Cara Mengetahui Attribut dari Suatu Backlink (nofollow atau dofollow)

Link, atau dalam bahasa Indonesia yang baku disebut pranala, merupakan suatu penghubung antara satu halaman web ke halaman web yang lain. Attribut (baca=relation) dari suatu link ada banyak macamnya, salah satunya adalah “nofollow“.

Cara Mengetahui Attribut dari Suatu Backlink (nofollow atau dofollow)

Saya sudah menuliskan secara panjang lebar penjelasan tentang link beratribut nofollow, baik dari definisinya, cara penulisannya, manfaatnya, serta cara menghilangkannya dari kolom komentar. Artikel tersebut saya tulis di Attribut nofollow, Manfaat, Serta Cara Menghilangkannya dari WordPress. Silahkan ditelusuri.

Secara singkat, attribut nofollow mulai diperkenalkan oleh google pada tahun 2005 untuk mencegah para spammers mendapatkan ranking (credit) dari google. Link yang berattribut nofollow tidak akan mendapatkan aliran pagerank dari halaman yang memasang link tersebut. Oleh karena itulah attribut nofollow salah satunya bermanfaat untuk menjaga agar nilai pagerank tidak turun.

Cara Memeriksa Link berattribut nofollow

Salah satu cara mudah mengetahui attribut dari suatu link adalah menggunakan element properties pada browser mozilla firefox. Caranya adalah klik kanan pada link yang hendak kita lihat attributnya, kemudian klik Properties pada context menunya.

Cara kedua adalah dengan melihat sumber (source) kode dari link yang akan kita periksa. Cara ini lebih rumit, karena kita harus mencari kode HTML link tersebut diantara kode-kode lain yang ada. Caranya adalah klik kanan pada halaman yang akan kita periksa, kemudian pilih View page source (pada firefox) atau View source (pada Internet Explorer). Carilah kode HTML dari link yang akan kita periksa, kemudian lihatlah dalam kode tersebut apakah ada attribut nofollow atau tidak.

CONTOH KODE HTML SEDERHANA LINK BERATTRIBUT NOFOLLOW:
<a href="https://www.why-com.com/" rel="nofollow">About</a>atau

<a href="https://www.why-com.com/" rel="external nofollow">About</a>atau

<a href="https://www.why-com.com/" class="url external nofollow">About</a>

Adakah attribut dofollow? Bagaimana cara mengetahuinya?


Cara Mengetahui Attribut dari Suatu Backlink (nofollow atau dofollow)

Gambar di atas adalah contoh context menu properties pada suatu link. Terlihat bahwa attribut (Relation) dari link tersebut adalah dofollow.

Dofollow adalah kebalikan dari nofollow, yakni link yang attribut nofollow-nya telah dihapus. Contohnya adalah:
<a href="https://www.why-com.com/" >About</a><a href="https://www.why-com.com/" rel="external">About</a><a href="https://www.why-com.com/" class="url external">About</a>
Jadi kesimpulannya tidak ada attribut resmi bernama “dofollow“, karena link dofollow adalah link yang tidak mempunyai attribut “nofollow”

FYI, ada beberapa blogger yang menerapkan attribut “nofollow” di blogroll mereka dengan maksud agar PR (pagerank) mereka tidak turun, dan cara di atas mungkin bermanfaat bagi anda yang ingin memeriksanya. Selamat mencoba.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel