Menambah Akun Admin di WordPress tanpa Masuk Admin Panel

Well, pernahkan kamu lupa password dan username untuk blog WordPress kamu? Bingung bagaimana bisa login lagi. Apa yang kamu lakukan? Tekan tombol lupa password di form loginnya? Ya, itu bisa tapi kalau kamu lupa usernamenya dan emailnya, kelar hidup kamu. Iya, kamu!


Menambah Akun Admin di WordPress tanpa Masuk Admin Panel

Solusi yang bisa kamu tempuh jika kamu lupa segalanya, lumpuh ingatan akun admin kamu di WordPress adalah membuat akun admin baru tanpa menggunakan admin panel tentunya–kan kamu tidak bisa login.

Meski pun begitu kamu juga harus ingat akun dan password buat masuk masuk Cpanel atau SSH, untuk mengakses MySQL database yang digunakan blog WordPress tersebut.  Kalau tidak ingat, maaf saya tidak tahu lagi bagaimana menyelamatkannya. Kalau masih ingat, lanjutkan membaca.

Struktur database di WordPress cukup sederhana, jadi ya, gitu, permasalahan kamu bisa diatasi hanya dengan menjalankan query SQL. Tidak enaknya, gampang juga dihack orang! Jadi silakan jaga keamanan blog, buat password kamu kuat. Kamu tahu tidak, kalau crypt yang digunakan WordPress untuk menyimpan password akun di database adalah MD5? Ini crypt yang lemah. :(

Okay, fine with it. Please, take care.

Jadi loginlah ke cpanel kamu, dan klik PHPMyAdmin. Bagi yang menggunakan SSH, masuk dan ketik command:
mysql -u username -p
Akan muncul prompt menanyakan password untuk akun itu, ketik dan tekan enter. Kamu akan masuk ke mysql command line interface (shell), ditandai ada tulisan mysql. Kemudian ketik:
use namadatabaseblog;
Untuk yang memakai PHPMyAdmin cukup klik nama databasenya dan klik tab SQL.

Dan ini bagi keduanya, jalankan query SQL ini. Jangan lupa ganti username, password dan emailnya sesuai yang kamu inginkan.
INSERT INTO `wp_users` (`user_login`, `user_pass`, `user_nicename`, `user_email`, `user_status`)VALUES ('yourusername', MD5('yourpassword'), 'your name', 'yourname@domain.com', '0');INSERT INTO `wp_usermeta` (`umeta_id`, `user_id`, `meta_key`, `meta_value`)VALUES (NULL, (Select max(id) FROM wp_users), 'wp_capabilities', 'a:1:{s:13:"administrator";s:1:"1";}');INSERT INTO `wp_usermeta` (`umeta_id`, `user_id`, `meta_key`, `meta_value`)VALUES (NULL, (Select max(id) FROM wp_users), 'wp_user_level', '10');
Jangan lupa, bagi yang bingung boleh berkomentar di bawah. Pertanyaan-pertanyaan boleh dilempar, meski pun tidak ada garansi untuk dijawab. Semoga bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa makan.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel