Alasan Seorang Narablog Menutup Kolom Komentarnya

Dahulu pernah dibahas tentang narablog yang menutup blognya karena beberapa alasan. Kali ini akan dibahas beberapa alasan seorang narablog menutup kolom komentarnya.


Alasan Seorang Narablog Menutup Kolom Komentarnya


Alasan narablog menutup kolom komentar

Menurut opini saya selaku narablog, beberapa motif atau alasan seorang narablog menutup kolom komentar di blognya, antara lain:


1. Menghindari spam


Spam, baik dari kalangan mesin atau manusia memang sangat mengganggu. Mereka selalu menyerang kolom komentar untuk mencari perhatian saja, tanpa adanya timbal balik kepada penulis artikel postingan. Menurut saya, menutup kolom komentar merupakan cara yang paling efektif dan efisien untuk menghindari komentar spam ini.


2. Terlalu sibuk untuk menanggapi komentar yang masuk


Kesibukan memang dapat melalaikan seseorang untuk menanggapi/membalas komentar yang masuk. Memang tidak setiap komentar perlu dibalas, namun komentar yang berisi pertanyaan, masukan, atau koreksi terhadap topik yang sedang dibahas sangat dianjurkan untuk ditanggapi. Salah satu jalan untuk tidak perlu membalas komentar adalah dengan menutup kolom komentar.


3. Menghindari kesalahpahaman


Beberapa tulisan di blog ini sengaja saya tutup kolom komentarnya. Hal itu disebabkan karena beberapa narablog terlihat “salah paham” dengan apa yang saya tulis. Menutup kolom komentar merupakan jalan terbaik saat ini, karena saya juga tidak mempunyai waktu lebih untuk meluruskan satu persatu tanggapan “salah paham” tersebut.


4. Tulisan saya tidak penting, dan tidak perlu ditanggapi

Beberapa narablog mungkin menganggap kalau tulisan mereka “tidak penting”, oleh karenanya mereka merasa tidak perlu menyediakan kolom komentar agar pengunjung tidak perlu bersusah-susah untuk menuliskan satu/dua baris komentarnya hanya untuk menanggapi tulisan “tidak penting” tersebut.


5. Otomatis tertutup karena telah disetel waktu kadaluarsanya

Pada beberapa mesin blog seperti WordPress dan Texpattern, admin dapat menyetel kapan kolom komentar akan tertutup dengan sendirinya. Biasanya admin menyetel penutupan kolom komentar untuk menghindari serangan spam, atau karena ia terlalu malas membalas komentar pada posting yang telah lama.

Bila anda termasuk salah satu narablog yang menutup kolom komentar, mungkin anda mempunyai pandangan yang sama dengan apa yang saya sebutkan. Atau anda memiliki alasan lain selain yang disebutkan di atas?
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel