Cara Custom Reporting Google Analytics untuk SEO

Jika Anda seorang Search Engine Optimizers sekaligus Google Analytics Advance, barangkali Anda tidak akan kesulitan melihat data hasil pengoptimalan yang telah dilakukan menggunakan Google Analytics.


Cara Custom Reporting Google Analytics untuk SEO

Tetapi bagi sebagian besar pembaca saya, barangkali akan kesulitan membuat custom reporting. Khususnya metriks SEO.

Karena itu saya akan membantu Anda mendapatkan data yang lebih memudahkan kita, khususnya untuk mengukur keberhasilan strategi dan taktik kita mendapatkan traffic dari mesin pencari.

Anda tidak perlu susah-susah membuatnya. Anda tinggal klik link yang saya berikan di akhir posting ini, dan metriks yang saya buat otomatis terbuat di dashboard akun Anda. Mudah, bukan?


Metriks Laporan Dasar SEO

Ketika kita mengoptimalkan web atau blog kita untuk mesin pencari, kita mungkin tidak akan hanya fokus kepada Google. Tapi juga mesin pencari lain, seperti Bing, Yahoo, Ask, dll.

Ada tiga metriks penting dalam pelaporan ini, yaitu [Organic Traffic Sources], [Organic Keywords], dan [Organic Landing Pages & Keywords].

Di bagian tab [Organic Traffic Sources], kita bisa melihat mesin pencari mana yang mengirim pengunjung ke blog Anda. Sedangkan di tab [Organic Keywords] Anda bisa melihat kata kunci apa saja yang digunakan pengunjung untuk menemukan konten Anda.

Terakhir di bagian [Organic Landing Pages & Keywords] Anda bisa melihat landing page/halaman landas untuk kata kunci tertentu.

Setiap tab tersebut telah saya buatkan data pendukung seperti Unique Visitors, % New Visits, Bounce Rates dan % Goal Conversion Rate (tersedia jika Anda menetapkan goal di Google Analytics). Jika tidak menetapkan goal sama sekali, maka metriks ini akan bernilai nol.


Metriks (Not Provided) Analysis

Sejak Google tidak memberikan data kata kunci yang digunakan pengunjung ketika mereka masuk ke akun Google mereka, kita memiliki kesulitan menganalisis kata kunci apa saja yang masuk. Saya juga termasuk orang yang pusing karena itu.

Untuk tetap mengetahuinya saya melinking Google Webmaster Tools dan Google Analytics. Tapi ternyata itu tidak cukup, karena saya hanya mengetahui kata kunci saja. Tapi tidak tahu dimana landing page (not provided).


Metriks Non Branded Keywords Performance

SEO yang bagus itu bukan mendapatkan traffic dari nama domain, nama brand perusahaan/usaha, dan nama Anda. Oke, itu salah satu taktik kita mendapatkan traffic dari mesin pencari. Tapi saya juga ingin mengetahui performa kata kunci non branded saya.

Pada kasus saya kata kunci brand saya adalah Why, Whycom. Tujuan metriks ini dibuat adalah untuk mengetahui performa kata kunci di luar kata-kata itu.

Ingin Mendapatkan custom reporting Google Analytics seperti ini? Dapatkan metriks dasar, metriks (not provided) dan non branded sekarang juga.

Saya berharap dengan ini kita bisa mengukur hasil dari apa yang telah kita perjuangkan.

*Note: Anda harus masuk ke akun Google dimana Anda mengelola Google Analytics Anda dulu untuk mendapatkan metriks tersebut.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel