10 Cara Mengatasi Demam

Demam adalah kondisi dimana suhu tubuh diatas normal yaitu diatas 38 derajat celcius. Demam bukan penyakit, demam adalah gejala bahwa ada sesuatu yang sedang terjadi di dalam tubuh kita. Batuk, muntah, diare juga bukan penyakit, melainkan gejala. Demam sengaja dibuat oleh tubuh kita sebagai upaya membantu tubuh menyingkirkan infeksi. Pd saat terserang infeksi, maka tentunya tubuh harus membasmi infeksi tsb.

10 Cara Mengatasi Demam

Caranya? Dengan mengerahkan sistem imun. Pasukan komando untuk melawan infeksi adalah sel darah putih dan dalam melaksanakan tugasnya agar efektif dan tepat sasaran, sel darah putih tidak bisa sendirian, diperlukan dukungan banyak pihak termasuk pirogen. Pirogen adalah zat yang menyebabkan demam, jika tubuh terserang virus zat pirogen akan bekerja dengan menimbulkan panas yang akan membunuh virus, karena virus tidak tahan dengan suhu tinggi. Apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasi demam dengan benar? Berikut daftarnya.

10. Kompres

Kompres adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meredakan demam. Gunakan air hangat untuk mengkompres, letakan di dahi atau leher atau sekitar ketiak atau seluruh tubuh, jika demamnya sangat tinggi. Jangan gunakan air dingin atau es untuk mengkompres, kompres dengan air dingin memang membuat nyaman, alih-alih membuat suhu tubuh turun, malah membuat semakin naik. Logikanya tubuh akan menaikan suhunya jika lingkungan diluar lebih dingin. Berendam dengan air hangat juga dapat menurunkan demam dan tubuh akan terasa lebih nyaman. Reseptor demam ada diseluruh tubuh, dengan berendam dalam air hangat akan melebarkan pembuluh darah dan aliran darah bertambah lancar sehingga panas dalam tubuh semakin cepat dibuang ke udara. Mengkompres dengan alkohol juga tidak dibenarkan, karena dapat menimbulkan keracunan.

9. Jangan memakai pakaian berlapis-lapis

Beberapa diantara kita masih menggunakan pakaian atau selimut berlapis pada saat demam. Demam menyebabkan badan menggigil, untuk meredakannya kita biasa menggunakan selimut agar badan terasa nyaman, namun tindakan ini justru membuat demam tidak mau pergi. Panas tubuh tidak dapat dibuang ke udara karena terhalang pakaian tebal atau selimut. Jika menggigil minta bantuan orang lain untuk memijat badan agar terasa hangat. Pakailah kaos kaki agar kaki tetap hangat, kaki yang dingin adalah sumber penyakit timbul.

8. Minum madu

Madu adalah obat alami untuk menurunkan demam. Madu asli memiliki daya antiseptik, kandungan vitamin C -nya tinggi serta anti radang dan pendarahan. Madu memiliki zat yang bekerja langsung di pusat panas. Madu juga mengandung glukosa dan fruktosa sebagai sumber energi. Saat demam kita biasanya tidak berselera untuk makan, sehingga kita kehilangan energi, madu adalah salah satu sumber quick energi, yang dapat kita gunakan untuk mengganti energi yang hilang.

7. Cek darah

Demam yang tak kunjung turun, ada baiknya untuk melakukan cek darah, apalagi jika sudah enam hari tidak menunjukkan tanda-tanda akan membaik. Mungkin terdengar agak berlebihan jika harus cek darah. Tetapi kita harus waspada dengan demam berdarah. Karena disaat musim pancaroba seperti sekarang ini, dimana hujan turun setiap hari dan banjir melanda, wabah demam berdarah dapat mengancam siapa saja. Demam mendadak perlu diwaspadai karena demam berdarah mungkin penyebabnya.

6. Makan makanan bergizi

Makan makanan bergizi pada saat demam atau sakit akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tubuh lebih siap melawan virus atau penyebab demam sehingga demam akan cepat turun. Pada saat demam nafsu makanpun hilang, tetapi jangan sampai tidak makan, karena jalan menuju sembuh salah satunya mengasup makanan bergizi. Pilihlah makanan yang gampang dicerna seperti bubur, sup atau makanan kesukaan kita.

5. Banyak makan buah

Banyak makan buah adalah salah satu cara menurunkan demam, pilihlah buah yang banyak mengandung air seperti jeruk, apel, pir, semangka, melon, belimbing, dll. Buah mengandung banyak vitamin dan gizi yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mempercepat penyembuhan. Jika sulit menelan atau mulut terasa pahit, jus buah dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menggantikan cairan yang hilang.

4. Pergi ke dokter

Jika demam tak kunjung turun segera periksakan ke dokter dan cari penyebabnya. Biasanya dokter akan menanyakan riwayat kesehatan anda, usahakan jawablah dengan tepat agar dokter dapat mengambil tindakan yang tepat. Jangan ragu pula menanyakan obat yang akan diresepkan kepada anda, ajukan keberatan jika anda menghindari suatu obat tertentu, misalnya antibiotik. Banyak yang menganggap antibiotik adalah obat dewa, dapat dengan cepat menyembuhkan  penyakit. Karena demam tidak semua demam akan sembuh dengan antibiotik, pemberian antibiotik yang irasional akan memberikan dampak buruk untuk kesehatan anda. Antibiotik hanya mengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri, jadi kenali penyebab demam anda dahulu baru kemudian mengkonsumsi obat yang tepat.

3. Minum obat penurun panas

Pemberian obat penurun panas tujuannya bukan menurunkan panas atau menyembuhkan penyakit melainkan memberi rasa nyaman dan mengurangi rasa sakit, serta sedikit menormalkan suhu tubuh. Pilihlah obat penurun panas yang paling aman seperti parasetamol, dan gunakan sesuai dengan aturan. Parasetamol adalah obat penurun panas yang paling aman dengan dosis yang tidak berlebihan. Sedangkan ibuprofen dan aspirin tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan pendarahan pada lambung. Mengkonsumsi obat penurun panas yang tidak rasional tidak akan mempercepat turunnya demam, malah dapat menimbulkan efek yang tidak baik bagi organ tubuh yang lain seperti ginjal.

2. Banyak tidur/istirahat

Banyak tidur dan istirahat adalah kunci agar demam cepat turun. Dengan beristirahat atau tidur kita memberikan kesempatan kepada tubuh untuk membangun antibodinya dan melawan virus dengan efisien. Terkadang demam membuat kita sulit tidur, usahakanlah untuk mengistirahatkan badan dan tidur dengan baik, ciptakan suasana rumah yang tenang, agar dapat istirahat dengan tenang. Kurangi aktifitas untuk mempercepat penyembuhan dan tinggalkan sejenak pekerjaan agar cepat sembuh. Meskipun olahraga baik untuk kesehatan, namun berolahraga disaat demam bukanlah pilihan yang baik, simpan energi anda untuk melawan virus serta menghindari dehidrasi.

1. Banyak minum

Banyak minum adalah obat mujarab mengatasi demam, saat demam tubuh kita akan menjadi dehidrasi, untuk mengganti cairan tubuh yang hilang minumlah air putih sebanyak-banyaknya. Banyak minum berfungsi untuk menghapus racun yang dihasilkan oleh sel-sel mati yang meningkatkan kemampuan untuk melawan virus. Panas tubuh akan dikeluarkan melalui air seni atau keringat sehingga badan terasa nyaman dan panas akan turun. Asuplah semua jenis cairan seperti air putih, jus buah, susu, teh, madu, air kelapa hijau, kuah soup juga merupakan cairan yang berkontribusi mempercepat menurunkan demam.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel