Widget HTML Atas

Google Analytics untuk Toko Online

Sudah dua bulan ini saya mengerjakan proyek untuk pemasaran toko online. Sebelumnya saya juga membantunya membuatkan toko online. Dari pengalaman tersebut, entah kenapa saya suka proyek pemasaran, ketimbang pembuatannya.

Google Analytics untuk Toko Online

Saya membuat toko online itu dengan plugin Woocommerce. Dan beberapa plugin Add-ons untuk menambah fungsionalitasnya. Misalnya mereka mengatakan bahwa mereka ingin ada fasilitas Add to Whistlist-nya, maka saya belikan mereka DVin WooCommerce Wishlist WP Plugin.

Saya membelikan mereka plugin tersebut karena saya belum bisa menulis plugin, hanya dasar-dasarnya saja. Karena itu saya memutuskan untuk mengambil langkah tersebut. Sampai saat ini saya hanya bisa membuat theme WordPress. Tapi, sungguh, sekarang saya sedang belajar menulis plugin Google Analytics. Jika selesai, saya akan memberitahukannya di sini.

Proyek itu hampir selesai. Tetapi mereka meminta saya mengajari divisi pemasaran mereka masalah sistem toko onlinenya, SEO dan Google Analytics. Divisi pemasaran mereka terlihat antusias ketika saya menjelaskannya. Mereka tidak menganggap saya terlalu muda untuk berbicara, menyampaikan pendapat dan tentu saja mengajari mereka.

Materi yang mereka pelajari sekarang sudah sampai di tahap Google Analytics. Penjelasan mengenai sistem toko onlinenya, alhamdulillah sudah selesai.

Beberapa dari mereka bahkan ingin belajar lebih banyak. Karena keterbatasan waktu, saya membuatkan mereka video tutorial singkat. Video itu saya bagikan kepada mereka setiap pertemuan.

Google Analytics untuk Toko Online

Jika Anda mempunyai toko online, maka saya sarankan Anda mengaktifkan tracking eCommerce. Karena Anda akan mendapatkan informasi berharga. Seperti kata kunci apa yang banyak menghasilkan penjualaan, sumber traffic yang bagus, dan tentu saja untuk mengukur keefektifan promosi Anda. Promosi di sini tidak hanya untuk para pemasang Adwords.

Untuk mengaktifkan tracking ini, Anda harus menyetting profile akun Google Analytics Anda. Jadi silakan klik [Admin]. Setelah diklik, akan tampil semua profile yang Anda miliki, pilih profile yang digunakan di toko online. Kemudian klik [Profile Setting]. Di bagian [Ecommerce Setting] pilih pilihan Yes, An eCommerce Site.



Jika sudah, maka sekarang saatnya menerapkannya di website Anda. Cara memasang Google Analytics untuk toko online sebenarnya hampir sama dengan cara biasa. Yang beda hanya penerapannya di halaman Thank You (halaman untuk mengatakan transaksi berhasil).

Tenang! Anda tidak perlu repot-repot memikirkan bagaimana cara memasukkan kode tersebut, jika Anda menggunakan Woocommerce. Jika menggunakan plugin toko online lain semisal WP Ecommerce, maka Anda butuh bantuan plugin Google Analytics for WordPress by Yoast.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan via Email