Perhatikan Hal Berikut Sebelum Mempublish Artikel

Anda seorang Blogger? Jika iya maka tidak asing lagi dengan kegiatan tulis-menulis artikel pada blog yang kita miliki. Setiap orang yang menulis artikel di blog mereka tentunya memiliki gaya bahasa ataupun struktur kalimat masing-masing, akan tetapi sebagai penulis kita semestinya menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca blog. Dengan demikian blog kita akan lebih diminati oleh pengunjung bahkan bersifat SEO friendly (disukai oleh mesin pencari).


Ilustrasi: Menulis Artikel
Ilustrasi: Menulis Artikel
Selain menggunakan gaya bahasa yang baik dan benar, Anda juga perlu memerhatikan hal-hal penting sebelum menerbitkan artikel. Bayangkan jika Anda sudah berjam-jam menulis artikel panjang namun konten/isi artikel Anda tidak memenuhi kriteria artikel yang baik dan berkualitas, baik dari segi kualitas SEO maupun kenyamanan pembaca.


Berikut Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menerbitkan Artikel:

Periksa Ejaan dan Tata Bahasa

Seperti yang telah dikatakan di atas, bahwa ejaan atau tata bahasa adalah hal yang tidak boleh dianggap sepele oleh penulis artikel. Karena dengan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar maka otomatis tulisan kita akan enak dibaca oleh pengunjung. Cobalah Anda baca artikel Anda dari awal sampai akhir, lalu koreksi kembali kata per kata supaya tidak terjadi kesalahan tata bahasa atau ejaan.


Perhatikan Tanda Baca

Selain penggunaan tata bahasa yang benar, penempatan tanda baca seperti titik dan koma secara benar maka akan memudahkan pembaca dalam memahami artikel yang Anda publikasi. Penggunaan tanda baca yang salah tentu akan mengubah arti dari kalimat yang Anda sampaikan melalui penulisan artikel.


Gunakan Judul Artikel yang Menarik

Memberi judul pada artikel adalah hal yang sangat penting. Kenapa? karena pasti sebelum Anda membaca isi artikel ini yang Anda baca terlebih dahulu adalah judul artikelnya. Dengan penggunaan judul yang menarik maka akan lebih menarik perhatian seseorang yang ingin membacanya.


Gunakan Perintah Bold, Italic dan Underline

Tipe pembaca artikel blog itu berbeda-beda. Ada yang ingin membaca keseluruhan isi artikel dan ada juga yang hanya ingin membaca inti atau hal penting dari artikel tersebut. Oleh karena itu, penambahan bold, italic dan underline maupun perintah lainnya menjadi sesuatu yang penting untuk menandai inti bahasan.


Perhatikan Huruf Kecil dan Besar

Kesalahan yang sering terjadi dalam penulisan artikel yaitu penggunaan huruf kecil dan besar (kapital). Mungkin dari sudut pandang pembaca hal ini tidak terlalu penting, akan tetapi bagi seorang penulis sebaiknya lebih memerhatikan penggunaan huruf kapital yang benar agar artikel yang dipublish lebih berkualitas dan bernilai tinggi.


Penyematan Title dan Alt Tag pada Gambar

Perlu diketahui bahwa penggunaan tag title dan alt pada gambar sangat berpengaruh pada optimasi SEO blog Anda. Hal ini dikarenakan Alt tag tersebut akan lebih memudahkan mesin pencari seperti Google untuk mendeteksi gambar yang Anda posting.


Perhatikan Pengaturan Postingan

Blogger memiliki fasilitas berupa post settings atau pengaturan postingan untuk meningkatkan posisi blog kita pada mesin pencari. Di antaranya yang penting untuk diperiksa adalah bagian Label yang berguna untuk mempermudah pembaca dalam memahami topik utama yang sedang dibahas. Kemudian lakukan pengaturan pula pada Permalink dengan baik serta berikan Deskripsi penelusuran untuk mengoptimalkan SEO blog Anda.

Itulah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan sebelum menerbitkan artikel, semoga artikel tips kali ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel