Cara Mengubah Struktur Permalinks WordPress

Kadang-kadang ketika sebuah website dibenahi, seorang webmaster mungkin memutuskan untuk mengubah struktur pemalinks/Url.

Barangkali untuk lebih memudahkan pengunjung untuk menavigasi situs, atau alasan Search Engine Optimization. Tetapi mengubah struktur permalinks akan memantik efek. Baik itu keuntungan mau pun kerugian tersendiri.

Untuk meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi, maka posting ini saya dedikasikan kepada Anda yang baru, akan dan sudah mengubah struktur permalinks websitenya. Khususnya website yang dibangun dengan platform WordPress.

Anda pasti tidak ingin mengalami kendala kehilangan traffic. Keuntungan SEO, popularitas dari backlinks yang telah ditanam di website lain. (Seperti Guest Posting, Berkomentar, kampanye social media, dan email marketing).

Anda pasti tidak ingin pengunjung Anda, datang ke halaman 404 page Anda. Anda pasti tertarik untuk melanjutkan membaca.


Praktek Terbaik Penamaan Url

Untuk yang tidak tahu apa itu Url, maka berikut pengertiannya; Uniform Resource Locator. Intinya sebuah Url menunjukkan dimana halaman web tertentu berada.

Contoh Url adalah

http://www.why-com.com/

http://www.why-com.com/belajar-seo/

http://www.why-com.com/google-analytics/

Menurut artikel di Seomoz, Search Engine Journal, dan Search Engine Land penamaan Url yang paling bagus adalah:

http://www.example.com/category-keyword/subcategory-keyword/primary-keyword.html


Struktur Permalinks WordPress yang Bagus

Saya akan jujur di sini, dalam kondisi umum Anda memiliki dua pilihan. Yang saya pikir paling bagus untuk kesehatan web blog Anda di mata mesin pencari.

Dua pilihan itu adalah

  1. Postname: /%postname%/
  2. Category dan Postname: /%category%/%postname%/


Untuk penamaan Url yang mengandung nomer atau tanggal, saya katakan itu tidak buruk. Saya harus mengatakan bahwa struktur pemalinks dengan nomer dan tanggal baik untuk website berita. Karena Google News mengharuskan Website berita mempunyai dynamic number di Url-nya.

Lalu kapan memilih postname atau category&postname? Jawaban ini tergantung bagaimana Anda membangun website Anda. Jika Anda menggunakan nama category yang pendek tapi deskriptif, maka menggunakan category&postname sangat bagus untuk Anda.

Jika tidak, maka menggunakan postname adalah cara terbaik yang umum dipilih.

Update! Anda membangun website dengan WordPress? Saran saya, jangan tergantung kepada teman untuk menyetting blog WordPress Anda. Karena mereka tidak akan pernah benar-benar tahu bagaimana blog yang Anda inginkan.

Ya saya menggunakan link afiliasi di situ. Saya senang menggunakannya, karena menurut saya materi itu juga berguna untuk Anda.


Cara Setting Struktur Pemalinks Di WordPress

Untuk mengubah struktur itu, Anda tinggal masuk ke [Setting] > [Permalinks] di dashboard WordPress Anda. Kemudian pilih struktur pemalinks yang Anda inginkan.

Jika Anda sudah ngeblog cukup lama, dan memutuskan untuk mengubahnya. Maka Anda harus meneruskan membaca artikel ini.


301 Redirect

Cara Mengubah Struktur Permalinks WordPress

Jika Anda telah lama di sini, Anda tahu bahwa saya telah melakukan perubahan struktur permalinks di sini. Nah, karena saya tidak ingin backlinks dan traffic yang saya punya hilang. Maka saya harus meredict Url lama ke struktur Url baru saya.

Untuk melakukannya saya tidak memakai plugin sama sekali, saya hanya mamasukkan beberapa baris kode ke file .htaccess saya.

Karena saya menggunakan mounth and name (/%year%/%monthnum%/%postname%/) dan ingin merubah ke postname (/%postname), maka saya memasukkan kode seperti ini:

RedirectMatch 301 ^/([0-9]{4})/([0-9]{2})/(.*)$ https://www.why-com.com/$3

Untuk kasus Anda tidak sama dengan saya, artinya permalinks lama Anda bukan mounth and name dan ingin merubahnya ke postname, maka kirimkan sebuah email untuk saya dan saya akan membuatkan kode untuk Anda.


Bonus Tips

Update Sitemap

Ketika Anda telah mempunyai nama Url baru untuk blog Anda, jangan lupa Sitemap Anda juga harus Anda update. Ini penting, karena sitemap digunakan untuk spider mesin pencari untuk mencrawling website Anda.

Ya, saya tahu spider itu juga akan teredirect oleh kode yang kita masukkan ke file .htaccess kita. Tapi untuk memudahkan mereka, update saja sitemap Anda.

Jika Anda menggunakan plugin Google XML Sitemaps, maka Anda hanya harus menekan tombol rebuild sitemap. Dan sitemap Anda telah update. Mudah dan simple.

Pastikan Google Bisa Me-crawl Url Baru Anda

Pastikan lokasi baru halaman/content Anda bisa dicrawl oleh Google. Untuk memastikannya Anda bisa menggunakan Google Alat Webmaster, dengan mengeklik [Site Configuration] kemudian Klik [Fetch as Google]. Langkah ini untuk memastikan file robots.txt Anda tidak memblocking spider di lokasi tersebut.


Pembahasan Tentang Belajar SEO yang Terkait dengan Penamaan Url

Mengubah struktur permalinks mungkin memberikan beberapa keuntungan. Tetapi saya merekomendasikan Anda agar tidak mengimplementasikan perubahan besar di situs Anda. Seperti mengubah struktur permalinks dengan skala content yang besar, struktur navigasi, dan arsitektur blog Anda.

Mengubah telalu banyak element dalam website pada satu waktu secara langsung akan membuat pengunjung dan mesin pencari bingung.

Saya tidak yakin spider mesin pencari memiliki obat sakit kepala untuk mengatasinya.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel