Dasar-Dasar Pemasaran Untuk Usaha Kecil Menengah

Beberapa bulan lalu saya datang ke acara reuni sekolah menengah kejuruan saya dulu, makan malam di restoran sederhana di sekitar Sungai Kalimas Surabaya.


Mengelola pemasaran usaha kecil

Satu hal yang membuat saya kagum kepada teman-teman SMK saya adalah mereka seorang pebisnis. Mempunyai mindset entrepreneur.

Ya, mereka pemilik Usaha Kecil Menengah. Menjual keahlian yang dipelajari di sekolah (dengan jurusan Kimia Industri, kami bisa membuat mie, balsem, cat, dll)

Karena saya dikenal mereka mempunyai keahlian tambahan di Internet Marketing, saya melakukan kerjasama dengan teman saya untuk memasarkan produknya melalui Internet. Ouh, maksud saya central marketingnya di Internet. Tapi kami akan melakukan mixing pemasaran.

Saya senang bekerja membantu Usaha Kecil Menengah, sebenarnya UKM memiliki banyak keuntungan dan mereka lebih mudah membuat network baru. Ya, saya pikir pondasi awal kesuksesan proyek ini adalah membangun network atau jaringan yang luas. Tapi ada banyak cara memasarkan bisnis Anda.

Jika Anda juga seorang pemilik Usaha Kecil Menengah, saya ingin berbagi dasar-dasar usaha pemasaran khusus untuk Anda.


1. Kecil itu Indah

Oke, kita memiliki bisnis kecil. Tapi Anda harus berhenti berpikir bahwa itu keadaan yang tidak bagus. Anda tahu? Bisnis kecil lebih gesit, memiliki banyak kebebasan, dan Anda bisa melakukan banyak kesempatan untuk ber-eksperimen, yang bisnis besar tidak bisa melakukannya. Kita memiliki banyak peluang.

Anda bisa menggunakan Google Alert untuk memantau perkembangan dan isu-isu penting di industry Anda. Layanan gratis ini bermanfaat .

Anda bisa berbicara dengan pelanggan tanpa melalui hukum. Ada banyak keuntungan untuk kita. Sebuah UKM seharusnya secara alami merupakan pembangun networking yang alami.


2. Usaha Kecil Menengah Lebih Manusia

Salah satu keuntungan kita adalah kita tidak memiliki banyak department. Usaha kita dilakukan 2-5 orang saja. Karena itu perusahaan kita lebih manusia. Dan oleh karena itu Anda akan cepat mendapatkan networking baru.

Anda akan selalu lebih luwes berteman dengan pelanggan, vendor, dan bisnis-bisnis kecil yang memiliki hubungan dengan bisnis kita.


3. Menjadi Narasumber

Salah satu cara bagus untuk memasarkan bisnis dan membuat jaringan baru adalah membuat diri kita sebagai Narasumber. Informasi sangat penting saat ini, orang-orang suka informasi.

Saya dan teman saya telah membuat daftar penting majalah, Koran, buletin, bahkan blogger. Rencana kami adalah menawarkan diri untuk menjadi narasumber, yang akan mereka jadikan berita. Dapatkah Anda membayangkan jika rencana ini berhasil?

Ya, bisnis teman saya akan diketahui pembaca mereka.


4. Blogging

Ingin membuat bisnis Anda lebih banyak dikenal? Dan membuat toko online dan offline Anda lebih banyak pengunjung? Buatlah sebuah blog. Jadilah kreatif, berpikirlah bahwa blog Anda itu adalah sales Anda. Buat artikel yang menarik, ajari pengunjung Anda dengan materi-materi yang berhubungan dengan industri Anda.

Lihat Blogiztic, juga mempunyai blog! Mereka menggunakan blog itu juga sebagai pemasaran produk yang mereka jual.


5. Social Media

Gunakan social media untuk mendapatkan feedback, pemasaran, bergabung ke komunitas, dan atau membangun komunitas brand sendiri. Tidak perlu membuat akun semua social media yang ada, yang penting adalah aktif di sana.

Tidak masalah Anda menggunakan Twitter, Linkedin, atau Facebook untuk mempromosikan produk atau kontes. Saya ulangi yang penting adalah Anda aktif, dan jangan lupa link ke Website Anda.


6. Ikut Kopi Darat

Komunitas yang Anda ikuti secara Online biasanya juga melakukan kopi darat. Biasanya dilakukan satu bulan sekali. Tapi itu tergantung komunitas yang Anda ikuti. Dengan ikut kopi darat, Anda bisa mengenal calon pelanggan Anda. Dan melihat beberapa peluang menciptakan buzz.

Jika Anda mempunyai cukup budget, pertimbangkan untuk menjadi sponsor kopi darat. Beri mereka produk gratis Anda. Jika produk Anda bagus, teman-teman komunitas lain (dengan intensitas komunikasi mereka) juga ingin memilikinya.

Dan Anda bisa mendapatkan penjualan dari keaktifan Anda di komunitas tersebut.


7. Membuat Program Afiliasi

Kemungkinan besar Anda pernah melakukan system sejenis di offline, Anda memberi komisi kepada orang yang membantu Anda melakukan penjualan. Jadi mengapa tidak mengonline-kannya? Dengan membuat toko online berbasis WordPress dan bantuan beberapa plugin, Anda bisa membuat program afiliasi.

Barangkali melakukan kegiatan promosi dan pemasaran sering menjadi momok bagi usaha kecil menengah. Sekarang dengan internet, Anda bisa menekan banyak biaya. Tapi tetap harus Ada budget.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel