20 Fakta Valentine yang Belum Pernah Kamu Tahu

Kalau ditanya perihal hari valentine, apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran kamu? Hari kasih sayang? Bertukar kado? Berkencan dengan orang yang kamu cintai? Berbagi kasih sayang bersama keluarga? Atau kamu hanya akan menghabiskan waktu seharian di kamar, mematikan hp sambil memutar musik melow karena kamu masih jomblo?

20 Fakta Valentine yang Belum Pernah Kamu Tahu

Valentine’s day memang identik dengan semua itu, dimana banyak pasangan yang merayakannya bersama pujaan hatinya, gebetan atau keluarga. Kecuali kamu mungkin masih sibuk berdiri di depan cermin sambil meratapi nasib kamu karena tidak punya pacar atau gebetan.

Sejak lama hari valentine memang dikenal sebagai hari kasih sayang bagi masyarakat dunia. Tapi tahukah kamu kalau tanggal 14 Februari yang dirayakan sebagai hari kasih sayang dunia, menyimpan banyak fakta aneh yang mungkin tidak pernah kamu tahu sebelumnya. Penasaran kan?

Ini 20 fakta aneh valentine yang tidak pernah kamu tahu sebelumnya.

1. Fakta Hari Valentine di Era Romawi Kuno

Sejak tahun 498 sebelum masehi tepatnya di era kejayaan Romawi kuno, tanggal 14 februari sudah menjadi hari perayaan yang spesial. Di mulai sebagai hari Santo sebagai penghormatan terhadap salah satu tokoh Roma yang dikenal sebagai pejuang cinta.

Anehnya, pada setiap perayaannya peringatan hari Valentine selalu digelar prosesi keagamaan yang penuh dengan paganisme. Tapi seiring waktu peringatan hari Valentine pun diubah sebagai hari kasih sayang yang sampai sekarang terus bertahan.

2. Dulu Valentine Bukan Bertukar Kado Tapi Bertukar Koin

Terlepas dari fakta tersebut, perubahan hari Valentine yang dilakukan sejak ribuan tahun lalu tersebut pada akhirnya mulai ramai digelar oleh masyrakat dunia. Bahkan kalau sekarang ini hari valentine identik dengan saling bertukar kado, dulu sekitar abad 17 sampai abad 18 di Inggris anak-anak muda yang merayakan hari valentine justru saling bertukar koin sebagai bentuk kasih sayangnya.

3. Orang yang Pertama Kali Ditemui di Hari Valentine Adalah Jodohnya

Bangsa Eropa dan Amerika faktanya sudah ribuan tahun menggelar pesta khusus untuk memperingati hari Valentine. Uniknya pada abad pertengahan lalu, ada sebuah kepercayaan yang diyakini oleh anak-anak muda pada perayaan hari Valentine.

Kabarnya untuk mereka yang masih jomblo, siapa saja yang ia temui untuk pertama kali di hari Valentine maka itulah jodohnya. Tapi tentu saja kalau orang itu bukan keluarga atau sesama jenisnya.

4. Menyimpan Daun Salam dan Makan Telur Rebus

Faktanya bukan hanya masyarakat tanah air yang dikelilingi hal-hal aneh, tapi orang-orang Eropa dan Amerika ribuan tahun lalu juga penuh dengan hal seperti itu. Termasuk perayaan Valentine.

Dulu sekitar tahun 1700-an di Inggris, para gadis akan menuliskan beberapa nama pria pada sebuah kertas lalu dibungkus dengan tanah liat. Lalu mereka akan menjatuhkannya ke dalam air. Barang siapa yang namanya muncul pertama kali setelah tanah liatnya membuka dan kertasnya mengapung ke atas air maka dengan itulah dia akan menikah. Apalagi kalau malamnya mereka menyimpan empat lembar daun salam di bawah bantalnya sebelum tidur, dan memakan sebutir telur rebus. Lalu malamnya ia memimpikan pria tersebut maka ia akan langsung dinikahkan. Aneh kan?

5. Menebak Jodoh Lewat Burung

Ada banyak hal-hal aneh yang ternyata dipercaya sejak dulu tentang hari valentine. Selain memakan makanan khusus sebelum tidur, dulu orang-orang Eropa juga sangat percaya perihal perjodohan yang datang lewan ramalan burung.

Sekitar tahun 1700-an lalu, barang siapa yang di hari valentine melihat burung gagak maka nantinya ia akan menikah dengan orang biasa tapi pernikahannya sangat bahagia. Sementara kalau ia melihat burung gereja dia akan menikahi seorang pelaut, dan kalau dia melihat burung goldfinch maka dia akan menikah dengan anak bangsawan.

6. Remaja Wanita Di Jerman Menanam Bawang di Hari Valentine

Beda di Inggris, beda pula di Jerman. Pada abad ke 17 sampai 18 lalu, wanita-wanita di Jerman punya ritual khusus di hari Valentine. Kabarnya mereka akan menanam bibit bawang di sebuah beberapa pot sambil menuliskan beberapa nama pria di sebuah kertas. Anehnya, mereka percaya barang siapa namanya paling dekat dengan bawang yang pertama kali tumbuh maka itulah jodohnya.

7. Makan Makanan Aneh Demi Memimpikan Suami Tercinta

Pada abad pertengahan, wanita-wanita di Roma yang suaminya pergi berperang ternyata punya tradisi tersendiri untuk merayakan hari valentine. Mereka akan memakan-makanan aneh yang dicampur dengan beberapa rempah-rempah, tiga hari sebelum hari Valentine. Makanan tersebut dipercaya akan membuatnya memimpikan suaminya begitu juga sebaliknya.

8. Richard Cadbury Orang yang Pertama Kali Memberikan Coklat saat Valentine

Kamu pastinya tahu kalau coklat adalah salah satu kado yang paling identik dengan hari valentine bukan? Tapi kamu tahu tidak siapa yang pertama kali melakukannya? Dalam sejarah valentine ternyata dia adalah Richard Cadbury adalah orang pertama memperkenalkan coklat sebagai kado Valentine pada tahun 1868, dan kado itu ia berikan untuk istrinya Elizabeth. Richard sendiri tercatat adalah anak kedua John Cadbury yang merupakan pendiri Cadbury’s Cocoa and Chocolate Company.

9. Surat Cinta Pertama di Hari Valentine Terjadi pada Tahun 1415

Hari Valentine memang sudah mulai dirayakan sejak era kepemimpinan Romawi Kuno yang akhirnya menjadi perayaan dunia. Tapi tahukah kamu siapa orang yang pertama kali mengirim surat di hari Valentine? Dalah sejarah Valentine tercatat orang yang pertama kali mengirim surat di hari Valentine adalah Charles of Orlenas. Dia mengirim surat kepada istrinya tercinta dari penjara Tower of London pasca pertempuran Agincourt.

10. Tahun 1400-an Perancis Mendirikan Pengadilan Tinggi Cinta

Paris, Perancis selalu dikenal sebagai kota romantis yang penuh cinta. Tapi siapa sangka image tersebut ternyata juga tidak terlepas dari budaya Valentine. Tahun 1400-an Pengadilan Tinggi Cinta atau yang dikenal dengan nama Courtly Love pertama kali didirikan yang sekaligus menjadi perayaan resmi hari Valentine untuk yang pertama kalinya di Perancis. Uniknya pengadilan yang terdiri dari 30 hakim wanita tersebut bertugas untuk membela hak wanita dari kekerasan dan penghianatan. Namun hukumannya menggunakan kontrak cinta. Ya namanya juga pengadilan cinta.

11. Asal Usul Mawar Merah di Hari Valentine

Bunga mawar merah juga merupakan kado yang paling identik di hari valentine. Tapi tahukah kamu kenapa mawar merah identik dengan valentine? Faktanya hal tersebut juga tidak terlepas dari keyakinan masyarakat Romawi Kuno, mawar merah dipercaya sebagai bunga favorit bagi dewi Venus yang merupakan dewi Cinta karena mawar merah melambangkan perasaan yang kuat seperti rasa cinta.

12. Di Amerika 186 Juta Mawar Terjual di Hari Valentine

Amerika adalah salah satu Negara yang seluruh masyarakatnya menggelar Valentine. Di hari Valentine tersebut para pedagang bunga mawar pun ikut kecipratan bahagia, apalagi kalau bukan bunganya yang laku keras. Di Amerika setiap tahunnya, sekitar 186 juta bunga mawar habis terjual, tapi biasanya bersamaan dengan kondom yang laris manis.

13. 74 Persen Pria dan 26 Persen Wanita Membeli Bunga Mawar saat Valentine

Hasil survei salah satu media internasional, tahun 2016 lalu merilis data kalau ternyata faktanya, sekitar 74 persen pria dan 26 persen wanita di seluruh dunia akan membeli bunga mawar di hari Valentine.

Anehnya dari presentase tersebut ternyata tidak semua pria dan wanita membeli bunga mawar untuk pasangannya, ada yang membeli bunga mawar untuk keluarga tapi ada pula yang membeli untuk dirinya sendiri. Mungkin dari data itu kamu yang masih jomblo sudah termasuk.

14. Beda Warna Mawarnya Beda Pula Artinya

Seiring waktu orang-orang mulai mencari variasi untuk memilih kado valentine. Bukan hanya mengganti mawar jadi coklat tapi mengganti mawar merah jadi mawar yang warnanya berbeda atau memberikan bunga lain seperti anyelir.

Kalau kamu mau kasih bunga ke si dia kamu juga bisa melakukan itu, tapi pastikan kamu tidak salah pilih. Karena beda warna beda pula artinya. Mawar merah berarti cinta, mawar kuning berarti persahabatan dan mawar pink berarti persahabatan dan cinta. Sedangkan untuk bunga anyelir, warna merah berarti kagum, putih berarti cinta yang murni. Kamu bis pilih sesuai pada siapa akan kamu berikan asal jangan bunga bangkai ya.

15. Arti Simbol Hati di Hari Valentine

Hati adalah simbol yang tidak terpisahkan dengan rasa cinta dan hari valentine. Simbol ini ternyata juga punya arti. Hati dan warna merah selalu ada di hari valentine karena bangsa romawi kuno dulu percaya kalau jiwa murni seseorang ada di dalam hatinya. Sedangkan warna merah dianggap sebagai warna yang paling romantis.

16. Asal Usul Simbol Pita di Hari Valentine

Sekitar abad pertengahan dulu, ternyata pita juga sempat jadi simbol hari Valentine. Dimana dulu orang-orang akan menggunakan pita di pergelangan tangannya. Hal tersebut ternyata berawal dari era Romawi Kuno. Para ksatria akan menggunakan pita saat bertanding di turnamen, dan pita tersebut diberi dan di pakaikan oleh kekasih atau istrinya.

17. Lebih dari 40 Juta Coklat Berbentuk Hati Terjual di Hari Valentine

Tidak terbantahkan kalau hari valentine selalu menjadi hari kasih sayang bagi semua orang. Selain mawar yang laku keras, coklat berbentuk love juga laris manis. Bahkan faktanya tercatat lebih dari 40 juta coklat laku terjual di hari valentine. Kamu mau? Kirimin alamat kamu nanti kita share kalau kamu juga butuh, hehehe.

18. Lebih dari 650 Juta Kartu Valentine Dikirim Ke Seluruh Dunia

Percaya atau tidak, di seluruh dunia setiap perayaan hari valentine setidaknya ada 650 juta kartu valentine yang dikirim ke berbagai penjuru dunia. Bukan hanya orang dewasa tapi juga anak-anak.

19. Di Abad Pertengahan Kado Paling Populer saat Valentine Adalah Sendok Kayu

Mawar, coklat atau kartu valentine adalah kado yang paling banyak dipilih saat valentine. Bedanya, di abad pertengahan dulu ternyata mawar, coklat atau kartu valentine justru tidak dipilih. Bukan karena keterbatasan biaya atau karena memang belum ada, tapi orang-orang di abad pertengahan dulu lebih memilih sendok kayu yang berukiran gembok dan kunci. Jangan salah meski sederhana kado seperti itu punya arti yang dalam, ukiran gembok dan kunci berarti “kau telah membuka hatiku”.

20. Kehidupan Miris Orang yang Masih Jomblo

Beberapa hari kedepan orang-orang akan ikut merayakan hari valentine. Ada banyak kegiatan yang biasanya dilakukan, entah itu berkencan dengan pasangan, nonton film romantis atau bertukar kado. Tapi faktanya mereka yang masih jomblo hanya bisa meratapi kebahagiaan orang lain, sambil membaca tulisan ini dengan senyuman “penuh makna”.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "20 Fakta Valentine yang Belum Pernah Kamu Tahu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel