Tips Email Marketing untuk Toko Online

Email marketing adalah jalan yang bagus untuk menjalin relasi dengan kustomer Anda dan meningkatkan tingkat konversi. Tetapi tidak semua pesan di email marketing akan memiliki tingkat konversi yang sama.

Tips Email Marketing untuk Toko Online

Untuk memudahkan pemiliki toko online melakukan aksi email marketing dan meningkatkan besar konversinya, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan di toko online Anda sekarang juga.


Kirim Satu Topik Saja

Seorang pemasar untuk sebuah toko online biasanya akan mengirim email kepada list yang mereka miliki cukup sering ketika melakukan promosi untuk event-event tertentu. Misalkan pada saat hari raya.

Ketika Anda mengirim email ke list Anda, pastikan pesan yang Anda kirim hanya terdiri dari satu topik saja. Meski pun banyak hal yang ingin Anda sampaikan. Sehingga Anda bisa membuat call-to-action yang kuat dan terfokus. Menurut pengalaman saya, mengirim pesan yang terdiri dari banyak topik akan menyulitkan saya membuat call-to-action yang kuat.

Berikut contoh email yang tediri dari satu topik, dan mereka memberi satu call to action saja.


Kirim Pesan Anda ke Orang yang Tepat

Jika memungkinkan, seorang pemasar toko online harus mengirim email kepada orang yang tepat. Maksud saya, kirimlah pesan itu kepada orang yang memang tertarik kepada produk Anda. Kenapa? Buat apa mengirim promosi kepada orang yang SUDAH PASTI tidak tertarik?

Setiap jasa email marketing software seperti Mailchimp, Profitsender, Mulxim, Aweber, dan lain-lain memiliki fitur segmentation. Dengan fitur itu Anda bisa memilah-milah kustomer Anda. Misalnya dikelompokkan berdasarkan jenis kelamin.

Jika Anda lagi mengirim promosi produk untuk perempuan, kirimlah email itu ke segment list Anda yang perempuan.


Gunakan Gambar yang Bagus

Dalam media apa pun, visualisasi sangat penting. Gambar adalah salah satu cara efektif menyampaikan pesan Anda.

Sebagian besar toko online besar melakukan hal ini cukup baik. Mereka menggunakan gambar dengan kualitas tinggi, besar dan menarik di email marketing mereka.

Tetapi jangan menggantungkan semua pesan Anda ke sebuah gambar, gambar itu hanyak pembantu / selingan. Karena beberapa penyedia email seperti Yahoo dan Gmail tidak menampilkan gambar secara default. Saya tidak tahu kenapa.


Tanya Pembeli Anda untuk Berlangganan Newsletter di Checkout Page

Seseorang yang pernah membeli di toko online Anda, adalah orang yang BENAR-BENAR pas dengan target pasar Anda. Mereka tertarik dengan produk yang Anda jual. Lalu kenapa tidak bertanya kepada mereka untuk berlangganan email newsletter Anda?

Zalora Indonesia, Zappos, dll juga melakukan hal ini. Ketika kustomer mereka mengecek checkbox “Daftar Newsletter” di checkout maka kustomer tersebut akan secara otomatis masuk ke list mereka begitu kustomer selesai melakukan pembayaran.

Checkbox tersebut biasanya secara default aktif – dichek.

Kami memiliki produk bagus untuk mengintegrasikan Profitsender dan Woocommerce yang bernama Woocommerce Profitsender Integration. Plugin tersebut melakukan hal yang sama dengan penjelasan saya di point ini.


Optimalkan Landing Page Anda

Ingat bahwa email marketing tidak berakhir di email yang Anda kirim. Landing page Anda ( halaman yang dilink di email ) harus menampilkan apa yang telah Anda janjikan di email.

Jika Anda mempromosikan diskon 30% dari harga produk, pastikan landing page Anda menunjukkan hal tersebut. Misalkan ditampilkan di banner atau floated banner.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel