Widget HTML Atas

Mulai Sekarang, Anda Harus Membangun Email List

Ketika saya mulai serius ngeblog di akhir tahun 2011, sekitar bulan November saya mendengar tentang email marketing. Dan betapa pentingnya membangun email list.


Mulai Sekarang, Anda Harus Membangun Email List

Rasanya saya benar-benar banyak tertinggal, ketika blogger-blogger populer mengirim penawaran/promosi produk atau afiliasinya melalui email kepada ribuan orang sekaligus. Tetapi saya belum mulai membangunnya.

Belajar dari pengalaman, ketika saya mulai ngeblog di sini saya mulai membangun list, dan berencana melakukan email marketing sebagai salah satu strategi pemasaran dan traffic.

Membangun email list, teman, merupakan hal penting yang harus Anda lakukan. Karena Anda tidak ingin kehilangan orang yang pernah datang ke blog Anda. Dengan kata lain, Anda ingin tetap bisa mengontak mereka. Baik untuk datang kembali atau pun melakukan penawaran produk.

Anda mungkin mendengar ungkapan terkenal ini; the money is in the list.


Sebenarnya Apa itu Email Marketing..?

Email marketing hanya praktek membangun daftar (list) email. Sehingga Anda bisa tetap berhubungan dengan mereka. (Saya tidak bisa mencari kalimat lain, jadi saya katakan ungkapan ini lagi)

Ya, tidak ada yang istimewa.

Anda membuat form kepada pengunjung Anda agar Anda mendapatkan email mereka. Sebagai gantinya Anda memberi mereka ebook, kursus, plugin, theme WordPress, dll.

Jadi Anda tidak melakukan spam. Karena mereka dengan sukarela berlangganan. Mereka juga mempunyai kebebasan untuk tetap berlangganan atau tidak.


6 Manfaat Menggunakan Email Marketing

Jadi, berikut gambaran manfaat yang bisa Anda nikmati ketika membangun list dan melakukan praktek email marketing.

Sebenarnya, banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari email marketing. Tetapi 6 poin di bawah adalah yang saya rasakan.

1. Kontrol

Manfaat pertama adalah kontrol penuh. Ya, Feedburner juga memungkinkan Anda mengirimkan pesan ke pengunjung Anda. Tetapi Feedburner hanya memungkinkan mengirim posting blog.

Dengan list, Anda dapat mengirim email kapan pun yang Anda inginkan, dan Anda memiliki control penuh mau seperti apa pesan yang dikirim.

2. Kecepatan

Jika Anda sedang meluncurkan produk, atau jika Anda ingin melakukan penawaran produk dimana Anda menjadi affiliate-nya, Anda dapat mengirimkan pemberitahuan ke kotak masuk mereka hanya dalam beberapa menit saja.

3. Otomatis

Salah satu manfaat terbesar yang saya rasakan ketika mulai melakukan email marketing adalah autoresponder, yang bisa mengirim pesan kepada pelanggan Anda.

Anda bisa menyettingnya sesuka hati Anda. Misalnya ketika ada pembaca mulai berlangganan, dia akan langsung mendapatkan eBook gratis. 2 hari setelahnya, dia mendapatkan email otomatis dari Anda , 3 hari sesudahnya juga, 4 hari setelahnya, dan seterusnya.

Dan Anda tinggal mengatur apa isi autoresponder tersebut.

4. Tracking

Bila Anda sudah memiliki list, dan Anda menggunakan penyedia Newsletter bagus, Anda dapat melihat berapa banyak yang membuka email, berapa email yang masuk spam, dll. (sekarang ini penyedia email sebagian besar telah mempunyai fasilitas ini).

Di Indonesia sendiri, profitsender memiliki fitur tersebut.

Itu akan memberi Anda data yang berharga! Jenis judul apa yang disukai pembaca, link yang mereka klik, yang bisa dijadikan data pembanding Google Analytics.

5. Biaya

Ya, untuk menggunakan email marketing dan membangun list, Anda akan mengeluarkan sejumlah uang.

Tetapi jika itu dibandingkan dengan biaya iklan, email marketing cenderung lebih murah. Saya tahu, Anda mungkin memiliki keberatan ketika mengeluarkan uang lagi untuk blogging.

Tetapi menurut prinsip investasi, ini malah menguntungkan.

6. Hubungan Jangka Panjang

Ketika pengunjung blog Anda masuk dalam list Anda, dan Anda terus melakukan edukasi kepada mereka. Secara perlahan mereka akan mulai percaya kepada Anda.

Dengan email marketing, pemasaran Anda lebih personal. Karena pesan Anda langsung masuk ke kotak masuk mereka. Anda bisa berkata layaknya teman, seperti;

Halo, Budi (Anda bisa menyebut nama mereka! keren)


Kapan Waktu Terbaik untuk Membangun List?

Anda harus memiliki form email list, ketika Anda mulai ngeblog.

Jika Anda sudah punya, sekarang saatnya untuk memikirkan bonus yang akan didapatkan ketika mereka masuk dalam list.

Dan informasi ini tidak akan berguna, kecuali jika Anda menerapkannya. Anda bisa melihat contoh form email list di sini.

Dan Anda bisa mulai menggunakan profitsender seperti saya.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan via Email