Taktik SEO untuk Startup Bisnis


Apakah SEO penting untuk startup bisnis?

Itu tergantung pada startup bisnis yang bersangkutan, tetapi saya pikir meluangkan waktu dan tenaga untuk SEO adalah langkah bagus bagi para startups dari awal pembangunan bisnis mereka. Dan apabila dipandang sebagai strategi jangka panjang, langkah tersebut adalah investasi yang berharga.

Tetapi bagaimana caranya?

Di posting ini saya akan menjelaskan taktik untuk para startup bisnis Indonesia. Dengan beberapa langkah yang bisa diterapkan langsung. Atau memodifikasinya, sehingga cocok dengan keadaan Anda.

Saya mengerti bahwa SEO bukanlah prioritas utama bagi startup bisnis. Mereka (atau Anda?) lebih fokus kepada hal-hal yang berhubungan dengan melaunching dan mengembangkan kualitas produk.

Bahkan jika sudah pada tahap pemasaran – SEO kadang-kadang bukanlah opsi yang diprioritaskan. Tetapi hanya dipandang sebagai opsi yang akan dilirik nantinya karena pemasaran internet masih belum dimengerti seberapa besar ROInya (laba atas investasi) oleh mereka. Kalau pun sudah masuk pemasaran internet, PPC (seperti Adwords, Sitti, dll) adalah opsi yang sering dilirik.

Karena itu, berikut hal-hal yang bisa dikerjakan oleh para start ups bisnis.

  • Mendapatkan peringkat #1 untuk brand bisnis.
  • Memaksimalkan On page SEO.
  • Membangun Links Manual dengan biaya/resources yang sedikit.

Berikut detail taktik ini. Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu melakukannya.

1. Mendapatkan Peringkat #1 untuk Brand Bisnis

Ya, saya pikir ini tugas yang mudah.

Pertama belilah nama domain yang sama dengan brand bisnis Anda. Kemudian arahkan beberapa link ke website Anda dengan anchor teks nama brand  bisnis. Kemungkinan besar dua langkah itu sudah cukup. Saya katakan “kemungkinan” karena saya tidak bisa memberikan garansi kepada Anda. Dan tidak ada seorang pun yang bisa memberikan garansi tersebut.

Saya juga merekomendasikan agar Anda membuat akun social media seperti Twitter, Facebook, Youtube dan Google+ dengan nama brand Anda itu. Sehingga peluang mendapat hasil pencarian dengan kata kunci brand bisnis lebih banyak. Selamatkan nama brand Anda, karena domain dan nama akun di Social Media itu didapat dengan cara “siapa cepat dia dapat”.

Startup Kupas Komputer adalah contoh baik dalam hal ini. Lihat bagaimana mereka tampil baik dengan hasil pencarian nama brand mereka.

2. On Page SEO

Yes, On Page SEO adalah optimasi SEO yang berada di bawah kontrol Anda sebagai pemilik web. Sehingga faktor ini lebih cepat dikerjakan. Dan saya pikir tidak begitu sulit mempelajari hal tersebut.

3. Membangun Links untuk Startup Bisnis

Saya tetap memperhitungkan kondisi Anda, bahwa SEO bukan lah prioritas utama. Sejatinya membangun links akan menghabiskan banyak waktu dan pikiran. Tetapi jika Anda memulainya dari sekarang, akan mudah melakukan pemasaran ini di kemudian hari. Walau pun saat ini Anda tidak fokus dalam melakukan kampanye di bidang SEO.

Anda mungkin bertanya, “Kenapa saya harus membangun link?” Karena sejak tahun 1990-an mesin pencari menggunakannya sebagai patokan penentuan halaman mana yang lebih memiliki otoritas ketimbang yang lainnya.

Setelah tiga kali berhadapan dengan pelanggan start ups, saya sadar bahwa kegiatan yang Anda lakukan mungkin memiliki potensi besar untuk mendapatkan links. Lalu kenapa Anda tidak memanfaatkannya?

PR

PR seringkali digunakan untuk bauran pemasaran (marketing mix). PR bisa kita definisikan sebagai membuat/memancing website lain / media publikasi lain menulis artikel tentang Anda. Dengan begitu brand Anda lebih tersebar, meningkatkan traffic, dan mendapatkan penjualan. (Goal PR sampai di sini saja)

Tetapi dalam hal SEO tidak hanya begitu, Anda harus memasukkan link yang mengarahkan ke website Anda. Jika Anda atau tim Anda melakukan PR, jangan lupa memasukkan link di sana. Karena itu juga aka memudahkan calon costumer berkunjung ke website Anda.

Komunitas Online dan Orang Paling Berpengaruh
Apa pun jenis produk atau jasa Anda, selalu ada komunitas online yang berkumpul membicarakan industri tersebut. Sebagai contoh, Anda adalah start up di bidang Jasa Pengiriman. Anda bisa bertanya ke komunitas online yang ada di Indonesia, semisal adsense-Id atau di website startup bisnis.

Tanyakan kepada mereka, apa kah mereka mau mencoba Jasa Pengiriman Anda untuk toko online yang mereka kelola. Bahkan jika Anda masih melayani satu kota saja. Anda bisa memberi mereka penawaran terbaik Anda, sehingga mereka tertarik mencoba.

Jika mereka sudah mencoba produk Anda, tanyakan apakah mereka mau menulis review untuk Anda. Jika mereka mau,  itu bukan hanya menguntungkan dalam SEO tapi juga memiliki pontensi menghasilkan penjualan. Karena, biasanya hubungan antar personal di komunitas sangat kuat.

strategi di atas hanya contoh, Anda bisa membuat strategi lain. Anda bisa menargertkan komunitas atau langsung ke orang yang paling berpengaruh.

Menulis untuk Website Lain

Apakah Anda mempunyai kebiasaan menulis artikel untuk website lain? Mulai sekarang, jangan lupa untuk memberi link untuk website Anda di tubuh artikel tersebut.

Kartu Nama dan Seragam

Saya mempunyai seorang client, yang baru memulai bisnisnya. Dia memulai bisnisnya beranggotakan 5 orang. 5 orang ini memutuskan untuk memakai seragam. Karena mereka melakukan pemasaran produknya (Garment) melalui online, mereka meng-hire saya.

Saya mengatakan kepada mereka, apakah Anda yakin memakai jasa SEO saya? Saya mengatakan kepada mereka, bahwa saya tidak bisa berjanji bahwa saya akan memberikan mereka #1 di kata kunci utama/penting mereka. Dan tidak ada orang yang bisa menjanjikan hal tersebut.

Mereka tetap meneguhkan niatnya. Kemudian saya kirim mereka daftar harga jasa SEO saya. Ternyata mereka merinding juga melihat harga-harga tersebut. Setelah percakapan melalaui email sebanyak 5 kali, mereka memutuskan hanya meminta saya untuk  membuatkan step by step pengoptimalan SEO yang biasa saya lakukan.

Saya tidak menyangka mereka mau menerapkan taktik ini: membuat kartu nama dan kaos bertuliskan alamat website mereka. Hasilnya, beberapa mitra mereka memberikan link ke halaman home page. Anda mungkin bertanya, kenapa mereka memberikan backlinks? Anda mungkin tahu bahwa beberapa bisnis memang mempunyai website dan menulis kegiatan mereka di sana. Sehingga wajar sekali mereka memberi link kepada orang / organisasi yang menjadi objek pembicaraan artikel tersebut.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel