Merawat Optimisme di Tengah Ketidakpastian

Merawat Optimisme di Tengah Ketidakpastian

Di antara kita, pasti pernah merasakan kondisi ketidakpastian dalam hidup ini. Mulai ketidakpastian bisnis, ketidakpastian pekerjaan, ketidakpastian keuangan, ketidakpastian orderan, dan lain sebagainya.

Tentu, sulit rasanya untuk melewati masa-masa ketidakpastian tersebut. Seolah waktu berjalan lamban, dan berbagai macam intimidasi berkecamuk dalam benak kita. Sehingga membuat kita makin pusing menjalani hidup

Ingat, hidup harus tetap berjalan. Dan ini menjadi isyarat, bahwa kita harus mampu berjuang untuk melewati ketidakpastian yang melanda diri kita masing-masing.

Maka dari itu, salah satu cara untuk melewati ketidakpastian, yaitu menghadirkan optimisme dalam diri kita. Sehingga, diri kita tetap semangat menjalani hidup sehari-hari.


Cara Hadirkan Optimisme

Pertama, ingat peran Tuhan. Kita berada di dunia ini, tidak serta merta langsung ada begitu saja. Akan tetapi, keberadaan diri kita ini, berkat diadakan oleh kehendak dan kemauan Tuhan.

Maka dari itu, ketika ketidakpastian melanda hidup kita, maka salah satu cara yang harus kita tempat ialah, kembali kepada Tuhan. Salah satunya ialah, perbanyak mengingat Tuhan, agar ketidakpastian cepat berakhir.

Dalam Agama Islam, jika kita dilanda ketidakpastian hidup, seperti banyak masalah, maka perbanyak untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt di malam hari. Seperti sholat malam (Sholat Tahajud, Sholat Witir, wirid, dll).

Tentu, dengan banyak mengingat Tuhan, sebagai media komunikasi dengan-Nya, maka lambat laun doa dan harapan kita akan dijawab. Sehingga, ketidakpastian hidup akan segera berakhir.

Kedua, perbanyak bersyukur. Mungkin saja selama ini kita lalai untuk bersyukur kepada Tuhan. Sehingga, Tuhan coba berikan cobaan pada diri kita. Mungkin tujuannya, agar kita sadar dan kembali bersyukur pada-Nya.

Coba bayangkan, bagaimana besar kasih sayang Tuhan pada diri kita. Mulai dari menghirup udara secara gratis, bisa merasakan makanan dan minuman dengan lahap, menyaksikan indahnya dunia, dan lain sebainya.

Tapi, kenapa kita lupa bersyukur pada-Nya. Maka dari itu, mari kita biasakan bersyukur pada Tuhan. Sehingga, dengan memperbanyak syukur, lambat laun beban yang ada dalam benak kita bisa berkurang.

Ketiga, berpikir positif. Sebesar apapun ketidakpastian yang kita alami, kita harus tetap mampu berpikir positif. Karena dengan berpikir positif, pikiran kita akan fokus mencari jalan keluar dariketidakpastian yang dihadapi.

Pikiran positif ini, wajib kita hadirkan dalam diri kita. Tujuannya, untuk memompa energi dan daya juang dalam diri kita. Sehingga, seberat apapun ketidakpastian yang dihadapi, kita akan tetap berjuang menghadapinya.

Tentu, adanya perjuangan yang gigih, tak terlepas karena kita mampu hadirkan pikiran positif dalam diri kita. Di mana, pikiran positif akan mampu jadi suplemen yang memberikan energi terbaik bagi perjuangan yang kita jalankan.

Jika kita mampu melakukan tiga hal tersebut kala ketidakpastian datang. Maka, Insya-Allah kita akan tetap mampu hadirkan optimisme dalam diri kita.


Cara Merawat Optimisme

Setelah kita berhasil menghadirkan optimisme dalam diri kita, maka selanjutnya ialah merawat optimisme. Sehingga optimisme, mampu menjadi penyemangat untuk bangkit dari ketidakpastian hidup.

Salah satu cara merawat optimisme ialah, fokus pada tujuan akhir yang akan kita capai. Sehingga, kita akan memperjuangkan sekuat tenaga, atas apa yang kita inginkan di kemudian hari.

Sebagai contoh, anggap saja tujuan akhir kita ialah memiliki kondisi keuangan yang sehat. Namun, apa yang kita impikan tak kunjung dikaruniai oleh Tuhan.

Maka, salah satu cara agar daya juang kita tetap berkobar, munculkanlah tujuan akhir hidup kita, yaitu memiliki kondisi keuangan yang sehat.

Dengan memautkan pikiran kita akan tujuan akhir hidup, maka daya juang yang kita miliki akan tetap berkobar. Laksana api yang bisa menyulut siapa saja.


Penutup

Siapa saja yang ada di dunia ini, pasti pernah merasakan ketidakpastian dalam hidupnya. Hanya saja, bagi kita yang tak bisa menghadirkan dan merawat optimisme dalam hidup, maka siap-siap untuk tidak pernah mengeyam kesuksesan hidup.

Maka dari itu, yakinlah bahwa ketidakpastian akan cepat berlalu, asalkan kita mampu hadirkan optimisme dalam diri kita. Kemudian, kita rawat dengan baik. Sehingga akan hasilkan daya juang yang besar dalam diri kita.

Semoga kita semua mampu merawat optimisme dalam diri kita masing-masing, amien…
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel