Order Menumpuk, Perhatikan Ketepatan dan Kecepatan

Orderan dalam dunia bisnis, tak dapat diprediksi oleh siapapun. Ada kalanya, suatu produk atau jasa yang dipasarkan, mendapatkan respon positif, sehingga orderan cukup banyak.

Order Menumpuk, Perhatikan Ketepatan dan Kecepatan

Dan ada kalanya, suatu saat produk dan jasa yang kita tawarkan tak mendapatkan respon positif. Sehingga, orderan secara otomatis menurun.

Hanya saja, menjadi hal yang cukup lumrah bagi seorang pebisnis, ketika banyak orderan yang silih berganti, akan tetap menyanggupi orderan tersebut. Karena prinsip seorang pebisnis ialah, “Haram Hukumnya Menolak Rejeki”.

Ya iyalah haram…! Kan rejekinya pebisnis ialah orderan dari konsumen. Ya kalau nolak orderan, bisnis akan sepi. Tentu, kalau sepi, omset akan menurun dong. Hehehhe…!

Makanya, seorang pebisnis dilarang sekali-kali menolak orderan dari customer. Karena, sekali saja menolak sebuah orderan, pasti customer akan merasa akan kecewa. Dan akhirnya, tidak akan mau ng-order lagi ke tempat kita.

Hanya saja, ada beberapa hal yang harus kita lakukan dalam menerima orderan, tatkala orderan yang kita tampung cukup banyak, dan bahkan penuh, alias full. Yaitu, ketepatan orderan dan kecepatan orderan. Dua hal tersebut, sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan bisnis yang kita bangun.


Ketepatan Orderan

Orderan sudah menumpuk, namun customer masih saja datang silih-berganti. Tentu, sebagai pebisnis yang baik, kita tidak akan membiarkan konsumen lari ke tempat lain. Kita pasti akan memaksimalkan kinerja perusahaan yang kita miliki. Sehingga, seluruh orderan dapat dikerjakan dengan baik dan benar.

Peningkatan kinerja, yang dipicu oleh banyaknya orderan yang masuk, biasanya akan mempengaruhi kualitas produk atau jasa yang diberikan perusahaan. Karena, yang dikejar ialah target. Sehingga, banyaknya target produk atau jasa yang dihasilkan, akan berpengaruh pada ketepatan produk atau jasa. Alias, kualitas akan menurun.

Biasanya, produk yang dihasilkan akan kurang memuaskan konsumen. Konsumen akan melakukan complain kepada perusahaan. Dan dampak negatifnya ialah, jika komplain yang diajukan oleh konsumen bertepatan dengan banyaknya konsumen lain, atau di hadapan konsumen lain, maka bisa dipastikan akan banyak terjadi custumer feed-back. Yaitu, konsumen akan lari dari perusahaan kita.

Maka dari itu, sebanyak apapun orderan yang kita terima, kita harus tetap professional terhadap outuput produk dan jasa yang kita hasilkan. Jangan sampai, hanya gara-gara mengejar target dan peningkatan omset perusahaan, harus mengorbankan ketepatan.

Satu hal yang harus dicamkan bersama, ketepatan produk dan jasa bagi perusahaan, ialah harga mati dan tak dapat ditawar-tawar lagi.


Kecepatan Orderan

Kecepatan orderan dari barang atau jasa yang kita tawarkan ke konsumen, akan menjadi salah satu unggulan dari bisnis yang kita jalankan. Karena, di jaman sekarang, orang-orang serba ingin cepat.

Bahkan, ada beberapa konsumen yang tak mau bersusah payah untuk mendapatkan barang dan jasa yang diinginkannya dengan keluar rumah. Karena, keluar rumah untuk mendapatkan barang atau jasa dari produsen, menurutnya tidak efektif dan efisian. Dan bahkan, cendrung menghabis-habiskan waktu.

Biasanya, salah satu cara yang digunakan ialah berbelanja online. Karena, belanja online, hanya dengan menggerakkan jari-jemari ke android atau tablet yang kita miliki, maka konsumen sudah bisa berbelanja sepuasnya, dari produk dan jasa yang ditawarkan oleh produsen.

Maka, tak heran jika konsumen saat ini, sangat mendambakan produk dan jasa yang ditawarkan oleh produsen, memiliki tingkat kecepatan yang cukup tinggi, bila dibandingkan dengan produk dan jasa yang ditawarkan pebisnis lainnya.

Maka dari itu, sebanyak apapun orderan yang kita miliki, tetap harus memperhatikan dan mengedepankan kecepatan dari produk dan jasa yang kita hasilkan. Jangan sampai, karena banyak orderan yang masuk, lantas kita mengabaikan kecepatan dari produk dan jasa yang dihasilkan.

Anggap saja, banyaknya orderan yang masuk, menguji diri kita, untuk bisa bersabar dalam mengais rejeki sebanyak-banyaknya. Karena, Tuhan akan sangat senang kepada hamba-hamba-Nya yang rajin mencari nafkah. Baik untuk dirinya sendiri, ataupun untuk keluarganya.


Harus Cepat dan Tepat

Sebuah produk atau jasa yang ditawarkan oleh konsumen, tidak boleh hanya mengedepankan kecepatan, tanpa memperhatikan ketepatan. Begitu juga sebaliknya, sebuah produk atau jasa juga, tidak boleh hanya mengedepankan ketepatan, namun harus juga memperhatikan kecepatan.

Maka dari itu, cepat dan tepat ibarat dua sisi mata uang, yang tak boleh dipisah-pisahkan antara satu dengan yang lainnya. Sehingga, dengan lebih mengedepankan kecepatan dan ketepatan, maka produk dan jasa yang kita hasilkan, akan cepat terserap oleh pasar.

Setelah membaca uraian di atas, semoga kita, baik yang berprofesi sebagai pebisnis, pegawai, dan lain sebagainya, akan selalu mengedepankan kecepatan dan ketepatan dari produk atau jasa yang kita hasilkan. Sehingga, kita akan selalu menjadi penghasil produk dan jasa yang lebih mengedepankan kecepatan dan ketepatan.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel