kribo ini juga terdapat vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Brokoli kaya potasium, fosfor, dan belerang. Komposisinya terdiri atas 90% air dengan kadar karbohidrat dan lemak yang rendah. Di dalamnya juga terdapat vitamin A. Brokoli merupakan pembersih tubuh yang baik dan dapat mengurangi berat badan. Sayuran ini enak dimakan mentah, baik dalam bentuk salad maupun lalap.

c. Manfaat Apel
Bagi kebanyakan orang yang tidak suka makan buah, apel adalah salah satu buah yang paling masuk akal dibandingkan yang lainnya. Mereka yang tidak suka namun terpaksa membiasakan diri mengkonsumsi buah demi kesehatan biasanya memfavoritkan apel sebagai pilihan menu buahnya. Ini tidak salah, karena apel adalah salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan yang sehat bagi tubuh Anda, disamping rasanya yang ‘bisa ditoleransi’.

Dalam setiap buah apel terdapat zat besi dan magnesium. Selain itu juga ada potasium yang bisa menjaga kesehatan pencernaan Anda, serta kandungan-kandungan lain yang juga dibutuhkan seperti kalium, klor, sodium dan belerang. Bicara soal vitamin yang terkandung, sebuah apel dapat memberikan Anda vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin G.

Apel memiliki manfaat yang lebih besar bagi tubuh lebih dari yang disadari kebanyakan orang. Apel adalah buah yang baik untuk pencernaan sehingga disebut sebagai ‘buah pembersih tubuh’. Kandungannya bekerja aktif untuk melancarkan pencernaan Anda, dan juga bekerja untuk membantu penyembuhan pada peradangan yang terjadi pada tubuh. Apel adalah buah yang dapat Anda makan setiap hari dengan jumlah maksimal 3-4 buah setiap harinya. Manfaat dari apel bisa Anda dapatkan dengan maksimal jika Anda membiasakan diri untuk mengkonsumsi apel secara rutin paling tidak 1 buah setiap harinya.

d. Manfaat Sayur Kol
Kol juga adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan manfaat bagi tubuh manusia. Pada sayur kol terdapat kalsium, zat besi dan klor. Bicara soal vitamin, sayuran kol bisa memberikan Anda vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin G dan vitamin U. Sebuah penelitian di Standford University menemukan bahwa sayur kol dapat membantu penyembuhan borok yang terjadi pada bagian perut. Kandungan yang terdapat dalam kol dapat bermanfaat bagi penderita borok, terutama vitamin U. Vitamin U yang terdapat dalam sayur kol ini hanya bisa Anda dapatkan dengan cara meminum sari dari sayuran tersebut.

Sayur kol bisa dimakan terpisah dari makanan lain, walaupun ini tidak lazim disajikan. Sayur kol baik dicampurkan ke dalam sup, atau menjadi tambahan pada sayur-sayuran lalapan. Tapi harap berhati-hati, karena kombinasi antara sayur kol dan garam dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan Anda.

Di dalam kol terdapat klor, kalsium, dan zat besi. Kol juga kaya vitamin A, B, C, G, dan U. Dr. Chaney dari fakultas Kedokteran Universitas Standford menyatakan bahwa vitamin U yang ada di dalam kol dapat menyembuhkan borok perut. Vitamin ini dapat diperoleh dengan meminum sari kol. Namun, jika kol dicampur dengan garam akan mengganggu pencernaan.

e. Manfaat Mentimun
Mentimun bukanlah sejenis sayuran yang jarang Anda temukan dalam santapan-santapan khas Indonesia. Berbagai jenis makanan goreng dan bakar Indonesia biasanya dilengkapi dengan lalapan yang juga mengikutkan beberapa iris mentimun di dalamnya. Tapi banyak juga yang menganggap enteng manfaat dari mentimun ini, dan banyak juga yang memang tidak suka rasanya. Saya pribadi sebenarnya juga merasa risih makan mentimun, apalagi karena biji mentimun saat dikeluarkan masih dengan bentuk yang persis sama ketika dimakan. Dan ini aneh…

Mentimun adalah sayur yang kaya akan gizi. Adapun vitamin-vitamin yang terkandung di dalamnya antara lain vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Kandungan lain yang ada pada mentimun antara lain zat besi, silikon, klor, potasium dan magnesium.

Mentimun juga adalah sayuran yang kaya akan manfaat. Mentimun adalah salah satu jenis sayuran yang dapat membantu penyembuhan para penderita reumatik. Selain itu, mentimun juga dapat melancarkan pembuangan urine. Konon, mentimun juga adalah sayur yang dapat menebalkan dan mempercepat pertumbuhan rambut. Ini mungkin karena mentimun banyak mengandung belerang dan silikon, yang dengan bantuan beberapa buah lain bisa saja jadi faktor yang mendukung pertumbuhan rambut. Teori ini belum pernah betul-betul dipastikan. Tapi saya punya 3 orang sahabat yang berambut dan berbulu lebat, yang kebetulan sekali memang suka makan mentimun. Pertumbuhan rambut dan bulu itu mungkin adalah pengaruh mentimun atau mungkin karena ketiganya keturunan India…

f. Manfaat Lemon
Lemon adalah buah yang kaya dengan vitamin C. Saat terserang flu, buah lemon adalah pilihan yang baik untuk kembali meningkatkan resistensi tubuh terhadap penyakit (tapi ini belum terbukti dengan flu burung ataupun flu babi). Tapi memang benar, lemon adalah buah yang baik untuk dikonsumsi orang-orang yang sedang menderita penyakit karena jatuhnya daya tahan tubuh. Ini mungkin salah satu alasan kenapa lemon adalah buah yang paling banyak dibawa orang-orang saat mengunjungi pasien di rumah sakit. Selain karena memang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh, lemon juga adalah buah yang paling banyak dijual.

g. Manfaat Bawang Merah, Bawang Putih dan Bawang Bombay
Saya sebenarnya ragu apakah bawang merah, bawang putih dan bawang bombay termasuk sayuran atau buah. Tapi karena ketiganya sudah jelas tidak termasuk daging-dagingan, ya anggap saja mereka terklasifikasi ke dalam sayuran atau buah-buahan. Lagipula, saya disini tidak untuk berdebat soal klasifikasi bawang-bawangan, tapi untuk menulis manfaatnya saja…

Dari ketiga jenis bawang ini, dua diantaranya memiliki manfaat yang sama. Bawang bombay dan bawang merah memiliki manfaat untuk melancarkan dan memaksimalkan sistem pencernaan Anda. Di dalam kedua jenis bawang ini juga terkandung vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin G. Selain itu, buah/sayur (yang mana saja boleh!) yang lebih sering dijadikan sebagai penyedap makanan ini banyak juga mengandung zat-zat lain di dalamnya yang bisa berguna untuk tubuh. Zat-zat tersebut antara lain adalah iodin, magnesium, zat besi, fosfot, potasium, kalsium dan belerang. Ini luar biasa mengingat ukuran dari kedua jenis bawang ini juga relatif kecil dibandingkan sayur/buah yang lain.

Sedangkan bawang putih memilik manfaat yang sedikit banyaknya memang berbeda dari bawang merah dan bawang bombay. Anda pasti pernah mendengar bahwa terlalu banyak makan bawang putih dapat mendatangkan bau badan? Banyak orang yang menganggap ini hanya mitos belaka, tapi sebenarnya bisa saja bawang putih membuat Anda mengeluarkan bau tak sedap. Ini mungkin saja terjadi karena bawang putih memiliki kandungan eter yang sangat kuat hingga dapat meluluhkan penumpukan lemak dalam tubuh dan juga menghancurkan racun-racun serta kemudian membuangnya melalui pori-pori kulit Anda. Ya, ke pori-pori kulit Anda.

Bawang putih juga memiliki manfaat-manfaat lebih yang tidak banyak diketahui orang. Misalnya, salah satu manfaat dari bawang putih adalah sebagai obat bagi mereka yang mengidap disentri. Sari bawang putih juga sangat disarankan untuk diminum oleh mereka yang mengidap darah tinggi. Belum lagi manfaat bawang putih bagi sistem pencernaan Anda. Bawan putih ini punya peran yang besar dalam persoalan membunuh kuman-kuman dan parasit-parasit yang berkubang di dalam usus Anda. Melihat ukurannya yang kecil, Anda pasti tidak mengira bawang putih akan punya manfaat yang sangat besar kan? Saya juga tidak sebelum menulis ini…

h. Manfaat Bayam
Saya rasa manfaat bayam bagi kita sudah bukan lagi sebuah rahasia. Sayur bayam dapat memberikan kekuatan yang tidak terkira kepada manusia. Saat dikonsumsi, bayam dapat memberikan kekuatan ekstra dan mengalirkan kekuatan tersebut ke seluruh bagian tubuh, terutama tangan dan kaki. Tapi manfaat dari bayam ini tidak bisa didapatkan dari semua jenis bayam. Bayam yang memberikan kekuatan ini hanya ada pada bayam instan yang diproduksi dalam kemasan kaleng, dan produksinya dikhususkan untuk para pelaut. Tentu saja fakta ini hanya dapat kita temukan dalam serial kartun Popeye the Sailor Man.

Sebenarnya tidak perlu dibahas khusus dalam satu paragraf, tapi saya orang yang terlalu sarkastik dimana kalimat “Manfaat bayam di serial Popeye the Sailor Man itu omong kosong” tidak akan cukup menggambarkan kekesalan saya. Wajarlah saya kesal. Saya satu dari sedikit anak Indonesia yang menghabiskan masa kecil makan bayam untuk bisa mendapatkan kekuatan Popeye. Sungguh sebuah serial yang tidak mendidik…

Maaf kalau sempat ngalur-ngidul. Bicara soal manfaat bayam yang sebenarnya, bayam adalah sayuran yang punya pengaruh besar dalam penyembuhan sembelit. Dengan mengkonsumsi bayam 1 liter saja, satu atau dua hari sembelit Anda akan mereda. Di dalam syauran bayam terkandung sodium, fosfor, zat besi, magnesium, belerang dan zodium. Bayam juga adalah sayuran yang mengandung banyak vitamin, diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan vitamin G. Selain itu, bayam juga sangat berguna bagi Anda yang sangat benci dengan sariawan, karena bayam dapat mencegah berbagai penyakit gigi dan gusi.

i. Manfaat Pepaya
Pepaya dulunya adalaha salah satu buah yang mudah didapatkan. Tapi saat ini, terutama di kota-kota besar, buah pepaya tidak lagi didapatkan semudah satu dekade yang lalu. Pepaya adalah salah satu buah yang baik untuk kulit dan pencernaan, dibarengi dengan rasanya yang manis membuatnya juga menjadi salah satu buah favorit untuk kaum hawa. Tidak salah memang, karena pepaya sangat banyak mengandung vitamin-vitamin dan kandungan lain yang berguna untuk mencerahkan kulit.

Selain itu, pepaya yang masih hijau juga memiliki kandungan yang dapat membantu penyembuhan borok pada perut dalam waktu yang tidak lama. Pepaya besar juga manfaatnya bagi pencernaan, terutama pepaya yang masih hijau, karena mengandung zat yang disebut dengan papain. Jika Anda masih dapat menemukan buah pepaya dengan mudah, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi pepaya setiap hari walau dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Selain memberikan Anda asupan serat yang dibutuhkan tubuh dalam proses menurunkan berat badan, buah pepaya juga bermanfaat untuk menjaga kadar kekentalan dalam darah.

j. Manfaat Tomat
Ini juga adalah salah buah favorit wanita, terutama jika disajikan dalam bentuk jus. Tapi menurut survey kecil-kecilan yang saya lakukan, 10 dari 10 pria menganggap bahwa jus tomat adalah jus dengan tampilan dan rasa yang paling ‘menakutkan’. Ini tentu saja jika kita hanya bicara soal selera. Tapi buah tomat sebenarnya punya banyak kandungan yang dapat memaksimalkan metabolisme tubuh sehingga banyak disarankan untuk dikonsumsi mereka yang sedang dalam program diet.

Bicara soal kandungan, buah tomat kaya akan kandungan yang dibutuhkan tubuh antara lain zat besi, klor, kalsium, iodine, fosfor, asam amino, belerang dan sodium. Para orangtua sangat disarankan untuk membiasakan putra putrinya mengkonsumsi tomat karena banyak mengandung gizi yang mereka butuhkan untuk masa pertumbuhan dan juga untuk menjaga daya tahan tubuh mereka. Buah tomat mengandung vitamin yang antara lain adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin G.

Tomat bisa dijadikan pelengkap makanan seperti untuk sayur lalapan, tapi juga bisa dimakan secara terpisah. Tomat sangat disarankan untuk dikonsumsi dalam keadaan mentah atau tidak diolah/dimasak terlebih dulu. Beberapa ahli menuturkan bahwa tomat yang dikonsumsi dalam keadaan sudah dimasak bisa menyebabkan pengerasan yang kemudian menimbulkan gangguan pada ginjal dan kandung kemih, apalagi bila juga disajikan dengan campuran gula. Cara mengolah dan menghidangkan tomat sebaiknya Anda perhatikan dengan seksama agar manfaat tomat bisa Anda maksimalkan tanpa menimbulkan gangguan kesehatan lainnya.

k. Manfaat Nanas
Seperti halnya buah-buah yang lain, nanas juga mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat baik bagi tubuh. Tapi konon katanya, mengkonsumsi nanas muda terlalu banyak bisa berakibat fatal bagi janin yang masih berusia 3 bulan ke bawah. Nanas muda kemudian banyak digunakan calon-calon orangtua yang tidak bertanggung jawab sebagai resep menggugurkan kandungan. Kepastian tentang manfaat yang satu ini belum saya pastikan kebenarannya. Untuk saat ini, mari kita berfokus pada manfaat baik buah nanas saja.

Nanas juga adalah buah yang kaya akan kandungan yang pada kadar seimbang dapat menyehatkan tubuh. Adapun kandungan nanas antara lain potasium, sodium, mangnesium, kalsium, iodin, zat besi, klor, fosfor, dan belerang. Nanas memang adalah salah satu buah yang banyak mengadung mineral. Vitamin yang terdapat di dalam nanas hampir sama dengan vitamin yang terdapat di dalam tomat, antara lain vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin G. Pada dasarnya, manfaat nanas tidak begitu jauh berbeda dari manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah tomat, yaitu melancarkan pencernaan dan mencerahkan kulit. Tapi di dalam buah nanas tedapat zat enzim yang disebut ragi bromelani yang dapat berguna untuk tubuh Anda sebagai anti peradangan. Tapi manfaat yang satu ini bisa Anda dapatkan dari buah nanas jika dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dulu.

l. Manfaat Semangka
Semangka adalah salah satu buah favorit yang tepat dikonsumsi pada musim panas/kemarau. Semangka tentu juga adalah buah yang tepat dibawa saat sedang berwisata ke pantai. Ini karena 95% dari buah semangka adalah air, yang tentunya sangat berguna untuk mengatasi dehidrasi. Semangka adalah salah satu jenis buah yang dapat diterima semua usia dan semua jenis kelamin, tentu saja dengan perbandingan tomat di atas tadi bleh…

Selain itu, semangka juga baik untuk pencernaan karena juga adalah salah satu buah yang paling mudah dicerna, terutama saat dikonsumsi tidak dengan bahan makanan yang lain. Bagian semangka yang bermanfaat bagi tubuh Anda tidak hanya daging buahnya, bahkan kulit bagian dalamnya pun punya manfaat untuk tubuh karena kaya akan kandungan mineral. Kulit bagian dalam semangka mengandung enzim dan klorofil, dan itulah kenapa kulit bagian dalam buah semangka sebaiknya juga diikutkan saat mengolah sari buah semangka dalam bentuk jus.

Pada daging buah semangka sendiri juga banyak terdapat kandungan mineral-mineral lain yang tidak kalah penting manfaatnya untuk tubuh. Kandungan mineral tersebut antara lain fosfor, magnesium dan potasium. Seperti halnya buah-buahan yang lain, semangka juga kaya akan vitamin sehingga baik untuk dikonsumsi oleh segala usia. Vitamin-vitamin yang terdapat di dalam buah semangaka antara lain adalah vitamin A, vitamin B, vitamin B2, dan vitamin C. Kekuatan manfaat semangka ini sebenarnya terletak pada kemampuannya untuk memaksimalkan kinerja pencernaan, itulah kenapa buah semangka baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang dalam agenda menurunkan berat badan. Bahkan kulit bagian dalam buah semangka pun dapat bermanfaat untuk membersihkan ginjal.

m. Manfaat Kacang Kedelai
Kacang kedelai sebenarnya adalah salah satu bahan makanan yang menjadi penyuplai protein tertinggi untuk Anda. Jika dibandingkan dengan kadar protein pada daging sapi yang mencapai 18%, kacang kedelai memberikan Anda protein dengan kadar 34%. Selain itu, kacang kedelai juga mengandung karbohidrat yang dapat diserap oleh tubuh untuk kemudian dijadikan energi dalam beraktifitas. Kacang kedelai juga mengandung lemak dan air yang tentu saja juga dibutuhkan oleh tubuh Anda, namun dengan kadar yang rendah.

Kacang kedelai tidak hanya memberikan Anda protein, tapi juga memberikan Anda gizi yang baik karena mengandung banyak vitamin di dalamnya. Adapun kandungan vitamin di dalam kacang kedelai antara lain adalah vitamin A, vitamin B1, dan vitamin F.

Vitamin F ini sendiri punya manfaat yang besar terutama untuk sistem metabolisme di dalam tubuh. Vitamin F juga membantu proses distribusi oksigen yang dihantarkan oleh darah ke setiap organ-organ vital, ke setiap jaringan dan setiap sel dalam tubuh Anda. Kacang kedelai juga banyak manfaatnya untuk kulit, memaksimalkan fungsi pembekuan darah dalam tubuh, serta mendukung fungsi dan kinerja lubrikasi pada semua sel di tubuh Anda. Dan kabar baiknya, negara kita sangat kaya akan kacang kedelai yang mempunyai manfaat besar bagi tubuh ini sehingga sampai kapanpun rasanya kita tidak perlu menjajah negara lain demi mendapatkan kacang kedelai.

Jika banyak yang bilang bahwa tahu dan tempe baik untuk kesehatan Anda, itu memang benar. Tapi jika diuraikan, manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kacang kedelai itu empat kali lebih besar daripada manfaat tahu, serta dua kali lebih besar daripada manfaat tempe. Selain manfaat-manfaat yang sudah saya sebutkan di atas, kacang kedelai juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah, berperan penting dalam pencegahan penyakit jantung, membantu Anda terhindar dari penyakit darah tinggi, dan juga berperan penting dalam pencegahan pengerasan pembuluh darah. Dengan protein dan gizi seperti ini, kacang kedelai tentu baik sekali Anda konsumsi dalam program diet Anda.

n. Manfaat Wortel
Kita sering sekali mendengar bahwa wortel adalah makanan yang baik untuk mata. Saya bahkan sering sekali dicekoki wortel sewaktu kecil yang katanya biar saya tidak perlu terlalu cepat pakai kacamata saat besar nanti. Entah karena efek wortel atau karena memang malas baca, bergelut dengan layar monitor 14 jam sehari sejak 2006 hingga saat ini saya masih tidak memerlukan kacamata, dan bahkan tidak merasa punya masalah penglihatan sama sekali. Well, terlepas dari itu semua, wortel memang adalah bahan makanan yang kayak akan vitamin dan baik untuk dikonsumsi segala usia.

Bicara soal vitamin, wortel didominasi oleh vitamin A. Tapi itu tidak berarti bahwa wortel hanya dapat menyuplai Anda dengan vitamin A saja. Selain itu, vitamin-vitamin lain yang terkandung dalam wortel antara lain adalah vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin G dan vitamin K. Selain itu, wortel juga banyak sekali mengandung mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, Sebut saja klor, belerang dan fosfor. Tidak hanya itu, wortel adalah salah satu penyuplai kalsium terbesar dari dunia tumbuh-tumbuhan. Setengah liter sari wortel sehari sangat disarankan untuk diberikan kepada anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Karena kalsium natural yang diberikan dalam setengah liter sari wortel masih jauh lebih besar daripada kadar kalsium pada tablet-tablet suplemen kalsium untuk anak.

Wortel memang juga berkhasiat untuk mencegah Anda dari infeksi mata. Tapi manfaat wortel tidak hanya sampai disitu. Wortel juga besar pengaruhnya dalam penyembuhan borok, mencegah Anda terkena infeksi, dan berperan penting dalam melancarkan adrenalin. Manfaat sari wortel yang dapat Anda rasakan adalah memberikan kesegaran pada tubuh Anda saat akan memulai aktivitas.

Tidak semua orang suka mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Sayangnya, mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan juga adalah kewajiban bagi mereka yang ingin memulai pola hidup sehat untuk menurunkan berat badannya. Di atas sudah saya rincikan manfaat-manfaat dari buah-buah yang paling mudah Anda dapatkan sehari-hari. Dengan harapan, Anda tidak perlu mencekoki diri Anda dengan buah yang sama yang tidak juga Anda sukai setiap hari hanya demi program diet Anda. Menu buah-buahan dan sayuran Anda dapat diganti-ganti agar tidak bosan, juga agar Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari masing-masing sayuran dan buah-buahan tersebut. Kita kembali lagi ke pembahasan selanjutnya tentang menurunkan berat badan.


11. Gantilah Nasi Putih Dengan Nasi Merah

Bagi masyarakat Indonesia, nasi itu hampir sama pentingnya dengan piring makan itu sendiri. Memang modernsasi saat ini telah membawa kita kepada budaya makanan luar negeri seperti spageti, burger, atau sushi. Tapi percayalah, selama para pencinta makanan luar negeri ini dibesarkan di Indonesia, mereka di rumah juga pasti makan nasi (hanya saja tidak mereka foto seperti saat sedang makan sushi).

Masalahnya, nasi adalah sumber karbohidrat yang juga berperan besar dalam masalah kegemukan Anda. Salah satu solusi menurunkan berat badan yang banyak disarankan adalah dengan mengganti nasi putih dengan nasi merah, terutama bagi Anda yang sangat bergantung pada nasi. Nasi merah mengandung karbohidrat kompleks yang memang butuh waktu yang agak lama untuk diproses oleh tubuh. Ini kemudian akan membuat Anda makan lebih sedikit, tapi kenyang lebih lama.

Mencerna nasi merah juga tidak semudah mencerna nasi putih. Sistem pencernaan Anda butuh waktu dan energi yang lebih untuk bisa mencerna nasi merah. Energi yang dibutuhkan saat mencerna nasi merah ini saja sudah mengurangi kalori Anda, apalagi bila dikombinasikan dengan olahraga dengan rutin dan porsi yang teratur. Diet Anda bisa berhasil dengan waktu yang jauh lebih singkat.

Walaupun nasi putih dan nasi merah hanya berbeda kata belakangnya saja, tapi sudah terbukti banyak juga orang-orang yang sulit melepaskan ketergantungannya kepada nasi putih. Tentu saja karena kebiasaan sejak kecil sangat sulit untuk dihilangkan begitu saja, atau diganti dengan kebiasaan lain. Motivasi yang cukup kuat sebenarnya bisa membuat Anda bertahan dengan nasi merah hingga akhirnya terbiasa. Tapi karena diet yang Anda lakukan akan berlangsung tidak dalam waktu singkat, saya pribadi menyarankan untuk menghindari proses-proses yang akan membuat Anda cepat menyerah. Bagi Anda yang hidup ‘tersiksa’ tanpa nasi putih, bisa mengganti nasi putih pada hari-hari tertentu saja atau coba pertimbangkan makanan pengganti yang lain seperti kentang rebus, gandum, ataupun kacang-kacangan.


12. Kurangi Mengkonsumsi Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng juga dapat membuat Anda semakin melar. Itulah kenapa banyak ahli yang mengatakan bahwa dalam proses diet Anda sebaiknya menghindari makanan-makanan yang dioleh dengan proses penggorengan. Untuk lebih sehatnya, utamakan makanan-makanan yang direbus dan dikukus.

Tapi bicara soal hubungan antara kegemukan dan makanan yang digoreng, sebenarnya masih banyak juga kontroversi di dalamnya. Memang benar bahwa makanan yang diolah dengan proses penggorengan banyak menyimpan lemak trans. Tapi beberapa ahli bahkan mengklaim bahwa makanan yang digoreng itu tidak masalah, yang penting asupan karbohidrat harus dipertegas batasannya.

2 aliran diet ini sama-sama punya dasar-dasar yang mendukung teori mereka, yang tentunya sedikit ribet bagi kita orang-orang awam. Menurut saya pribadi, menurunkan berat badan tidak berarti Anda harus menyiksa diri dengan makanan-makanan hambar. Jika Anda tahan, silahkan ganti semua menu goreng-gorengan Anda dengan rebus-rebusan atau kukus-kukusan. Bagi Anda yang tidak tahan, tidak perlu dipaksa untuk betul-betul menyetop semua suplai makanan yang digoreng di meja makan Anda. Cukup kurangi saja porsi makanan berminyak yang Anda konsumsi setiap harinya. Jika memungkinkan, cobalah untuk mengkonsumsi makanan rebus atau kukus sekali-dua kali seminggu. Jika Anda tidak bisa menganut salah satu dari kedua teori diet di atas, kenapa tidak anut kedua-duanya? Silahkan saja, tapi tentunya Anda harus mengimbangi diet Anda dengan olahraga yang rutin dan terukur.


13. Gunakan Aplikasi-Aplikasi yang Membantu Diet Anda

Di zaman modern saat ini, tentu kita tidak bisa mengabaikan teknologi dalam hal apapun yang kita lakukan. Tidak terkecuali diet Anda. Perlu Anda ketahui bahwa orang-orang yang ingin menurunkan berat badannya adalah salah satu umat terbesar di dunia belahan manapun. Maka dari itu, tentu saja banyak sekali bantuan yang bisa Anda temukan ketika bicara soal diet yang sehat untuk menurunkan berat badan. Saat ini, smartphone ataupun tablet Anda juga bisa ikut membantu dalam program diet yang sedang Anda lakukan.

Coba cari aplikasi-aplikasi di smartphone atau tablet Anda yang bisa memberikan bantuan dalam proses mendapatkan berat badan ideal yang sedang Anda lakukan. Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang bisa memberikan bantuan, dan tidak sedikit dari aplikasi ini yang bisa Anda gunakan secara gratis. Fungsi-fungsi yang Anda butuhkan dari aplikasi smartphone atau tablet antara lain seperti aplikasi penghitung kalori, aplikasi penghitung berat badan ideal dan masih banyak lagi.

Dengan adanya bantuan aplikasi-aplikasi smartphone dan tablet diharapkan bisa menjadi pendukung program diet yang sedang Anda lakukan agar lebih terukur dan terarah. Selain itu biar Anda tidak gaptek juga.


14. Makan Pagi Lebih Awal

Program diet yang umum biasanya menyarankan Anda untuk tidak makan malam untuk meminimalisir kemungkinan penimbunan lemak saat Anda sedang tidur. Tapi beberapa orang ingin dietnya lebih cepat berhasil dengan melakukan kesalahan seperti menghapus makan pagi dari jadwal mereka. Makan pagi sebenarnya penting bagi Anda sebagai asupan nutrisi dan kalori pertama sebelum Anda memulai kegiatan Anda sehari-hari.

Bahkan sebuah penelitian telah membuktikan bahwa 5000 orang dewasa di Amerika berhasil menurunkan berat badannya hingga 15-25 kilogram setiap tahunnya hanya karena mereka tidak menghapuskan makan pagi dari jadwal sehari-hari mereka. Kebanyakan dari mereka bahkan makan pagi lebih awal dari kebanyakan orang.

Penelitian yang terkait tentang hasil tersebut mengatakan bahwa makan pagi yang lebih cepat juga membantu dalam proses mendapatkan tubuh ideal. Karena makan pagi lebih awal berarti mengawali pembakaran kalori lebih awal pula. Jadi sarapan pada jam 7 pagi jauh berbeda manfaatnya bagi tubuh Anda ketimbang makan pagi jam 9, atau tidak makan pagi sama sekali. Jadi bagi Anda yang harus bangun pagi setiap hari karena pekerjaan, usahakanlah untuk sarapan lebih awal dari biasanya. Jika memungkinkan, bangunlah lebih awal agar sempat sarapan di rumah sebelum berangkat ke kantor. Hal-hal kecil seperti ini juga akan membantu program diet Anda secara tidak langsung.


15. Mualilah Hari Dengan Sarapan yang Terukur

Sarapan yang disarankan untuk Anda juga tidak sebaiknya kelebihan kalori. Mungkin Anda memang tidak pernah melewatkan sarapan dan sarapan selalu lebih awal, tapi jika sarapannya 2 paha atas crispy, 3 nasi dan satu Pepsi dingin, ya sama saja. Jika Anda sudah terbiasa, sangat disarankan untuk mengukur takaran kalori dalam setiap sarapan Anda agar hari Anda sudah dimulai dengan kalori yang tidak terlalu banyak, namun cukup untuk metabolisme serta tenaga untuk beraktivitas.

dr. Pauline Endang SpGK, seorang dokter spesialis gizi di Jakarta pernah memberikan contoh menu sarapan yang disarankan untuk memulai hari Anda. Menurutnya, roti gandung panggang isi dadar 1 butir telur dan semangkuk salad adalah salah satu pilihan sarapan yang paling baik. Ini karena menu tersebut tidak melebihi 400 kalori. Jika roti gandung panggang isi dadar dan semangkuk salad rasanya seperti makanan kucing buat Anda, menu tersebut bisa diganti dengan 100 gram nasi dan 1 potong ikan plus 1 mangkuk sayur.

Jika Anda sudah mengenali jumlah-jumlah kalori pada makanan-makanan yang biasa Anda konsumsi, Anda bisa menakar sendiri sarapan Anda agar tidak melebihi 300-400 kalori setiap paginya. Ini tentu saja bukan takaran yang fixed, karena sedikit banyaknya kalori menu sarapan Anda tentu sebaiknya disesuaikan dengan padat tidaknya jadwal kegiatan Anda dihari tersebut. Kalori menu sarapan Anda sebaiknya dinaikkan jika memang dihari tersebut Anda akan melakukan kegiatan-kegiatan yang tergolong lebih berat dari biasanya.

Mulailah hari dengan sarapan 300-400 kalori, tapi bukan dengan makanan berlemak tinggi. “Pilihlah setangkup roti gandum panggang isi dadar 1 butir telur, ditambah 1 mangkuk salad. Atau, 100 gram nasi dengan 1 potong ikan ditambah 1 mangkuk sayur,” saran dr. Pauline Endang SpGK, dokter spesialis gizi klinis di Jakarta.


16. Kunyah Makanan Sebanyak 35 Kali

Mengunyah makanan dengan baik itu penting artinya. Bukan hanya agar mudah dicerna oleh sistem pencernaan Anda, tapi juga mudah ‘dikeluarkan’ nantinya. Makanan yang dikunyah dengan baik juga tidak perlu waktu yang lama saat dicerna sehingga nutrisi dan tenaga yang And adapatkan dari makanan tersebut bisa terdistribusikan dengan lebih cepat dan lebih baik.

Bicara soal hubungannya dengan diet, mengunyah makanan dengan jumlah kunyahan yang tepat itu juga baik untuk program menurunkan berat badan Anda. Jika makanan Anda kunyah dengan baik, makanan tersebut akan lebih mudah dicerna dan itu akan membuat Anda lebih cepat merasa kenyang. Lalu berapa kali sebenarnya Anda harus mengunyah makanan?

Beda ahli, beda pendapat. Beberapa ahli gizi mengemukakan bahwa jumlah kunyahan itu sebaiknya tidak kurang dari 25. Sementara pendapat lain mengatakan bahwa setiap kali makan Anda sebaiknya membiasakan diri mengunyah paling tidak sebanyak 35 kali. Masing-masing pendapat punya dasar-dasar yang kuat atas pendapat mereka sendiri sebagai ahli, yang tentunya jika dikemukanan kepada kita orang-orang awam hanya akan membuat kita makan tanpa mengunyah karena kebingungan. Makanan yang dikunyah semakin lama semakin baik untuk dicerna oleh tubuh Anda, itulah kenapa saya pribadi memilih membiasakan diri mengunyah makanan sebanyak 35 kali (daripada bingung).

Pada intinya, hilangkan kebiasaan Anda yang hanya mengunyah makanan seadanya sampai makanan hanya cukup lembek untuk kemudian ditelan.


17. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Mengkonsumsi air minum dengan jumlah yang tepat juga baik untuk program diet Anda. Jangan berpikir bahwa mengkonsumsi air minum hanya sebagai pencegahan dehidrasi atau pemuas rasa haus Anda. Sebuah penelitian di Amerika pada tahun 2006 membuktikan bahwa konsumsi air dengan kadar tertentu setiap harinya bisa mengurangi berat badan Anda sebanyak 2,5 kilogram setahun tanpa berolahraga. Bayangkan jika Anda rajin mengkonsumsi air dan dikombinasikan dengan membatasi porsi makan serta olahraga dengan porsi yang terukur. Program diet Anda akan lebih cepat menunjukkan hasil daripada yang Anda bayangkan.

Saran untuk banyak mengkonsumsi air bagi mereka yang sedang menjalankan program diet mungkin sudah sering Anda dengar. Tapi tahukah Anda tepatnya kenapa mengkonsumsi air dengan jumlah yang tepat setiap harinya dapat membantu Anda menurunkan berat badan?

Jika Anda kurang mengkonsumsi air, itu dapat membuat ginjal Anda bekerja jauh lebih berat daripada biasanya. Hal ini jugalah yang kemudian menyebabkan dehidrasi, menurunkan kinerja ginjal yang bertugas mencerna makanan yang Anda konsumsi. Jadi dengan mengkonsumsi air lebih banyak atau dengan kadar yang tepat yang dibutuhkan oleh tubuh Anda, ginjal dapat bekerja lebih maksimal saat mencerna makanan. Para ahli menyarankan Anda untuk setidaknya minum 1,5 liter atau yang sama dengan 8-10 gelas air minum setiap harinya. Tentu saja jumlah ini disesuaikan dengan kegiatan Anda pada hari yang sama. Jika Anda sedang berolahraga atau sedang menjalani aktivitas yang lebih berat dari biasanya, sangat disarankan untuk minum air dengan jumlah yang lebih banyak pula. Pada intinya, hilangkan kebiasaan Anda yang kurang mengkonsumsi air minum. Karena disamping sebagai faktor yang membantu Anda dalam program diet, minum air putih dengan kadar yang tepat setiap harinya akan baik bagi kesehatan Anda.

Tapi membantu Anda menurunkan berat badan tidak menjadi satu-satunya fungsi dan manfaat baik dari air putih. Karena sebenarnya kesehatan Anda hari ini dan dihari kemudian sangat amat bergantung dengan air putih ini. Mungkin selama ini Anda hanya mengkonsumsi air putih untuk memuaskan dahaga Anda setelah beraktivitas atau sekedar membersihkan tenggorokan Anda setelah makan. Tapi sebenarnya, serangkaian sistem dalam tubuh Anda hanya bisa bekerja dengan maksimal dengan asupan air putih yang cukup setiap harinya. Dengan mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang banyak, Anda sudah menghindarkan diri Anda dari berbagai penyakit berbahaya yang beberapa diantaranya bahkan bisa berakibat fatal bagi Anda. Untuk lebih mengerti manfaat dari minum air putih dengan jumlah yang banyak setiap harinya, di bawah ini saya uraikan beberapa manfaat lain selain membantu Anda menurunkan berat badan:

1. Air Putih Meningkatkan Energi
Sering mengantuk dan menguap adalah biasanya adalah salah satu akibat yang terjadi setelah kita makan banyak. Energi yang ada lebih banyak digunakan untuk mencerna porsi makanan yang besar yang baru saja kita santap. Keadaan ini disebut food coma. Tapi apakah Anda biasa merasa mengantuk dan menguap pada siang hari bahkan disaat sedang lapar? Orang-orang bisa saja bilang itu terjadi karena Anda malas (dan mungkin juga benar). Tapi ada kemungkinan Anda kurang minum air putih, karena mengantuk dan menguap juga adalah bentuk lain dari dehidrasi.

Ini salah satu alasan kenapa kita tidak sebaiknya menganggap enteng konsumsi air putih sehari-hari. Karena air putih tidak hanya bertugas untuk memuaskan rasa haus Anda, tapi juga dapat meningkatkan energi saat Anda sedang beraktivitas. Tentu saja energi yang diberikan dengan mengkonsumsi air putih tidak sebanyak energi yang Anda dapatkan dari karbohidrat dan protein pada makanan. Tapi seperti yang saya bilang sebelumnya, terlalu banyak makan juga tidak akan memberikan Anda sebanyak-banyaknya energi, malah bisa membuat Anda terkana food coma yang hanya akan membuat Anda terlihat seperti orang rakus yang malas.

Jadi manfaat lain dari air putih selain dari manfaatnya yang membantu Anda menurunkan berat badan, ia juga adalah perangsang energi yang baik. Jadi ketika Anda merasa lelah dan mengantuk saat sedang kerja di siang hari, mungkin saja itu adalah bentuk ringan dari dehidrasi. Jika minum air putih kemudian tidak juga membantu, mungkin sebaiknya Anda pertimbangkan untuk tidak begadang lagi dihari kerja.

2. Air Putih Menguatkan Tulang
Kekuatan dorong dan menarik yang Anda miliki tidak serta merta hanya berasal dari otot saja. Kekuatan yang Anda miliki juga berasal dari tulang kuat yang menjadi tempat otot Anda menempel. Maka untuk mempertahankan kekuatan, kesehatan tulang pun perlu dijaga. Lalu, bagaimana caranya untuk menjaga kesehatan tulang?

Salah satunya adalah dengan banyak minum air putih. Sel yang terdapat di dalam tulang adalah penanggung jawab kesehatan tulang Anda. Untuk itu, sel-sel tulang membutuhkan asupan air yang cukup untuk dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal. Jadi secara tidak langsung, Anda sendirilah yang bertanggung jawab untuk meningkatkan ketahanan tulang Anda dengan konsumsi air yang cukup setiap harinya.

Manfaat air putih memang sangat besar untuk tubuh Anda. Jika 20 tahun mendatang Anda sudah merasa bungkuk saat berjalan, ada kemungkinan karena Anda tidak betul-betul membaca poin ini dengan baik.

3. Air Putih Proses Pembersihan Racun Dalam Tubuh
Sistem pencernaan kita tidak sesederhana yang kita semua bayangkan. Ketika Anda menumpahkan racun di lantai, tentu saja Anda hanya butuh air putih dan lap kering untuk menyelesaikan masalah. Tapi tidak dengan proses pencernaan kita. Perlu dicatat bahwa air putih tidak menawar racun dalam tubuh kita. Walaupun demikian, air yang kita konsumsi setiap hari punya peran yang penting dalam proses pembersihan racun tersebut dari dalam tubuh kita. Itulah kenapa orang-orang yang keracunan biasanya disarankan untuk meminum air banyak air putih dalam proses pengobatannya.

Sistem limfatik pada tubuh Anda adalah rangkaian organ yang bekerja sama dalam proses menawar racun yang masuk secara sengaja ataupun tidak sengaja. Beberapa diantaranya adalah hati, ginjal dan usus. Kedua bagian dari sistem limfatik ini sangat membutuhkan air untuk mendukung kinerjanya. Jika asupan air yang Anda konsumsi cukup untuk didistribusikan ke organ-organ sistem limfatik yang membutuhkan, maka proses menawar racun akan maksimal. Ini secara tidak langsung membuat air putih juga memegang peranan penting dalam proses menawar racun tersebut.

Pada proses akhir penawaran racun di dalam tubuh, air jugalah yang membersihkannya dan membawanya ke sistem pembuangan untuk kemudian dipecah dan dijadikan urin serta feses. Jadi jika pembuangan racun yang telah ditawar oleh tubuh Anda juga terkendala, itu juga karena Anda kurang minum air putih. Sekali lagi, ini menambah alasan bagi Anda untuk minum cukup air putih setiap harinya bukan hanya sekedar untuk membantu menurunkan berat badan Anda dalam proses diet yang sedang Anda jalankan.

4. Air Putih Meningkatkan Vitalitas Otak
Apa yang Anda konsumsi akan diurai oleh tubuh dan kemudian didistribusikan oleh darah ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan, tidak terkecuali otak. Vitalitas otak sangat bergantung kepada apa yang telah Anda konsumsi dan sebaik apa distribusi darah ke otak. Tapi jangan salah, makanan bukan satu-satunya yang dibutuhkan otak untuk bisa bekerja dengan vitalitas yang maksimal. Konsumsi air putih juga berperan penting bagi kinerja dan vitalitas otak Anda dalam berkegiatan sehari-hari. Ini kemudian menambah alasan pentingnya minum air putih dengan kadar yang cukup setiap harinya.

Pada bagian terkecil pada otak kita terdapat aplikasi listrik yang membuatnya bekerja sebagaimana mestinya. Menurut perkiraan para ahli, listrik yang ada pada otak manusia hampir sama besarnya dengan sebuah bola lampu dengan kekuatan listrik 60 watt. Agar fungsi listrik ini dapat bekerja sebagaimana mestinya, otak membutuhkan suplai air dengan kadar yang cukup. Mereka yang mengkonsumsi air dengan cukup setiap harinya dapat memaksimalkan kinerja dan vitalitas otak mereka dalam berkegiatan sehari-hari. Kadar air yang dibutuhkan otak ini sudah ditentukan, jadi jangan takut otak Anda kebanjiran air karena terlalu banyak minum air putih.

Otak adalah inti dari efisiensi kegiatan manusia sehari-hari. Setiap pergerakan bagian tubuh Anda adalah refleksi perintah yang dikirimkan dari otak. Memaksimalkan kinerja dan vitalitas otak tentunya penting untuk semua orang. Air putih memang bukan satu-satunya asupan yang dibutuhkan otak untuk bekerja dengan maksimal. Tapi ada baiknya jika setiap kebutuhan itu bisa Anda penuhi agar otak Anda tetap stabil vitalitasnya di segala waktu.

5. Air Putih Menyehatkan Kulit
Sudah merupakan hal yang pasti bahwa ketika Anda terlahir dengan kulit hitam, satunya-satunya cara untuk bisa jadi putih adalah dengan operasi pelastik seperti yang dilakukan sang Raja Pop, Michael Jackson. Inilah yang membuat saya tidak mengerti mengapa wanita sangat percaya bahwa perawatan yang mahal dapat membuat mereka lebih putih. Yang lebih parah lagi, ada juga yang percaya bahwa lulur dapat membuat kulit mereka putih. Ini sama bodohnya dengan percaya bahwa Morgan Smash itu bukan banci.

Tapi jika orang mengatakan bahwa dengan perawatan kulit dapat kelihatan lebih bersih dan bersinar, itu benar. Karena sebenarnya Anda hanya butuh asupan air putih yang cukup saja untuk bisa menjaga cerahnya kulit Anda. Air putih juga terbukti mampu mempertahankan kulit agar tidak cepat keriput. Apa yang membuat air putih punya pengaruh besar terhadap kesehatan kulit?

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, air putih adalah salah satu faktor yang penting dalam proses menawar racun dalam tubuh dan juga membersihkan racun tersebut hingga ke tempat pembuangan di dalam tubuh. Bersih dari racun ini adalah salah satu faktor yang membuat kesehatan dan kecerahan kulit Anda terjaga dengan baik hanya dengan air putih. Kesehatan kulit juga sangat bergantung dengan kelembapan kulit itu sendiri, jadi jangan selau menganggap keringat pada kulit Anda itu sesuatu yang buruk. Dengan asupan air yang cukup, Anda tidak akan pernah bermasalah dalam mengeluarkan racun dan zat-zat hasil metabolisme lain melalui keringat.

Salah satu manfaat air putih yang paling penting dalam hubungannya dengan kesehatan kulit adalah bahwa air putih dapat membuat kulit Anda bersih dari kotoran yang menempel. Tidak percaya? Coba saja tempelkan kotoran pada kulit Anda dan basuhlah dengan air putih. :P

6. Air Putih Memaksimalkan Kinerja Sistem Pencernaan
Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, air putih sangat penting bagi organ-organ dalam tubuh untuk bisa bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing secara maksimal. Faktanya, hampir semua kegiatan alam bawah sadar yang terjadi di dalam tubuh kita memerlukan asupan air yang cukup agar tidak menimbulkan efek-efek samping yang buruk pada tubuh. Salah satu sistem dalam tubuh yang paling membutuhkan air adalah sistem pencernaan.

Organ-organ yang bekerjasama untuk memproses makanan yang telah Anda konsumsi dirangkum dalam sebuah sistem yang disebut sistem pencernaan. Setiap organ yang mengambil fungsi masing-masing dalam sistem pencernaan ini sangat bergantung pada asupan air yang cukup untuk memaksimalkan kinerjanya. Sistem limbah dalam tubuh juga seperti itu. Proses dari dicernanya makanan hingga dibawa ke tempat penampungan kotoran untuk kemudian siap dikeluarkan dari dua lubang yang tersedia sangat membutuhkan peranan air di dalamnya. Itulah kenapa salah satu penyebab sembelit selain kurang makan makanan yang berserat adalah kurangnya minum air putih.

Sembelit bukan salah satu penyakit pembunuh terbesar, tapi termasuk salah satu kondisi paling tidak nyaman. Bila Anda pernah mengalaminya, saya yakin kondisi nyaman seperti apa yang saya maksud. Nah, jika Anda terkena sembelit, jangan lantas terlalu terburu-buru untuk langsung mengkonsumsi suplemen kaya serat untuk segera mengatasi sembelit Anda. Banyak serat belum tentu juga menjadi satu-satunya solusi untuk mencegah sembelit datang lagi. Sembelit terjadi pada Anda mungkin saja karena Anda kurang minum air putih setiap hari. Cobalah untuk menambah asupan air putih Anda dibarengi dengan menambahkan makanan kaya serat dalam menu Anda sehari-hari. Jika Anda mempertahankan pola minum dan makan yang sehat seperti itu, sembelit hanya akan jadi sejarah bagi Anda. Dan bukan hanya sembelit, Anda juga akan terhindar dari segala penyakit yang sudah saya sebutkan di poin-poin sebelumnya.

7. Air putih Meningkatkan Kinerja Organ Vital
Seperti yang sudah saya sebutkan sekilas di poin sebelumnya, air putih adalah salah satu faktor yang sangat dibutuhkan bagi organ-organ dalam tubuh Anda untuk bisa bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Organ-organ yang saya maksud disini tidak terkecuali organ-organ vital Anda. Organ-organ vital dalam tubuh Anda pun sangat besar ketergantungannya terhadap asupan air yang Anda berikan setiap harinya. Kurang minum air akan Anda rasakan langsung efeknya pada tubuh Anda saat berkegiatan sehari-hari. Haus hanyalah efek ringan dari kurangnya Anda minum air.

Beberapa efek kurang minum air putih memang tidak bisa Anda rasakan langsung hingga saat Anda mencapai tingkat kronis. Salah satu organ vital yang sangat bergantung kepada asupan air secara tidak langsung adalah jantung Anda sendiri. Ketika Anda dalam kondisi kurang minum air, jantung dengan otomatis harus bekerja jauh lebih keras dari biasanya dalam memompa darah ke seluruh tubuh karena darah Anda dalam keadaan yang lebih kental. Pada saat ini terjadi mungkin Anda memang tidak langsung merasakan efeknya pada tubuh Anda. Tapi adanya gangguan pada kinerja jantung yang berfungsi sebagai penyuplai darah utama ke seluruh bagian tubuh tentu juga memberikan pengaruh buruk terhadap kinerja bagian tubuh Anda yang lain, tidak terkecuali organ-organ yang juga harus bekerja dengan bantuan dari darah dan nutrisi yang dibawanya. Ketika ini sudah terjadi beberapa lama, Anda baru akan mulai merasakan efeknya yang mungkin hanya akan diawali dengan gejala ringan seperti cepat merasa lelah, mengantuk dan pegal-pegal. Jika sudah mulai parah, masing-masing sistem dalam tubuh Anda akan memberikan masalah, mulai dari susah buang air besar, bahkan hingga batu ginjal. Jadi dengan minum air putih secara teratur dengan jumlah yang cukup setiap harinya bisa menghindarkan Anda dari gangguan-gangguan kesehatan yang bisa datang kepada Anda dari masing-masing organ vital.

Kenapa saya harus membahas secara merinci manfaat air bagi Anda secara keseluruhan? Itu karena minum air putih dengan kadar yang disarankan setiap hari tidak sebaiknya Anda lakukan hanya untuk menurunkan berat badan Anda. Mendapatkan bentuk tubuh ideal adalah alasan yang dangkal untuk mulai membiasakan diri minum air cukup sehari-hari. Karena itu berarti saat Anda sudah berhasil dengan program diet Anda dan sudah mendapatkan bentuk tubuh ideal yang Anda idam-idamkan, Anda akan mengabaikan kebiasaan minum air putih yang sudah Anda lakukan selama proses diet Anda berlangsung. Sebaiknya kebiasaan Anda minum air putih yang banyak setiap hari dimulai dengan kesadaran bahwa semua sistem otomatis yang bekerja di dalam tubuh Anda sangat membutuhkan bantuan air untuk bisa berfungsi secara maksimal. Jika Anda memulai kebiasaan baik ini dengan kesadaran akan hidup sehat, mudah-mudahan Anda tidak akan menjadi orang bertubuh ideal yang sakit-sakitan.


18. Makanlah Lebih Banyak Serat

Serat makanan juga penting untuk Anda perhatikan dalam menu makanan Anda sehari-hari. Yang manakah yang dimaksud makanan kaya serat tersebut? Makanan berserat adalah makanan yang didalamnya terkandung serat yang mana tidak dapat dicerna atau diserap oleh tubuh. Walaupun tidak dapat diserap dan dicerna, serat yang ada dalam makanan yang Anda konsumsi menghasilkan energi dan kalori yang membantu Anda beraktivitas sehari-hari. Itulah kenapa makanan berserat sangat disarankan bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa pada saat buka dan sahur.

Serat sendiri banyak ditemukan di dalam buah, sayuran, padi, agar-agar, gandum dan kacang-kacangan. Serat memamg bukan zat yang dengan mudah dapat dicerna oleh tubuh Anda (itulah kenapa mengunyah lama itu sangat disarankan), tapi serat itu sendiri memiliki peranan penting untuk tubuh Anda sehari-hari. Serat makanan tidak dapat diserap oleh usus halus. Serat ini kemudian akan dibawa ke usus besar denan gerakan peristaltik usus menunju ke usus besar. Adanya serat dalam usus besar juga akan banyak membantu kinerja metabolisme dalam usus besar itu sendiri.

Salah satu faktor lain yang penting dalam program diet Anda adalah serat. Serat yang Anda konsumsi sangat penting juga perannya dalam hal ‘meluluh-lantakkan’ lemak-lemak jahat di dalam tubuh. Kenapa serat dalam tubuh bisa membantu Anda dalam proses menurunkan berat badan? Karena serat dalam tubuh membuat volume feses semakin cepat membesar karena sifatnya yang menyerap air. Lalu seberapa banyak serat yang Anda butuhkan setiap harinya?

Menurut para ahli, orang dewasa memerlukan serat setidaknya 21 gram setiap harinya. Masalahnya, makanan yang paling banyak memberikan Anda serat adlah buah-buahan dan sayuran. Untuk mendapatkan serat dengan kadar yang tepat yang dibutuhkan oleh tubuh Anda, sayuran dan buah yang Anda konsumsi setidaknya ditambah 5 mangkuk setiap harinya. Ini tentu agak sedikit berat bagi mereka yang memang tidak hobi atau terbiasa makan buah dan sayuran. Tapi serat pada buah dan sayuran yang Anda konsumsi pun tidak akan cukup untuk Anda beraktivitas serta menunjang proses metabolisme dalam tubuh Anda sehari-hari. Setidaknya juga dibutuhkan 15% hingga 20% protein yang dapat membuat Anda kuat dan juga membantu proses metabolisme Anda bekerja lebih baik.

Perlu Anda ketahui bahwa selain untuk membantu Anda menurunkan berat badan, serat sebenarnya juga memiliki manfaat lain bagi tubuh Anda yang jauh lebih penting. Rajin mengkonsumsi makanan berserat dengan kadar yang tepat memastikan Anda menghindari beberapa penyakit berbahaya dihari tua. Karena dari itu, suka atau tidak suka, serat memang sangat disarankan untuk dikonsumsi setiap harinya karena punya manfaat yang penting untuk kesehatan Anda. Bicara soal itu, apa saja sebenarnya manfaat makanan berserat untuk Anda?

Manfaat Makanan Berserat

- Menghindarkan Anda dari Sembelit
Anda semua mungkin sudah pernah mengalami sembelit ketika masih anak-anak, dimana anak-anak kebanyakan tidak suka mengkonsumsi makanan berserat karena memang tidak begitu mempunyai rasa seperti kebanyakan makanan lain yang anak-anak suka. Sembelit adalah sebuah kondisi ketika Anda kesulitan saat buang air besar, atau kesulitan untuk mengeluarkan kotoran dari tubuh Anda. Kondisi ini disebabkan karena kurangnya Anda mengkonsumsi makanan berserat. Sembelit memang bukan kondisi yang serta-merta dapat menghilangkan nyawa, namun sembelit adalah salah satu kondisi paling tidak nyaman dapat pada akhirnya dapat mempengaruhi aktivitas Anda sehari-hari. Pada tingkatan yang berbahaya, sembelit akan membawa kondisi-kondisi tidak nyaman lainnya seperti sakit kepala, susah tidur atau insomnia, alergi, pegal pada bahu, dan masih banyak lagi.

Lalu apa sebenarnya yang membuat makanan berserat dapat menghindarkan Anda dari sembelit? Makanan yang mengandung serat memiliki kemampuan untuk menyerap air yang berlebih. Ketika serat diproses melewati saluran pencernaan, dengan kemampuannya menyerap air tersebut ia membuat ukuran feses (kotoran) semakin besar dan melunak. Dengan ini kotoran tersebut akan semakin mudah untuk dikeluarkan. Bantuan serat ini sangat Anda butuhkan untuk memudahkan Anda mengeluarkan kotoran. Kotoran atau feses yang terlalu sulit dikeluarkan dapat menyebabkan luka pada bagian anus yang tentu saja akan semakin membuat Anda tidak nyaman.

Pentingnya serat bagi tubuh Anda ini juga secara tidak langsung tentunya berpengaruh baik pada program diet Anda. Karena dengan bantuan serat, kotoran tidak akan menumpuk dan pencernaan Anda akan semakin lancar. Tapi di sisi lain, asupan serat yang sudah sesuai dengan kadar yang dibutuhkan oleh tubuh Anda juga harus diimbangi dengan konsumsi air yang cukup pula. Karena serat di dalam tubuh tanpa air juga akan bisa menyebabkan gangguan pada usus besar yang pada akhirnya juga menghambat kinerja pencernaan Anda.

- Menurunkan Kadar Kolesterol
Kolesterol adalah salah satu penyakit yang juga menjadi penyebab kematian terbanyak di seluruh belahan dunia. 95% kasus kolesterol dikarenakan pola makan yang tidak sehat dan pola olahraga yang tidak teratur. Terutama di zaman modern sekarang ini, masyarakat kota terutama sudah tidak lagi banyak bergerak karena kebanyakan pekerjaan kantor dilakukan di depan komputer. Begitu pula dengan macam-macam bentuk hiburan saat ini yang kebanyakan bisa dinikmati hanya dengan duduk saja (seperti menonton film, bermain game, dll).

Belum lagi dengan gaya hidup saat ini dimana olahraga hanya dilakukan diwaktu senggang, itupun karena hobi saja. Masyarakat Indonesia dulu tidak punya banyak pilihan kecuali untuk berolahraga karena untuk berangkat ke sekolah saja harus naik sepeda. Sementara gaya hidup masyarakat kita hari ini kemana-mana sudah termanjakan dengan kendaraan bermotor, baik itu roda dua ataupun roda empat, milik pribadi ataupun fasilitas umum. Kolesterol adalah salah satu penyakit yang paling gampang menghinggapi generasi kita saat ini karena pola hidup, dan jika Anda berencana untuk hidup lebih lama, berusalah untuk menghindarkan diri Anda dari faktor-faktor yang bisa menyebabkan Anda terkena kolesterol.

Makanan berserat memiliki kemampuan untuk mengikat kadar kolesterol hingga dapat menekan peningkakatan kadar kolesterol jahat dalam darah. Jika salah satu agenda program diet Anda adalah mengkonsumsi makanan berserat secara teratur disertai dengan pola olahraga yang rutin dan terukur, Anda tidak hanya akan menurunkan berat badan Anda dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, tapi juga sehat dan terhindar dari penyakit kolesterol.

- Menghindarkan Anda dari Penyakit Jantung Koroner
Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang paling banyak membuat nyawa manusia melayang di dunia saat ini. Tentu saja, ini lagi-lagi disebabkan oleh makanan yang tidak sehat, pola makan yang tidak teratur dan kurangnya olahraga. Seperti yang saya sebutkan di poin sebelumnya, penyakit-penyakit ini sangat erat hubungannya dengan gaya hidup masyarakat modern, di samping kemungkinan bahwa penyakit jantung juga bisa berasal dari DNA yang diwariskan.

Pada poin sebelumnya sudah dijelaskan bahwa makanan berserat yang dikonsumsi dengan jumlah yang tepat setiap harinya, dan dengan dikombinasikan dengan asupan air yang juga cukup dapat menghindarkan Anda dari penyakit kolesterol. Dengan bantuan serat ini, berarti Anda juga dapat terhindar dari penyakit jantung koroner yang disebabkan oleh kolesterol itu sendiri. Ini semakin memperkuat fakta bahwa makanan berserat tidak dapat Anda abaikan dalam program diet Anda karena tidak hanya membantu menurunkan berat badan Anda, tapi juga menjaga Anda terhindar dari penyakit-penyakit paling berbahaya.

- Menghindarkan Anda dari Kanker Usus
Pada poin pertama telah disebutkan bahwa makanan berserat dapat menghidarkan Anda dari sembelit. Ini karena kemampuan makanan berserat untuk menyerap air membuat kotoran Anda membesar dan melunak hingga mudah dikeluarkan. Buang air yang lancar dan teratur memastikan bahwa feses atau kotoran dalam tubuh Anda tidak menumpuk. Ini secara tidak langsung juga dapat menghindarkan Anda dari potensi terkena kanker usus.

Kanker usus pada umumnya disebabkan karena kotoran dalam tubuh terlalu lama menumpuk. Pada penumpukan ini berkembang biaklah bakteri-bakteri jahat yang kemudian dapat menyebabkan gangguan pada sel-sel yang dihasilkan di dalam tubuh. Belum lagi zat-zat racun yang seharusnya sudah dibuang kembali lagi ikut dalam saluran darah dan menyebar keseluruh tubuh. Pada akhoirnya, penumpukan kotoran yang terlalu lama ini bisa menjadi awal proses terjadinya kanker usus pada Anda.

Ini membuat makanan berserat semakin penting Anda konsumsi dengan kadar yang tepat setiap harinya, karena tanpa makanan berserat banyak sekali penyakit-penyakit berbahaya yang dapat menyerang Anda, termasuk kolesterol, penyakit jantung dan kanker usus.

- Menstabilkan Kadar Gula dalam Darah
Penyakit gula adalah salah satu penyakit berbahaya lainnya yang juga bisa menyerang Anda ketika Anda kurang makan makanan yang berserat. Sebenarnya, kekurangan makanan berserat tidak serta-merta menjadi alasan kadar gula dalam darah Anda tidak stabil, tapi tetap saja menjadi salah satu faktor terbesar sehingga patut diperhatikan.

Pada paragraf-paragraf sebelumnya sudah dijelaskan bahwa karbohidrat kompleks yang banyak terdapat pada nasi merah baik untuk menurunkan berat badan. Makana berserat juga mengandung karbohidrat kompleks. Selain berguna bagi Anda yang sedang dalam proses menurunkan berat badan, makanan berserat juga dapat membantu Anda untuk menstabilkan kadar gula dalam darah.

Apa yang menyebabkan makanan berserat dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah Anda? Dalam makanan berserat yang mengandung banyak karbohidrat kompleks tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk tubuh dalam proses penyerapannya. Penyerapan yang lambat ke dalam sistem tubuh ini kemudian dapat menghindarkan Anda dari peningkatan drastis di dalam kadar gula darah. Jika peningkatan drastis dalam kadar gula darah ini tidak terjadi, maka peningkatan kadar gula tersebut dapat dikatakan stabil. Secara tidak langsung, makanan berserat adalah salah satu faktor penting yang memungkinkan terjadinya kestabilan kadar gula dalam darah Anda tersebut.

Pentingnya makanan berserat tidak lagi bisa dipungkiri, baik bagi Anda yang tidak melakukan program diet, apalagi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. Karena seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa program diet yang baik adalah program diet yang tidak semata-mata bertujuan untuk menurunkan berat badan Anda dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal, tapi juga memberikan Anda pendidikan dan kebiasaan untuk hidup dengan pola makan, olahraga, dan istrahat dengan kadar yang terukur untuk menjadi manusia yang sehat.


19. Istrahat yang Teratur

Banyak sekali orang yang berpikir bahwa semakin giat mereka berolahraga, semakin cepat pula penurunan berat badannya dan juga semakin baik untuk kesehatannya. Salahnya, pola pikir ini kebanyakan malah membawa orang-orang untuk berolahraga dengan porsi yang tidak seimbang dengan porsi istrahatnya. Padahal, efek dari olahraga yang giat hanya akan menjadi lebih baik jika disesuaikan dengan istrahat yang cukup. Dengan olahraga yang giat dan istrahat yang kurang mungkin memang akan menurunkan berat badan Anda jauh lebih cepat, tapi ini sangat tidak baik untuk jangka panjang kesehatan Anda. Penurunan badan pun jadinya tidak stabil, sehingga mungkin saja tulang rusuk sudah terlihat jelas tapi pipi Anda masih juga tembem.

Istrahat yang cukup itu penting sekali untuk tubuh Anda bekerja di dalam alam bawah sadar untuk mengenali perubahan pola hidup yang telah Anda lakukan semasa program diet dan berusaha menyesuaikan kinerja metabolisme tubuh. Beberapa manfaat dari makanan yang Anda konsumsi juga bekerja lebih maksimal saat Anda sedang tidur lelap. Jadi jika Anda berolahraga dengan porsi yang lebih besar, usahakanlah untuk adil kepada tubuh Anda sendiri dengan memberikannya porsi istrahat yang juga lebih besar. Istrahat yang seimbang tidak akan membuat Anda melar.


20. Hindari Makan Tengah Malam

Pada awalnya, ini tentu saja sangat sulit bagi Anda apalagi bila Anda sudah terbiasa berkativitas hingga tengah malam ditemani dengan makanan dan cemilan di sekitar Anda. Ini tentu saja adalah salah satu biang kegemukan, karena metabolisme Anda sedikit kurang aktif pada malam hari ketimbang disiang hari. Saya tidak menyarankan Anda untuk secara esktrim langsung menghapus agenda makan malam Anda. Untuk beberapa orang, tidak makan malam adalah neraka.

Solusi yang bisa diberikan untuk Anda adalah dengan makan malam lebih awal, dan tentunya dengan porsi yang jauh lebih sedikit daripada porsi makan siang Anda. Cobalah untuk makan malam setidaknya sebelum pukul 9 malam. Ini memberikan waktu untuk tubuh Anda mencerna dengan baik makanan yang sudah Anda konsumsi sebelum Anda beristrahat. Ingatlah bahwa makan malam ini tidak bertujuan untuk membuat Anda kenyang, tapi lebih kepada menunda rasa lapar Anda hingga pagi.

Pada awal-awal program diet, Anda mungkin akan terbangun tengah malam karena lapar. Saat ini terjadi, sangat disarankan untuk menunda rasa lapar Anda dengan mengkonsumsi air atau mengkonsumsi buah-buahan yang kaya air seperti apel atau semangka. Dengan pembiasaan seperti ini, tubuh Anda akan beradaptasi dengan pola makan Anda untuk tidak lagi terlalu merasa lapar di malam hari. Sekali lagi, jangan bersabarlah untuk membiasakan diri Anda dengan pola hidup diet perlahan-lahan karena tubuh Anda pun membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dengan perubahan tersebut.

20 cara menurunkan berat badan di atas adalah program diet yang bisa Anda lakukan tanpa harus menyiksa diri Anda secara ekstrim. Hasilnya juga tidak akan menjanjikan waktu yang relatif singkat, namun menjanjikan Anda kesehatan pola hidup yang secara perlahan tapi pasti akan membawa Anda kepada bentuk tubuh ideal yang Anda idam-idamkan. Semoga tips ini dapat memberkikan ilmu dan manfaat yang besar untuk Anda. Selamat mencoba.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "20 Cara Menurunkan Berat Badan Drastis"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel