Widget HTML Atas

Akan Indah Pada Waktunya

Akan indah pada waktunya. Begitulah kadang kita mendengar kata KLISE dalam kehidupan sehari-hari. Yang seolah, hendak mengingatkan kepada kita, bahwa suatu hari kita akan menikmati hasil perjuangan yang telah kita lakukan.

Akan Indah Pada Waktunya

Hanya saja, untuk menjalani kata tersebut, rasa-rasanya cukup sulit bagi kita. Karena, kata tersebut gampang diucapkan, namun sulit untuk dijalankan.

Maka dari itu, ada baiknya kita lakukan kontemplasi (perenungan), agar kata tersebut menjadi mantra yang ampuh untuk memotivasi diri kita masing-masing.

Setidaknya, ada lima hal yang dapat kita lakukan, agar kata tersebut mampu menjadi mantra ampuh dalam kehidupan kita sehari-hari.


PERTAMA: Yang Penting Berjuang

Kita akan menikmati keindahan pada waktunya, asalkan diri kita mau berjuang. Karena, segala sesuatu harus diperjuangkan.  Dan sebaik apapun strategi hidup yang kita miliki, jika kita tak mau memperjuangkan, tentu apa yang menjadi tujuan dan impian kita akan sulit untuk dicapai.

Perjuangan menjadi usaha yang sangat mutlak dilakukan, setelah segala impian dan cita-cita kita rencanakan dengan baik. Bahkan, perjuangan akan menjadi penentu keberhasilan dari impian kita.

Ingatkah kita atas kemerdekaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Tentu, semua kenikmatan tersebut, berkat perjuangan para leluhur kita lho…! Jika mereka tak mau berjuang, mustahil kita bisa menikmati indahnya kemerdekaan ini.

Maka dari itu, jika kita ingin indah pada waktunya atas apa yang kita cita-cita dan impikan, kita harus berjuang dan mengerahkan sekuat tenaga energi yang kita miliki.


KEDUA: Dicicil Sedikit Demi Sedikit

Keindahan akan hadir pada waktunya, manakala kita mau menyicil sedikit demi sedikit usaha atau ikhtiar setiap harinya. Walaupun itu nampak sepele, tapi efeknya akan sangat dirasakan atas impian dan cita-cita yang kita miliki.

Pasti kita ingat salah satu pepatah, yang mungkin ini dianggap sudah jadul, yaitu “sedikit demi sedikit lama-lama pasti menjadi bukit”.

Menurut hemat saya, pribahasa tersebut masih cukup relevan (cocok) lho untuk kita terapkan hari ini. Karena, menyicil setiap hari merupakan sebuah proses. Sedangkan proses, merupakan hal alamiah yang harus dilalui oleh setiap manusia. Oleh karena itu, yuk jangan malas untuk nyicil impian dan cita-cita kita setiap harinya, agar indah pada waktunya kelak.


KETIGA: Lelah Harus Dinikmati

Orang-orang yang berjuang dan menyicil setiap harinya untuk mewujudkan cita-cita dan impian, pasti akan merasa lelah. Namun, lelah itu harus dinikmati. Karena, lelah akan menjadi suatu cerita yang menyenangkan, mana kala kita sudah bisa mewujudkan impian dan cita-cita yang sudah lama diimpikan.

Sedangkan orang yang tak mau berlelah-lelah, mereka adalah orang-orang yang tak berhak untuk menikmati keindahan pada waktunya. Malahan mereka hanya berhak sebaliknya, yaitu menikmati kengerian pada waktunya.

Artinya, orang-orang yang tak mau berlelah-lelah untuk berjuang dan menyicil cita-cita dan impian setiap harinya, dipastikan akan mengalami kengerian di kemudian hari.

Contoh sederhana, orang yang tak mau berjuang dan menyicil untuk menabung setiap hari atau bulannya. Bisa dipastikan kondisi keuangan di masa tuanya akan morat-marit. Dan, barulah dirinya menyesal, mengapa tak coba menabung semenjak masa muda. Walaupun, penyesalan tersebut sudah tak berguna lagi.

Dan seharusnya masa tua menjadi masa yang menyenangkan, ini malah akan terjadi kebalikannya. Masa tua akan menjadi masa yang menyeramkan baginya. Maka dari itu, sebelum semuanya terlambat, ada baiknya kita introspeksi bersama-sama, agar keindahan pada waktunya dapat kita raih bersama.


KEEMPAT: Jangan Lupa Evaluasi

Jangan lupa evaluasi, baik bersifat harian ataupun bulanan atas apa yang telah kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Karena, evaluasi akan membuat kita tidak terjatuh pada lubang yang sama di hari esoknya.

Artinya, kita bisa mengevaluasi atas apa yang kita kerjakan, dan apa yang harus kita kerjakan agar memiliki dampak yang lebih besar dari sebelumnya. Sehingga, apa yang kita perjuangkan setiap harinya memiliki dampak yang cukup baik.


KELIMA: Sukses Pasti Dicapai

Jika kita sudah berjuang, kemudian menyicil perjuangan setiap hari, terus menikmati lelah yang menimpa diri kita, dan terakhir ialah mengevaluasi atas segala yang kita kerjakan, barulah kita pantas menerima kesuksesan dalam hidup kita.

Sukses dalam artian hakiki, yaitu kesuksesan untuk mendapatkan hal yang bersifat materi dan hal yang bersifat non materi. Sukses bersifat materi contohnya ialah kita mendapatkan jumlah kekayaan yang kita impi-impikan. Sedangkan sukses non-materi, yaitu kekayaan yang kita miliki dapat mendatangkan kebahagiaan bagi diri kita. Karena, dengan memiliki harta yang berlimpah, kita bisa beramal dengan memberikan kebaikan dari harta yang kita miliki kepada orang-orang yang membutuhkannya.

Nah, lima hal tersebut apabila kita kerjakan dengan penuh ketekunan dan keyakinan, akan indah pada waktunya kelak. Maka dari itu, yuk kita coba latih diri kita untuk mengerjakan lima hal tersebut….!
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan via Email