Cara Bikin Ringtone HP Android BergantiI Setiap Ada Panggilan atau Pesan

Smartphone Android memang lebih mudah untuk dikostumisasi dibandingkan dengan smarpthone lainnya. Ini karena banyaknya aplikasi yang telah disediakan dan juga bersifat gratisan. Salah satu trik kostumisasi pada hp Android yang akan Saya bagikan kali ini adalah dengan mengubah nada ringtone pada perangkat Android Anda, setiap ada penggilan masuk, SMS dan juga alarm. Dengan ini tentunya perangkat Android Anda pasti telihat lebih keren, unik dan juga canggih kan!

Cara Bikin Ringtone HP Android BergantiI Setiap Ada Panggilan atau Pesan

Untuk caranya ini Saya menggunakan 2 aplikasi yang berbeda, sehingga caranya pun akan Saya bagi menjadi 2, seperti di bawah ini:

1. Menggunakan Aplikasi RandTune

Pada cara pertama ini kita akan menggunakan aplikasi yang bernama RandTune. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melakukan pengaturan perubahan nada ringtone di hp Android Anda, mulai dari panggilan masuk atau pesan teks (SMS). Cara menggunakan aplikasi ini pun terbilang cukup mudah, yang akan Saya jelaskan di bawah ini:

  • Untuk langkah pertama, pastikan Anda mendownload dan juga menginstall aplikasi RandTune ini pada perangkat hp Android Anda. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini dengan mudah dalam halaman Google Play Store dengan nama RandTune.
  • Setelah aplikasinya sudah terpasang, maka silahkan Anda langsung saja jalankan aplikasi tersebut. Nah, di halaman awal aplikasi ini, Anda akan melihat tab untuk melakukan shuffle atau pergantian ringtone tersebut, serta tab untuk membuat daftar ringtone (playlist) yang akan Anda gunakan, serta tab alarm.
  • Untuk tahap awal, Anda atur dulu pada tab playlist dengan memilih daftar ringtone yang akan berganti-ganti tersebut.
  • Untuk membuat playlist ini, silahkan Anda pilih pada ikon bertanda tambah (+), lalu masukkan nama playlist yang Anda sukai.
  • Setelah Anda menentukan nama playlistnya tersebut, selanjutnya Anda cukup memasukkan daftar lagu yang ada pada perangkat Android Anda yang nantinya akan digunakan sebagai ringtone. Silahkan, Anda memilih ikon tanda (+) lagi untuk mencari lagu yang Anda ingin masukkan dalam playlist tersebut. Lakukan langkah ini secara berulang untuk menambahkan sejumlah lagu yang Anda sukai.
  • Jika Anda telah selesai dengan pemilihan lagu, maka silahkan Anda kembali lagi pada tab awal (Shuffle), lalu pilih pada opsi Calls atau SMS atau bisa juga Alarms. Sebagai contoh, di sini Saya memilih Calls untuk menjadikan playslist tadi sebagai nada ringtone panggilan masuk untuk smartphone Saya.
  • Jika sudah selesai memasukkan Playlist tersebut, yang bisa Anda lakukan di sini adalah dengan menunggu telepon yang masuk, SMS atau pun bunyi alarm Anda. Tapi, kalau Anda sudah tidak sabar menunggu, lakukan panggilan atau SMS dari hp Anda yang lain saja.
  • Itulah cara mudah dalam mengonta-ganti nada ringtone yang ada di perangkat Android Anda dengan aplikasi RandTune. Untuk cara kedua silahkan Anda lanjut lihat ke bawah ini.


2. Menggunakan Aplikasi Random Ringtone

Aplikasi kedua yang bisa Anda manfaatkan untuk merubah-rubah suara nada ringtone di hp Android Anda bernama Random Ringtone. Dengan aplikasi ini maka Anda akan memiliki juga suara ringtone hp Android yang bisa berubah-ubah setiap ada panggilan atau SMS masuk. Cara penggunannya itu juga sangatlah mudah, seperti yang ada di bawah ini:

  • Sama dengan aplikasi pertama di atas Anda pertama-tama harus mendownload aplikasi Random Ringtone ini terlebih dahulu. Aplikasi ini pun sudah tersedia di dalam halaman Google Play Store, yang bisa Anda cari sendiri melalui hp Android Anda.
  • Setelah aplikasi Random Ringtone ini berhasil Anda install di perangkat Android Anda, maka Anda langsung saja jalankan aplikasinya. Saat pertama membuka aplikasinya ini, Anda akan diarahkan ke halaman utama, yang mana di sini Anda akan diperlihatkan 3 pilihan ringtone yang bisa Anda gonta-ganti.
  • Silakan Anda tap pada Ringtone 1 untuk mulai menerapkan ringtone yang Anda inginkan. Lalu Anda pun akan diarahkan untuk memilih salah satu dari daftar ringtone yang tersedia di perangkat Android Anda. Lakukan langkah ini untuk opsi Ringtone 2 dan Ringtone 3 selanjutnya. Di sini, Anda bisa juga menggunakan lagu sebagai nada ringtone Anda kok. Akan tetapi, Anda harus memindahkan daftar lagu tersebut ke dalam folder ringtone di dalam hp Android Anda.
  • Setelah proses pemilihan ringtone ini selesai, maka Anda cukup tap pada tombol Start Random untuk bisa mulai mengaktifkan ringtone di hp Android Anda secara acak yang telah Anda pilih tadi.
  • Setelah itu, nanti Anda akan mendapatkan notifikasi mengenai penggunaan ringtone tersebut jika sukses.


Sayangnya untuk aplikasi Random Ringtone ini, memang terbilang cukup terbatas dengan 3 pilihan ringtone saja. Selain itu, untuk menggunakan lagu sebagai nada ringtone cukup ribet. Penggunaan Random Ringtone ini pun hanya untuk panggilan masuk saja. Untuk SMS dan lainnya tidak bisa. Berbeda dengan aplikasi RandTune di atas, yang membaskan Anda memilih daftar lagu sebanyak yang Anda sukai untuk dijadikan ringtone yang berubah-ubah setiap ada panggilan masuk, SMS, dan juga alarm.

Nah, itulah 2 cara yang bisa Anda gunakan untuk merubah nada ringtone di hp Android Anda dengan mudah. Silahkan Anda pilih cara pertama atau cara kedua sesuai dengan yang Anda inginkan.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Bikin Ringtone HP Android BergantiI Setiap Ada Panggilan atau Pesan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel