Widget HTML Atas

Bagaimana Cara Menginstall WordPress dan Mulai Ngeblog

WordPress itu gratis. Maksud saya wordpress.org, sebuah Content Management System yang sangat saya suka. Dengan menginstall WordPress, saya bisa memiliki blog dengan nama domain sendiri.

Dan saya pikir banyak blogger yang memilih WordPress. Karena saya sering mendengar bahwa WordPress adalah platform blog yang paling populer.

Cara Menginstall WordPress

Karena Anda ingin blog Anda bisa diakses oleh jutaan orang lain di dunia, maka WordPress harus diinstall di sebuah server web hosting.

Jika Anda tidak mau repot, saran saya Anda menggunakan Hosting *** sebagai Web Hosting Anda. Mereka menyediakan cara cepat menginstall WordPress, hanya dalam satu kali klik saja.

Anda bisa menggunakan Coupon Code sehingga harga hosting yang Anda pilih akan dikurangi sebesar 25%.

Estimasi waktu yang Anda butuhkan sampai blog Anda siap digunakan kurang lebih lima menit saja. Sama sekali tidak memerlukan kemampuan teknis. 

Jika Anda ingin menginstallnya secara manual, ikuti proses di bawah ini.

Panduan Menginstall WordPress Secara Manual

Saya bukanlah seorang programmer, dan juga bukan lulusan sekolah multimedia. Tetapi saya bisa melakukannya, hanya dengan membaca panduan singkat yang ditulis oleh blogger-blogger lain. Jadi saya pikir, Anda juga bisa melakukannya.

A. Download WordPress-nya Dulu

Klik disini untuk mengunduh software-nya. Dan download file tersebut. Simpanlah di komputer atau laptop Anda. Ingat tempat Anda menyimpan file tersebut.

B. Ekstrak Arsip

Setelah selesai proses downloadnya, sekarang klik kanan file tersebut kemudian pilih ekstrak here. Tetap ingat lokasi file tersebut di komputer Anda. Sekarang kita harus pindah ke akun hosting Anda.

C. Membuat Database MySQL

Sekarang saatnya Anda masuk ke Cpanel blog Anda, dan membuat database. Untuk mengakses Cpanel, Anda bisa mengetikkan NamaDomainAnda.com/cpanel. Kemudian masukkan username dan password Anda.

Kemudian cari tab Database, dan klik [MySQL Database Wizard]

Bagaimana Menginstall WordPress dan Mulai Ngeblog

Setelah proses loading selesai, silakan membuat nama database Anda, username dan password. Pastikan Anda mencatatnya, karena informasi tersebut dibutuhkan nanti.

D. Membuat File Wp-config.php

Cari file WordPress yang Anda ekstrak tadi di langkah B. Kemudian cari file [wp-config-sample.php]. File ini harus kita edit. Jadi klik kanan file tersebut, kemudian pilih opsi edit.

Cari kode [database_name_here], [username_here], dan [password_here] kemudian ganti dengan nama database yang Anda buat di langkah C.

Secara lengkap kode yang tampil kurang lebih seperti ini:

/** The name of the database for WordPress */define(‘DB_NAME’, ‘database_name_here’);/** MySQL database username */define(‘DB_USER’, ‘username_here’);/** MySQL database password */define(‘DB_PASSWORD’, ‘password_here’);/** MySQL hostname */define(‘DB_HOST’, ‘localhost’);

Setelah diubah, sekarang Anda harus menyimpannya dengan nama wp-config.php. Langkah selanjutnya, kita tinggal menguploadnya ke web hosting.

E. Upload Menggunakan FilleZilla

Untuk mengopload file WordPress yang telah kita edit tadi, kita bisa menggunakan software FTP. Saya menyarankan Anda mendownload FileZilla. Kemudian install di komputer Anda. Kedepannya, FilleZilla kita butuhkan untuk mengupload theme WordPress dll.

Bagaimana Menginstall WordPress dan Mulai Ngeblog

Di bagian tab bagian atas, silakan isi informasi Anda.

1. Host Name: Menurut pengalaman saya, ini harus diisis ftp.NamadomainAnda.com

2. Username: di kolom ini isi dengan nama username Anda. Sama dengan username yang Anda gunakan ketika masuk ke Cpanel.

3. Password: sudah jelas saya kira. Ini pasti lah harus Anda isi dengan password Anda.

Klik quickconnect. Kemudian arahkan (klik) ke [public_html]. Silakan lihat ke kolom kiri dan cari file WordPress Anda tadi, lalu klik kanan lalu [Upload].

F. Akses Domain Anda (Jalankan Skrip Instalasi)

Langkah terakhir! Kita tinggal menjalankan skrip instalasi. Bisa kita jalankan di www.NamaDomainAnda.com, karena kita tadi mengupload file-nya di [public_html].

Ikuti prosedur yang diperlukan. Biasanya hanya disuruh mengisi nama situs/blog ANda, informasi login, dan alamat domain Anda.

Selesai. Tapi apakah Anda mengalami kesulitan?
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan via Email