4 Fitur Android yang Masih Jarang Diketahui Orang

Perangkat Android memang memiliki beberapa fitur yang masih tersembunyi, sehingga jarang diketahui oleh penggunanya. Kalau pun sampai diketahui, biasanya sangatlah jarang digunakan. Padahal, fitur-fitur tersebut sangatlah mempermudah pekerjaan Anda juga. Nah, pada artikel kali ini Saya mengungkap fitur-fitur yang jarang diketahui dan digunakan tersebut.


4 Fitur Android yang Masih Jarang Diketahui Orang

1. Mengaktifkan perintah suara walaupun layar terkunci

Sebenarnya fitur perintah suara saat perangkat Android Anda terkunci itu sudah ada pada hampir semua smartphone Android. Akan tetapi, umumnya, fitur ini tidak diaktifkan secara defaul dari pabrikan. Nah, kalau memang Anda membutuhkan fitur tersebut tetap aktif walaupun saat terkunci, maka Anda bisa mengaktifkannya kembali dengan cara sebagai berikut:
  • Buka Google Settings
  • Pilih pada menu Search and Google Now > Voice > Ok Google detection
  • Nah, di dalam menu tersebut, silahkan Anda aktifkan fitur yang bernama Always On.

Jika Anda sudah mengaktifkan fitur tersebut, maka Anda cukup mengatakan Ok Google untuk bisa menggunakan perintah suara saat perangkat Android pun terlock.


2. Mengontrol perangkat Android dari jarak jauh

Smartphone saat ini memang bisa dikatakan sebagai salah satu barang primer yang tergolong mewah. Ini karena tingkat kebutuhan masyarakat akan smartphone ini sangatlah tinggi, yang tentunya ini mengundang beberapa pihak yang kurang bertanggung jawab untuk berbuat kejahatan dengan melakukan aksi pencurian smartphone.

Namun, karena Android ini merupakan perangkat smartphone (ponsel cerdas), tentunya ini sudah dibekali dengan sistem yang kompleks sehingga Anda bisa dengan mudah untuk mengontrolnya dari jarak jauh. Fitur ini bisa Anda temukan pada Android Device Manager. Lebih lengkap mengenai Android Device Manager ini, bisa Anda lihat pada artikel Saya sebelumnya yang berjudul cara menggunakan Android Device Manager.


3. Bisa sebagai kompas

Untuk Anda yang sering berpetualang pasti sangat membutuhkan yang namanya kompas, sebagai petunjuk arah Anda saat tersesat. Apalagi saat Anda berada di tempat yang memang tidak Anda kenal. Pada beberapa smartphone Android, kompas ini sebenarnya sudah terpasang. Tapi, ada juga beberapa smartphone yang tidak menggunakan dilengkapi dengan fitur ini. Namun, untuk bisa mengaktifkan fitur tersebut, maka Anda bisa menggunakan aplikasi yang bernama Smart Compass atau AndroiTS Compass Free.


4. Melakukan scan dokumen

Perangkat scan seperti yang kita ketehui saat ini pasti memiliki bentuk yang besar dan juga lebar. Perangkat ini biasanya untuk kebutuhan melakukan scan dokumen untuk dirimkan. Walaupun sekarang kecanggihan teknologi sudah bisa video call, tapi tidak bisa dipungkiri kalau scan ini memang cukup penting juga digunakan.

Anda pun tidak perlu lagi membeli seperangkat alat scan yang cukup mahal lagi kalau Anda sudah memiliki sebuah perangkat Android. Karena, perangkat Andorid ini bisa Anda manfaatkan untuk melakukan scan dokumen juga loh! Anda bisa menggunakan aplikasi yang bernama CamScanner atau Evernote agar Anda bisa menggunakan fitur scanner di perangkat Android Anda.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Posting Komentar untuk "4 Fitur Android yang Masih Jarang Diketahui Orang"