Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Langkah Perawatan Rumah (Home Treatment) Flu Singapore

Hand Foot Mouth Disease (HFMD) atau Penyakit Kaki Tangan Mulut (PKTM) atau yang lebih dikenal dengan Flu Singapore adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus yang masuk dalam genus Enterovirus yang terdiri dari virus Coxsackie A, virus Coxsackie B, Echovirus dan Enterovirus. HFMD kerap menyerang anak-anak, terutama balita karena sistem daya tahan tubuhnya yang belum berkembang dengan baik sehingga sangat rentan terhadap virus. Biasanya virus yang menyerang adalah jenis Coxsackie A, yang termasuk penyakit ringan atau self-limiting atau dapat sembuh dengan sendirinya dengan bantuan sistem imun yang baik atau tanpa obat-obatan kimia dan dapat disembuhkan dengan cara yang alami.


10 Langkah Perawatan Rumah (Home Treatment) Flu Singapore atau Hand Foot Mouth Disease

Gejala HFMD ditandai dengan suhu tubuh yang meningkat berkisar 38-39 derajat Celcius dan muncul bintik-bintik atau ruam pada kaki, tangan, bokong dan mulut seperti sariawan yang memenuhi mulut si kecil. Karena penyakit ini disebabkan oleh virus maka dapat terjadi berulang pada anak, masa inkubasinya 3-6 hari dan dapat sembuh dalam waktu 7-10 hari, bahkan lebih, tergantung daya tahan tubuh si anak. Penyakit ini kadang membuat panik orang tua karena terlihat seperti cacar dan terlihat mengerikan dengan bintik-bintik di mulut, kaki, pantat dan mulut yang membuat anak terlihat tersiksa. Namun kita dapat memberikan perawatan rumah atau home treatment untuk sembuh dari flu ini, karena pada dasarnya penyakit ini dapat sembuh sendiri tanpa obat, dengan catatan tanpa komplikasi seperti diare, muntah, lemah, pingsan dan komplikasi yang lain yang harus segera dibawa ke dokter.

Berikut ini adalah langkah-langkah perawatan rumah atau home treatment dalam mengatasi atau mengobati serta penanganan flu singapore secara alami.

10. Jaga kebersihan
Menjaga kebersihan anak yang terkena HFMD serta lingkungan sekitar adalah sangat penting, virus dapat menular melalui udara, air, cairan, tinja, air liur dan lainnya, biasanya sangat menular dan menyerang pada saat musim panas atau kemarau. Selama sakit anak tetap boleh mandi, walaupun banyak muncul bintik-bintik di tubuhnya, agar terhindar dari kuman dan bakteri yang berkembang biak karena keringat. Gunakan air hangat dan lakukan pelan-pelan pada saat mengeringkannya dengan handuk agar bintiknya tidak pecah. Bersihkan pula tempat tidur anak, mainan-mainannya dan alat makannya.


9. Jangan digaruk

10 Langkah Perawatan Rumah (Home Treatment) Flu Singapore atau Hand Foot Mouth Disease

Bintik-bintik atau ruam yang mucul pada tangan, kaki bahkan pantat akan menimbulkan rasa gatal. Sebaiknya jangan digaruk sehingga akan menyebabkan pecah dan akan terasa perih pada saat mandi. Untuk mengurangi rasa gatal berikan bedak salicyl atau lotion pengurang gatal. Yang perlu diperhatikan adalah penggunaan bedak dan lotin pengurang gatal jangan sampai terlalu sering dan banyak sehingga mengendap pada luka dan memperlambat proses penyembuhan.


8. Pakai kaos kaki

Pada beberapa anak, selama sakit telapak kaki terasa dingin, pakaikan kaos kaki, jaga agar kakinya tetap hangat. Pakaikan pakaian yang nyaman dan tidak teralu tebal dan panjang, sehingga sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik. Ganti jika kaos kaki dan bajunya basah oleh keringat atau air, sehingga tidak menimbulkan penyakit yang lain seperti masuk angin. Kaki dingin bisa menjadi sumber penyakit.


7. Karantina

Sementara jauhkan dahulu anak yang terkena HFMD dengan anak yang lain agar tidak menulari anak yang sehat, sebaiknya tidak ke sekolah dahulu selama 1-2 minggu atau bila sudah sembuh. Biasanya ada kebijakan sekolah untuk melarang anak yang terkena HFMD untuk masuk sekolah untuk menghindari penularan.



6. Asup makanan bergizi

Untuk menjaga kekebalan tubuh berikan anak makanan bergizi, meskipun nafsu makannya menurun atau hilang karena sariawan atau ruam yang menyebar kedalam mulut, anak harus tetap makan. Tetapi jangan dipaksakan, biasanya jika dipaksa anak akan menangis dan biasanya malah muntah. Berikan apa yang dia mau dan suka, beri makanan dengan tekstur yang lembut dan berkuah agar lebih mudah mengunyah dan menelannya. Berikan makanan yang mudah dicerna seperti puding, sereal, roti basah, bubur sumsum, soup ayam, bubur kacang hijau dan lain sebagainya.


5. Perbanyak buah dan sayur

Banyak makan buah dan sayur dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan. Jika kesulitan memakan buah utuh bisa dibuat jus. Banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi vitamin penambah daya tahan tubuh, tetapi buah dan sayur lebih baik, lebih sehat dan alami. Kita dapat mengganti vitamin atau suplemen penguat daya tahan tubuh dengan buah dan sayur yang pasti aman, alami dan murah. Sehingga kita dapat meminimalisir memberikan obat-obatan kimia kepada anak, sehingga imunitas anak terbentuk secara alami dan tidak ketergantungan dengan vitamin-vitamin yang dijual dipasaran. Dokter biasanya meresepkan antivirus untuk anak yang terkena, beberapa orang berpendapat antivirus tidak efektif meskipun aman karena virus menyerang 24 jam pertama, sehingga pemberian antivirus tidak berguna lagi. Cukup dengan perbanyak buah dan sayur untuk mengusir virus.


4. Berikan paracetamol

Jika suhu tubuh anak terus meningkat dan tidak kunjung turun cukup berikan paracetamol atau pereda panas untuk membuatnya nyaman. Hindari memberikan obat yang mengandung ibuprofen karena akan mengiritasi lambung dan membuat anak mudah muntah. Paracetamol cukup aman untuk meringankan sakit, perhatikan jumlah takarannya, jangan terlalu banyak alih-alih membuatnya cepat sembuh, memberikan takaran yang terlalu banyak malah akan overdosis. Berikan sesuai aturan atau sesuai dengan kebutuhan si anak.


3. Berikan madu

Madu sangat bermanfaat untuk kita pada saat sakit maupun sehat. Munculnya sariawan dimulut yang amat banyak sangat menyiksa si kecil, membuatnya tidak mau makan dan rewel kesakitan. Untuk meredakan sakitnya dan mengurangi bintik-bintik pada mulutnya berikan madu 1-2 sendok tiga kali sehari. Bisa juga dengan obat drop anti jamur yang diresep oleh dokter. Namun biasanya obat tersebut mengandung antibiotik, sedangkan penyakit flu singapura ini atau HFMD penyakit yang disebabkan oleh virus dan tidak bisa diobati oleh antibiotik yang notabene adalah anti bakteri. Selain mengkonsumsi madu, usahakan si kecil tetap menyikat giginya agar terhindar dari kuman, lakukan pelan-pelan agar tidak membuatnya kesakitan.


2. Perbanyak Cairan

Perbanyak cairan atau minum agar mulut tidak terasa kering dan sakit. Berikan minuman yang disukai sikecil misalnya jus buah, susu uht, minuman berenergi, air putih, teh dll. Selain itu juga untuk membantunya memenuhi kebutuhan gizinya selama sakit, melalui cairan. Jangan sampai si kecil terkena dehidrasi. Terkadang HFMD deisertai dengan batuk dan pilek, maka memperbanyak cairan dapat membantunya cepat sembuh dan mendongkrak daya tahan tubuhnya. Air juga berfungsi membantu membersihkan sistem tubuh dan menghilangkan racun-racun yang ada dalam tubuh.


1. Perbanyak istirahat

Kunci agar cepat sembuh dari HFMD adalah istirahat atau tidur. Dengan memperbanyak tidur maka akan memberikan kesempatan tubuh untuk membangun sistem imunnya dan mempercepat kesembuhan. Karena penyakit ini disebabkan oleh virus yang sebenarnya bisa sembuh sendiri jika seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Hindari aktivitas si kecil yang menguras tenaga seperti berlari-larian dan bermain yang memerlukan aktivitas fisik yang tinggi. Dampingi si kecil untuk bermain yang tidak menguras tenaga misalnya; membaca buku, memasang puzle, bermain lego dll. Sebagian anak meskipun terserang flu singapore, namun fisiknya masih kuat bermain, berlari-lari, loncat-loncat dll. Meskipun tidak dilarang tetapi bermain yang menguras tenaga akan membuatnya berkeringat dan membuatnya tidak nyaman dengan adanya bintik-bintik di tangan, kaki, mulut dan bokong. Untuk sementara perbanyak tidur agar tubuh dapat dengan maksimal merecoveri dari virus.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging