4 Tips Mempercepat Koneksi Internet di Android

Mengakses internet melalui hp Android memang hal yang paling dilakukan saat ini. Bahkan, dari peninjauan Google Analytics, rata-rata pengunjung website itu berasal dari mobile (smartphone). Ini karena kemudahan berinternet sudah ada dalam genggaman Anda. Akan tetapi, beberapa pengguna smartphone masih juga ada yang mengeluhkan mengenai kecepatan internet di Androidnya tersebut. Nah, kalau Anda merasa kecepatan koneksi internet di Android Anda melambat, maka Anda bisa mencoba 4 tips berikut ini.

4 Tips Mempercepat Koneksi Internet di Android

1. Tetapkan mode jaringan “3G Only” atau “4G Only”

Saat ini sudah tersedia mode jaringan 4G pada beberapa smartphone terbaru. Kecepatan jaringan 4G ini tentunya jauh lebih cepat dibandingkan dengan 3G. Untuk itu, agar koneksi internet pada smartphone Anda menjadi lebih cepat, maka Anda bisa menggunakan 4G only pada mode jaringannya. Tapi, kalau smartphone Android Anda hanya mendukung pada 3G saja, maka Anda bisa menggunakan mode jaringan 3G only. Tapi, kalau Anda ingin memiliki jaringan yang stabil atau tetap bisa terhubung ke internet, maka Anda bisa menggunakan mode Auto saja. Pada merk android tertentu seperti xiaomi, realme, oppo dan vivo dapat menggunakan kombinasi *#*#4636#*#* untuk mengunci jaringan ke 4G/3G saja

2. Matikan aplikasi menguras jaringan

Ada beberapa aplikasi pada perangkat smartphone Android yang memang akan selalu aktif di background walaupun Anda sedang tidak membuka aplikasi tersebut. Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain sosial media, aplikasi chating, VPN, game online, dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut itulah yang membuat jaringan internet Anda menjadi melambat, sehingga saat Anda membuka sebuah halaman website sangat lama, walaupun sudah menggunakan jaringan 4G.

Anda bisa mematikan semua aplikasi tersebut melalui menu Recent Apps atau bisa juga melalui menu Settings > Apps > pilih aplikasi yang ingin dimatikan, lalu pilih pada opsi Force Stop.

3. Matikan fitur tethering atau Hotspot

Tethering dan hotspot ini sebenarnya dua fitur yang fungsinya hampir sama yaitu, dengan memanfaatkan hp Android sebagai modem untuk bisa terhubung ke internet melalui PC atau laptop dengan kata lain adalah (MiFi). Mode ini sebenarnya akan tetap aman saat Anda gunakan sendirian, tapi kalau Anda sampai membagikannya kepada teman-teman Anda atau tidak menggunakan password pada hotspotnya, maka ini bisa membuat jaringan Anda melambat, dan kuota internet Anda pun pasti akan cepat habis.

4. Hapus cache

Sebenarnya cacher ini bisa mempercepat Anda dalam mengakses halaman website. Tapi, itu hanya berfungsi untuk halaman website yang telah Anda buka sebelumnya saja. Cache pada smartphone Android ini pun akan banyak menguras penyimpanan pada hp Android Anda, sehingga membuat smartphone Anda terasa lambat, bukan hanya pada jaringan internet tapi saat membuka aplikasi lainnya. Untuk itu, lakukanlah pembersihan cache ini dengan rutin. Anda bisa menggunakan aplikasi Clean Master untuk membersihkan semua file-file junk atau sampah termasuk cache tersebut dari hp Android Anda.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar kecepatan internet pada perangkat Android Anda bisa lebih meningkat dan stabil.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Tips Mempercepat Koneksi Internet di Android"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel