Proses SEO untuk Blog atau Website

Proses SEO untuk Blog atau Website

Saya akan kembali ke dasar-dasar SEO. Hanya untuk menjelaskan kepada blogger yang masih baru masuk dalam dunia ini.

Di posting ini saya akan membahas unsur dan proses SEO untuk blog atau website. Yang merupakan rangkaian posting Belajar SEO.

Jika Anda tidak tahu proses serta unsur-unsurnya, Anda akan kesulitan mempelajarinya. Atau pun menerapkannya untuk tujuan yang ingin dicapai.

Bisa kah Anda membayangkan, mengepel lantai terlebih dahulu kemudian menyapunya? Apa kah akan membuat lantai rumah menjadi bersih?

Ini lah pentingnya memahami proses dasar SEO. Maaf, saya hanya menampilkan sebuah analogi sederhana untuk menggambarkan nilai pentingnya.

Ya, Anda bisa membalik-balikkan proses SEO ini nanti, sebelum melangkah ke sana Anda pahami dulu sistematika dasarnya. Bisa kah saya memulai pembahasan? Berikut gambaran umum proses SEO:


Riset Kata Kunci

Riset kata kunci bertujuan menemukan kata atau frase yang diketikkan pengguna internet di mesin pencari untuk mencari informasi. Menemukan kata kunci yang berhubungan dengan jasa atau bisnis yang sedang Anda jalankan.

Penentuan kata kunci adalah hal paling krusial dalam SEO. Sebab langkah ini merupakan pijakan dari proses selanjutnya. Jika Anda salah memilih, maka proses selanjutnya juga tidak akan efektif.

Meski pun Anda telah mengoptimalkan kata kunci itu!

Secara umum ada beberapa macam jenis kata kunci, yaitu Short tail Kewords(Kata kunci ekor pendek), Long Tail Keywords, kata kunci utama, kata kunci pendukung dll.

Jangan khawatir! Kita akan belajar banyak tentang riset kata kunci dan kata kunci itu sendiri di sini. Cek kembali ke halaman Belajar SEO.


Menulis/Membuat Konten

Setelah Anda menentukan kata kunci, tugas Anda selanjutnya membuat konten yang mengandung kata kunci tersebut. Hanya itu!

Tetapi ada beberapa prinsip bagaimana memasukkan kata kunci ke dalam posting blog. Seperti keyword density, penempatan kata kunci, memberikan atribut dll.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan…adalah Anda harus menulis posting artikel yang orisinil. Bermanfaat bagi pengunjung, dan mengintegrasikannya dengan Social Media (Twitter dan Facebook)


Membangun Link

Mesin pencari tidak bisa menghasilkan hasil pencarian tanpa pendapat situs lain. Ya, link yang mengarah dari situs tertentu ke situs lain dianggap pendapat oleh mesin pencari.

Semakin banyak dan berkualitas link yang Anda dapatkan, semakin bagus lah posisi Anda di mesin pencari.

Tetapi, Anda mungkin ingin berhati-hati membangun link karena Panda. Jangan takut, toh Anda tetap harus membangun link untuk situs atau blog Anda. Yang perlu Anda pelajari yaitu bagaimana membangun link yang tidak melawan Panda (alogaritma Google)


Mengukur atau Mengevaluasi Hasil

Mengevaluasi hasil, seperti jumlah lalu lintas yang didapat, tingkat konversi, dan tingkat keterlibatan pengunjung memberikan gambaran seberapa efektif strategi SEO Anda.

Dan melihat perkembangan kata kunci yang dibidik…Jika Anda merasa butuh, lihat lah juga fluktuasi kompetitor.

Unsur ini banyak dilupakan oleh praktisi SEO pemula. Padahal unsur ini juga memerankan peranan penting.

Ingat! SEO hanya lah alat untuk mendapatkan pengunjung blog, kemudian mengubahnya menjadi pelanggan bisnis Anda. Jadi tujuan Anda lah yang terpenting. Ukurlah strategi Anda dengan hasil yang didapat.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel