Enam Efek Negatif, Kerja Tak Enjoy

Jangan dipikir kalau kita kerja tak enjoy, akan membuat diri kita bisa hidup tenang dan nyaman dalam kehidupan sehari-hari.


Enam Efek Negatif, Kerja Tak Enjoy

Tentu tidak, kalau kita kerja tak enjoy, akan membuat diri kita makin terperosok ke jurang yang sangat tak mengenakkan. Makan tak enak, dan tidur pun tak nyenyak. Karena, diri kita merasa terintimidasi oleh pekerjaan yang diberikan pada diri kita.

Bagi Anda yang tetap memaksakan diri untuk terus bekerja di sebuah perusahaan, dengan kondisi yang tak enjoy, akan ada beberapa efek negatifnya.

Setidaknya, ada 6 efek negatif yang akan ditimbulkan, ketika seseorang bekerja tak enjoy, antara lain:


PERTAMA: Stress

Ingat ya…! Kerja tak enjoy akan berujung pada stress lho…!

Karena, seseorang yang tak mampu mengatur emosi saat bekerja. Kemudian, ditambah dengan adanya pressure (tekanan kerja) dari atasan, pasti akan berujung pada setres.

Biasanya, sebelum stress itu melanda, orang tersebut akan ngedumel dengan penuh caci-maki. Namun, hal tersebut tak bisa dikeluarkan. Karena, tak akan mungkin diri kita mengeluarkan kata-kata yang tak pantas pada atasan. Bisa-bisa dipecat…!

Sehingga, untuk merespon ketak-nyamanan bekerja tersebut, dirinya memendam saja. Ketika lama-lama dipendam, tentu akan membuat kepala pening, pusyinggg, dan berujung pada stress.

Mari kita cari tahu, apa itu yang dinamakan stress…?

Bila kita melihat beberapa literatur, atau browsing di internet, pengertian stress kurang lebih seperti ini: stress merupakan gejala ketegangan yang dialami oleh seseorang, baik fisik, psikis, emosi ataupun mental seseorang.

Jika didiamkan lama-lama, stress akan membuat kinerja seseorang menurun. Dan stress menjadi sumber penyakit yang cukup mengerikan lho….! Serta, masih banyak efek negatif yang ditimbulkan oleh stress…

Sekali lagi saya ingatkan, kerja tak enjoy itu, akan membuat seseorang terjangkit stress. Maka dari itu, jika kerja sudah tak enjoy, Anda cepat-cepat resign aja. Dari pada setres bertumpuk-tumpuk.


KEDUA: Kerja Tak fokus

Efek negatif kedua, ketika kerja tak enjoy ialah kerja tak fokus. Orang yang tak fokus bekerja sangat berbahaya. Karena, mereka datang ke tempat kerja hanya raganya saja. Akan tetapi, jiwa dan pikirannya melayang entah ke mana. Sehingga, hal tersebut membuat dirinya tak fokus dalam mengerjakan sesuatu.

Ketika kerja tak fokus, pekerjaan yang dilakukan akan tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan. Sehingga, kita pun akan makin dimarahin oleh pihak perusahaan, yang telah memberikan gaji bulanan terhadap kita.

Ya tentu lah dimarahin, lha kita-nya sendiri yang nakal. Perusahaan menggaji kita kan, tentu berharap diberikan balasan dengan pemberian kinerja yang terbaik oleh karyawannya. Kalau kerja tak becus, wajar saja kalau dimarahin.


KETIGA: Output Kerja Tak Maksimal

Efek kerja tak fokus yang ketiga ialah, output pekerjaan yang dihasilkan tak maksimal. Atau bahkan, jauh berada di bawah target kualitas yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Anggap saja, perusahaan memberikan target kualitas dengan penilaian 8. Sedangkan kita yang tak enjoy bekerja, hanya mampu memberikan kualitas dengan nilai 6, ya tentu output kinerja kita akan menjadi salah satu bahan evaluasi perusahaan. Yang ujungnya, bisa-bisa kita kena damprat atau bahkan dikeluarkan dari perusahaan.

Maka dari itu, jika Anda sudah merasa tak enjoy bekerja, sebaiknya segera resign secepatnya. Karena jika dibiarkan berlarut-larut, Anda sendiri yang akan jadi korbannya.


KEEMPAT: Karir Tak akan Naik

Penyebab selanjutnya, ketika kita tak enjoy bekerja ialah, karir yang kita jalani di tempat kerja tak akan naik.

Mengapa bisa demikian?

Karena, ketika diri kita tak merasa enjoy bekerja di tempat kerja, kita akan mengerjakan beberapa kewajiban kita dengan asal-asalan. Dan orang-ornag yang mengerjakan sesuatu dengan asal-asalan, hasil nya pun akan jadi asal-asalan.

Ketika hasilnya kerjaan asal-asalan, tentu perusahaan sangat enggan untuk mempromosikan kenaikan karir kita. Karena, perusahaan juga tak bodoh, ngapain naikin karir seseorang, kalau kinerjanya tak baik dan hanya asal-asalan.

Ketika karir seseorang tak naik-naik, berarti itu akan menjadi bencana bagi dirinya. Karena, karir yang tak naik, yang diikuti inflasi. Akan membuat pendapatan yang kita miliki tak mampu mengimbangi inflasi yang datang silih berganti.


KELIMA: Gaji Akan Tetap

Seseorang yang tak enjoy bekerja, akan membuat gaji yang diterima setiap bulan tetap, alias tak naik. Lha mau naik gaji ke mana, dirinya bekerja saja tak becus dan hanya banyak omong. Ngapain untuk minta naek gaji…!

Sekali lagi saa ingatkan, kalau bekerja tak enjoy, Anda tidak akan bisa naik gaji. Udah titik, gak pake kecil, tapi titik besar, hehehhe….!


KEENAM: Akan Muncul Pikiran Negatif

Dan terakhir, ketika seseorang tak enjoy bekerja, akan selalu muncul pikiran negatif dalam dirinya. Dirinya akan selalu berperasangka buruk terhadap perusahaan. Sehingga, hal apapun yang dilakukan oleh perusahaan, akan dinilai negatif oleh dirinya.

Nah, itulah enam hal yang akan terjadi pada diri seseorang, ketika dirinya tak enjoy bekerja di sebuah perusahaan.

Maka dari itu, untuk mengetahui, apakah diri kita enjoy atau tak enjoy bekerja, kita tinggal mendeteksi apakah keenam hal tersebut, sering kita alami kala bekerja. Jika hal tersebut sering kita alami, berarti kita sudah tak enjoy  bekerja.

Ketika kita tak enjoy bekerja, kita harus segera resign, kemudian cepat-cepat mencari tempat kerja baru. Tentu, kalau kita mau mencari kerja di tempat baru, kita harus berusaha menjadi karyawan yang baik, yang memang diidam-idamkan oleh perusahaan.

Dan jika kita tidak mau mencari kerja baru, kita bisa menjadi seorang freelancer yang jam kerjanya tak terikat waktu, berbisnis yang berapapun besar keuntungannya akan menjadi miliki kita semua, ataupun mencari peluang bisnis musiman.

Semua pilihan ada di tangan Anda. Sekarang, Anda sendiri yang harus segera memutuskan. Apakah akan tetap bekerja di perusahaan semula dengan kondisi  yang tak enjoy, atau malah memilih resign. Tentu, semua akan ada sisi positif dan negatifnya.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel