12 Tips Menggunakan Twitter Secara Aman, Baik dan Benar

Berikut ini akan dipaparkan tips-tips menggunakan twitter sebagai jejaring sosial secara baik dan benar. Bila anda mematuhinya, maka kecil kemungkinan Anda akan mendapat masalah baik dari ancaman peretas, maupun ancaman sosial lainnya.

12 Tips Menggunakan Twitter Secara Aman, Baik dan Benar

Tips ini bukan saya yang mengarangnya, namun saya ketik ulang dari artikel kupaskomputer.com yang berjudul 10 Tips Menggunakan Twitter Dengan Baik dan Benar. Berikut tips-tips tersebut:

JANGAN BAGIKAN INFORMASI YANG BERSIFAT PRIBADI

Sekedar saran yang sangat ditekankan kepada setiap pengguna, untuk tidak sembarangan membagikan alamat email, alamat rumah, kantor, nomor telepon, apalagi sampai membagikan password email. Sangat berbahaya!

Menurut saya pribadi, sah-sah saja anda membagikan itu semua kepada publik dengan syarat anda percaya kepada mereka. Ya, saya percaya mereka semua, namun saya tidak percaya kepada iblis-iblis dalam hati mereka.

JANGAN AKTIFKAN FITUR GEOTAGGING PADA TWITTER

Fitur geotagging dapat memberitahukan posisi anda ketika mempublikasikan status. Bila ada orang yang memata-matai anda melalui twitter, orang tersebut dapat dengan mudah mengetahui keberadaan anda. Fitur geotagging memang berguna untuk keluarga atau kolega kita, namun jelas sangat berbahaya bila dimanfaatkan oleh calon maling rumah anda.

HATI-HATI TERHADAP SETIAP APLIKASI WEB YANG HENDAK DIGUNAKAN

Hindarilah aplikasi berbasis web yang meminta anda memasukkan username dan password akun twitter anda. Aplkasi yang baik (baca: aman) tidak akan meminta anda memasukkan username atau password, melainkan menggunakan Twitter OAuth.

Selain itu, secara teratur tinjau aplikasi yang Anda gunakan di Twitter melalui halaman “Twitter → Settings → Application”. Hapus semua aplikasi yang menurut Anda tidak akan lagi Anda gunakan.

UBAH PASSWORD SECARA TERATUR

Ubahlah password akun twitter anda secara teratur menggunakan kombinasi yang rumit (huruf kapital, huruf biasa, angka, dan simbol), guna mencegah para peretas menembus akun anda, dan menggunakannya untuk kegiatan yang tidak bertanggung jawab. Pengubahan password bisa dilakukan beberapa minggu sekali bila perlu.

JANGAN ASAL KLIK PADA URL YANG PENDEK (SHORT URL)

Jangan asal meng-klik alamat URL pendek yang dibagikan oleh seseorang. Short URL sering digunakan untuk menyembunyikan alamat web yang tidak aman. Meng-klik dan mengunjungi website yang tidak aman menyebabkan bahaya malware, situs phising, dan lain sebagainya.

Pratinjau dulu Short URL tersebut dengan menggunakan alat bantu. Jika Anda menggunakan Tweetdeck, aktifkan pilihan “Show Preview Information for Short URL“. Jika Anda menggunakan Firefox, maka gunakan add-on seperti Long URL Mobile Expander atau DeTiny URL Expander. Semua pilihan ini membantu Anda mengetahui isi link sebelum membuka halaman web dengan pratinjau.

KONFIRMASI BILA ADA PESAN YANG MASUK

Bila ada seorang teman anda mengirimkan sebuah pesan (Direct Message – DM) dengan sebuah tautan (alamat URL) di dalamnya, maka sebaiknya anda mengkonfirmasinya kepada teman anda tersebut. Konfirmasi itu dilakukan sebagai upaya pencegahan anda mengklik tautan yang kemungkinan berisi software jahat.

Biasanya akun teman anda sudah berhasil diserang oleh peretas, dan dimanfaatkan untuk menyebar short URL yang berisikan malware ataupun website jahat lainnya. Oleh karena itu sungguh bijak bila kita mengkonfirmasinya terlebih dahulu kepada teman kita.

PISAHKAN AKUN PRIBADI DENGAN AKUN BISNIS

Nah, oleh penulis aslinya, disebutkan bahwa anda sebaiknya memisahkan akun pribadi dan akun bisnis. Jika anda membuat akun Twitter untuk keperluan pribadi, sebaiknya ubah setting anda menjadi akun yang terlindungi (protected). Pada setting profil, anda bisa mencentang pilihan “Protect My Tweet“. Dengan ini, tweet anda hanya bisa dibaca oleh orang-orang yang anda izinkan mengikuti anda.

Jika anda ingin membuat akun yang ingin dibaca oleh umum, seperti akun untuk promosi produk, akun anonim, atau akun perusahaan, sebaiknya pilihan ini (protect my tweet) tidak dipilih.

Namun, saran ini sungguh tak nyaman bagi saya. Jangankan membuat dua akun (pribadi dan bisnis), akun pribadi saja tidak terurus. Lha piye iki dab? Lebih baik memang diserahkan ke individu masing-masing. Mau diproteksi ya monggoh, mau dipublik juga monggoh. Lha itu kan hak sampeyan.

BUMI HANGUSKAN PARA SPAMMER

Bila anda mendapat mention atau direct message dari akun twitter yang tidak Anda kenal dan isinya tidak berhubungan dengan tweet-tweet Anda, sebaiknya Anda langsung mem-blok akun tersebut. Kemungkinan besar akun-akun tersebut adalah para spammer. Apakah anda tahu apa itu spammer? Silakan dibuka-buka lagi arsip tulisan di blog yang ga jelas ini. Lihat halaman arsip, lalu cari, kalau ketemu dibaca, dan dipahami isinya. Jangan nanya mulu ah, capek jawabnya.

Lantas, bagaimana cara membumi-hanguskan para spammer? Apakah cukup dengan memblokir akun tersebut? Oh tentu saja tidak. Bila anda menggunakan twitter melalui web, maka akan ada opsi atau pilihan “blokir akun sebagai spam” tanpa harus membuka akun yang dimaksud. Jika membuka dari dari aplikasi mobile, biasanya anda harus membuka profil akun tersebut lalu bisa meng-klik pilihan “block as spam“. Cukup mudah kan?

BATASI PENGGUNAAN AKUN TWITTER SECARA BERLEBIHAN

Twitter ternyata memiliki batasan-batasan unik, yaitu anda hanya punya batas mengirim maksimal 1000 tweet dan 250 DM setiap hari. Melakukan “unfollow” ratusan akun dalam sehari bisa membuat akun Anda terblokir sementara. Jika Anda menggunakan akun secara berlebihan, akun Anda akan terblokir sementara karena dianggap spam. Repot kan? Kita yang harusnya memberantas dan membumi-hanguskan spam, eh malah dianggap sebagai spam.

Untuk mencegahnya, maka abaikan tawaran yang menjanjikan Anda bisa memiliki ratusan follower (pengikut) dalam waktu singkat. Anda juga harus tahu bahwa anda hanya bisa mengikuti 2000 akun saja, sebelum bisa menambah jumlah “following“, jika jumlah pengikut anda jumlahnya tidak seimbang dengan yang anda ikuti.

JANGAN MEMBUAT AKUN PALSU

Usahakan jangan membuat akun palsu yang mengatasnamakan orang tertentu (biasanya publik figur), karena anda akan mendapat masalah di kemudian hari bila orang tersebut memperkarakan anda ke meja hijau disebabkan pemalsuan tersebut.

Sebaiknya gunakan nama asli anda di twitter. Pun bila anda tak mau dikenal, sebaiknya pilihlah nama yang bukan publik figur.

GUNAKAN ANTIVIRUS ATAU FIREWALL

Tak ada keamanan yang sempurna di dunia ini sampai kapanpun. Namun sebaiknya kita mengupayakannya, salah satunya dengan perlindungan antivirus dan firewall di perangkat yang kita gunakan, baik itu PC maupun Ponsel/tablet. Antivirus dan firewall, keduanya akan lebih melindungi akun anda dari spam ataupun virus berbahaya yang mungkin menyusup melalui link dari DM atau short URL.

Bagi yang belum tahu apa antivirus terbaik untuk perangkat anda, silakan tanya mas Cahya Legawa. Tentunya beliau lebih pakar ketimbang saya, karena sering mengulas informasi seputar antivirus di blognya.

SILAKAN DIKARANG SENDIRI

Tips-tips di atas sangat disarankan untuk dilakukan, agar Anda dapat menggunakan twitter secara aman dan damai. Dan tak terasa, saya baru menyadari, bahwa ternyata saya tidak copy paste (walaupun niat awalnya ingin copy paste) artikel di atas, namun saya ketik ulang dan merombak susunan kata dan kalimatnya, sebagai perbaikan agar kemalasan saya tidak semakin menjadi ke depannya. Selamat malam semuanya….
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel