Apakah Anda Memilih Nama Domain yang Baik?

4 Tips Memilih Nama Domain Untuk Blog Anda

Anda di sini karena ingin mengetahui cara memilih nama domain yang baik. Karena itu Anda akan membaca habis posting ini.

Kemungkinan Anda ingin membuat website atau blog baru, dan sekarang Anda berpikir untuk memilih nama domain yang bagus, menarik, dan baik untuk SEO. Rasa ingin tahu Anda kepada tips memilih domain kemudian membawa Anda ke sini.

Ya, saya mewajari hal tersebut. Karena Anda akan mengivestasikan uang untuk membelinya. Dan dengan posting ini saya akan menjaga investasi Anda. Sehingga Anda tidak rugi, apalagi kecewa.

Dibutuhkan sedikit waktu untuk meneliti dan mencari domain yang tepat. Mulailah dengan langkah yang tepat, berikut cara memilih domain yang baik.


1. Apakah Anda Melakukan Riset

Saya akan menjaga ekspektasi Anda, bahwa blog atau website yang Anda bangun tidak sepi pembaca. Jadi saya ingin Anda melakukan riset kata kunci sebelum membeli domain.

Untuk melakukan riset kata kunci, Anda bisa menggunakan Google Keywords Tools. Penjelasan lebih detail bagaimana meriset kata kunci.

Tetapi sebenarnya, untuk riset dengan alat milik Google ini, Anda hanya perlu memikirkan kata yang berkaitan dengan topik yang akan Anda bahas. Yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Hal yang perlu Anda catat, target kita melakukan riset kata kunci adalah memakai kata kunci itu sebagai nama domain. Sehingga usaha SEO Anda akan mudah.

Untuk memudahkan Anda mengerti maksud dari data yang ditampilkan di alat tersebut, berikut pengertiannya secara umum:

Penelusuranan Bulanan Global; angka pada kolom ini memberikan informasi seberapa populer kata kunci itu, dan berapa banyak orang mencari kata kunci dengan estimasi selama satu bulan. Semakin tinggi angka semakin tinggi kesempatan untuk mendapatkan lalulintas dari mesin pencari.

Penelusuran Bulanan Lokal; sama seperti Penelusuran Bulanan Global, tetapi jika pada penelusuran global secara total seluruh Negara tapi pada local bergantung pada wilayah dan bahasa yang Anda pilih.

BPK; ini memberitahu berapa biaya per klik untuk kata kunci itu di AdWords. Mengapa itu penting? Meski pun Anda tidak sedang ingin membeli iklan, tapi ini untuk memastikan bahwa topik/kata kunci itu lebih “menjual”. Dan itu memberitahukan Anda nilai rata-rata konversi yang biasa didapat. Jadi, secara personal saya menyarankan Anda memilih kata kunci minimal $1.

Kompetisi; metriks ini memberitahu kita seberapa ketat persaingan untuk memperebutkan kata kunci tersebut. Dengan kompetisi yang tinggi akan memakan banyak waktu untuk memenangkannya, jadi pilih saja yang sedang atau rendah.

Nah, Anda sudah tahu cara membaca data yang Ada. Jadi kita perlu mencari Penelusuran bulanan global/local dan BPK yang tinggi, dan kompetisi yang rendah.

Tetapi pada prakteknya sulit mendapatkan kata kunci dengan standar di atas, jadi pilih yang paling mendekati standar tersebut.


2. Penuhi standar domain Terbaik

Setelah Anda memiliki sebuah gagasan tentang kata kunci apa yang akan Anda masukkan pada nama domain, sekarang saatnya mengubahnya menjadi nama domain yang sesungguhnya.

Mulailah berpikir bahwa nama domain tersebut harus mengandung kata kunci di atas, dan itu akan menjadi brand Anda. Pada dasarnya nama domain yang bagus harus singkat, mudah diingat dan mudah diucapkan.

Berikut item-item yang perlu dipertimbangkan:
  • Pendek - sebuah nama domain yang pendek selalu bagus untuk digunakan.
  • Mudah diingat - jika mudah diingat, Anda akan mudah membangun brand lebih mudah dan cepat.
  • .com - jika bukan untuk membangun web untuk lembaga non profit, universitas atau pemerintah, selalu lebih aik menggunakan dot com.
  • Mudah diketik - dengan nama yang mudah diketik Anda bisa memastikan calon pengunjung yang ingin berkunjung ke blog Anda, tersangkut ke blog lain.


Dan berikut item-item yang perlu Anda hindari:
  • Tanda hubung
  • Nama domain yang panjang dan keywords stuffing.
  • Memakai angka


Pikirkan nama domain Anda, buatlah 10 nama yang mengandung kata kunci dan telah mempertimbangkan item-item di atas. Karena mungkin beberapa nama domain tidak tersedia.


3. Cek Apakah Nama Domain itu Tersedia

Sekarang saatnya mengecek daftar nama domain yang Anda buat. Beruntung bagi Anda, ada alat yang bagus untuk mengecek nama domain itu tersedia atau kah tidak.

Dari pengalaman pribadi, saya selalu menggunakan menu registrasi Google Domains.


4. Beli Domain dari Penyedia Domain yang Baik

Untuk membuat investasi Anda aman, saya merekomendasikan penyedia domain yang bagus. Yang sudah saya gunakan selama ini.

Banyak penyedia domain di internet, tetapi secara pribadi saya menggunakan google domain.

Harga domain di google domain adalah Rp165.930/tahun.

Saya baru menggunakan Google Domain ketika mulai bermain niche di pasar luar negeri. Sudah sekitar 1.5 tahun. Google Domain menawarkan perlindungan WhoisGuard gratis, fitur layanan DNS, control domain yang lengkap, dan masih banyak lagi.


Semuanya Kembali Kepada Anda.

Sekarang Anda sudah tahu cara memilih nama domain yang bagus. Tapi jika Anda merasa kesulitan, saya senang membantu Anda. Jadi silakan berkomentar.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel