Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Kurs Valuta Asing

Istilah Kurs Valuta Asing sering dipergunakan dalam berbagai bidang pekerjaan, terutama dalam bidang Forex Trading. Lantas apa yang dimaksud dengan Kurs Valuta Asing?


Pengertian Kurs Valuta Asing

Kurs (Exchange Rate) merupakan sebuah mata uang dari suatu negara yang diukur atau dinyatakan dalam mata uang negara lainnya.

Sedangkan Pasar Valuta Asing atau disingkat Valas adalah suatu jenis perdagangan atau transaksi yang memperdagangkan mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lainnya yang melibatkan pasar-pasar uang utama di dunia selama 24 jam secara berkesinambungan.

Keputusan-keputusan dalam hal pembelanjaan, sangat terpengaruh oleh Kurs, karena Kurs yangmenerjemahkan harga-harga dari berbagai negara. Bila kondisi lainnya tetap, maka hal yang membuat ekspor lebih murah dan impor lebih mahal adalah depresiasi dan apresiasi mata uang dari negara tersebut.

Depresiasi adalah kenaikan harga valuta asing bagi negara yang bersangkutan. Sedangkan Apresiasi adalah penurunan harga valuta asing di negara yang bersangkutan.

Meskipun perdagangan valuta asing berlangsung di berbagai pusat keuangan yang tersebar di seluruh dunia, menggunakan teknologi telekomunikasi yang modern yang telah menghubungkan mereka menjadi rangkaian pasar tunggal yang beroperasi selama 24 jam secara berkesinambungan, Kurs tetap sangat penting dalam pasar valuta asing.

Salah satu kategori yang penting dalam perdagangan valuta asing adalah perdagangan berjangka atau biasa yang disebut dengan forward trading, dimana beberapa pihak telah sepakat mempertukarkan mata uang di waktu mendatang atas dasar kurs yang telah mereka sepakati.

Sedangkan kategori lainnya adalah perdagangan spot atau biasa yang disebut dengan spot trading, yaitu perdagangan langsung yang melaksanakan pertukaran tersebut.

Kurs bisa juga disebut sebagai perbandingan nilai, dalam pertukaran dua mata uang yang berbeda maka akan terdapat perbandingan nilai atau harga antara kedua mata uang tersebut, nah perbandingan inilah yang disebut dengan kurs.

Kurs beli adalah kurs yang dipakai apabila para trader valas atau bank membeli valuta asing. Sedangkan Kurs jual adalah kurs yang dipakai apabila para trader valas atau bank menjual valuta asing.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging