8 Cara Membangun Backlink Blog Anda Terlihat Alami oleh Google

8 Cara Membangun Backlink Blog Anda Terlihat Alami oleh Google

Hei, senang bisa menyelesaikan posting cara membangun backlink blog hari ini. Karena sebenarnya posting ini telah lama tersimpan di arsip file di laptop saya. Kemarin saya membuka arsip file saya, yang saya buat untuk menyimpan ide posting di blog ini, dan menemukan judul: backlinks strategy.

Jadi saya mengeditnya, dan menambahkan materi yang belum saya selesaikan.

Untuk mendapatkan posisi bagus di mesin pencari (baca Google), Anda juga harus menerapkan off page optimization. Off page optimization ini hanya tentang anchor text dan backlink. Ketika saya bilang backlink, saya tidak membedakan nofollow dan dofollow tag.

Karena keduanya sama-sama bisa meningkatkan posisi blog Anda. Hanya saja nofollow tag tidak membuat pagerank blog Anda naik. Tetapi nofollow tag sama baiknya untuk meningkatkan traffic blog.

Definisi Backlinks

Anda semua mungkin sudah tahu apa itu backlink. Tetapi saya ingin posting ini bisa dipahami oleh para pemula. Jadi saya akan menjelaskannya dari dasar.

Jadi sebenarnya apa itu backlink? Backlink adalah tautan (link) dari situs lain yang mengarah ke situs kita. Atau jika dipandang dari sudut lain, ketika kita menaruh link ke situs lain di artikel posting kita. Kita telah memberi backlink ke situs tersebut.

Tapi apa itu link? Sulit menjelaskan ini, kita masuk saja ke strukturnya dan cara kerjanya. Jika dipandang dari bahasa HTML, maka suatu link memiliki struktur seperti ini:
<a href="https://www.why-com.com">Belajar SEO</a>  akan lebih mudah jika belajar dari artikel yang tersusun secara terstruktur.
Nah, jika dilihat oleh pengunjung akan terlihat seperti ini:

Belajar SEO akan lebih mudah jika belajar dari artikel yang tersusun secara terstruktur.

Jika kata belajar seo itu diklik, maka pengunjung secara otomatis akan diarahkan ke situs atau halaman di https://www.why-com.com/search/label/Seo

Membangun Backlink:

Ketika algoritma Panda dan Penguin hadir, backlink masih penting. Jika Anda tidak mempercayai ini, silakan buat 2 blog sebagai percobaan.

Satu blog memiliki backlink, sedangkan satunya tidak memiliki sama sekali. Cukup buat konten saja, lihat berapa pengunjung yang hadir. Kemudian bandingkan.

Hanya catat, kita perlu mematuhi beberapa signal di algoritma baru Google. Penguin lebih banyak berpengaruh di off page, teman-teman. Nah, untuk tidak masuk dalam radar Google, kita perlu melakukan diversify (membuat variasi) ketika membangun backlink.

Jadi gunakan cara-cara yang ada ketika membangunnya. Oke? Dengan melakukan semua cara itu, link profile Anda diharapkan tidak masuk dalam radar Google.

Meski pun Penguin sendiri belum sepenuhnya berpengaruh di pasar bahasa Indonesia. hanya di bahasa inggris. Tetapi untuk langkah preventif, ini cukup penting dilakukan:

1. Menjadi guest blogger

Barangkali praktek paling powerfull untuk membangun backlink adalah guest posting! Bagaimana tidak, kita bisa menanam backlink di situs populer. jika situs populer tersebut mempunyai pembaca harian yang banyak, kita pun juga mendapatkan sebagian trafficnya. Ditambah lagi untuk membangun jalinan persahabatan dengan webmasternya.

2. Blogwalking

Blogwalking adalah aktifitas mengunjungi blog lain, membaca postingnya sampai selesai, kemudian memberi komentar atas posting tersebut. Ketika Anda meninggalkan komentar, tolong jangan asal. Dan/atau memberi komentar biasa seperti:
postingan yang bagus, keren dan bermanfaat, gan.

Komentar Anda di blog lain adalah juga posting Anda di blog Anda. Jadilah kreatif, kritis, dan unik. Bacalah postingannya sebelum berkomentar. Sehingga orang yang membaca komentar Anda tertarik berkunjung ke blog Anda, karena Anda mampu berdiskusi dengan baik.

Dan yang terpenting komentar Anda tidak dianggap spam oleh sang Webmaster.

3. Social Bookmarking

Teknik Social bookmarking adalah memasukkan atau mendaftarkan situs/artikel di situs social bookmark. Social bookmark yang terkenal dan bagus sendiri antara lain digg dan reddit.

Nah, di pasar Indonesia sendiri Anda bisa mencoba lintas(dot)me. saya sendiri memasukkan blog ini untuk mempercepat Google mengindeks WhyCom.

4. Forum Signature

Cara ini sudah saya lakukan akhir-akhir ini. Saya tinggal mengatur Signature di akun saya. Dan ketika saya melakukan diskusi di forum link ke blog saya tertanam. Asik. Mudah. Dan menambah ilmu. Forum yang saya ikuti sendiri masih adsense-id.

5. Social Media

Ya, signal social media di algoritma Google yang baru memang memiliki cukup pengaruh. Jadi mulailah aktif di social media. Seperti facebook dan twitter. Buatlah facebook fan page dan akun twitter khusus untuk blog Anda. Pasanglah tombol share di blog Anda.

Kemudian sekali-kali berikan link ke blog Anda. Setiap artikel baru di blog Anda, beri tahu teman atau follower Anda melalui akun-akun social media yang Anda punya.

6. Email Marketing: Broadcast Campaign dan Autoresponder

Ketika Anda telah mempunyai list. Anda bisa melakukan teknik ini. Yaitu dengan cara menyetting autoresponder atau broadcast campaign dengan menaruh link ke artikel yang Anda tulis di email yang akan dikirim. Ini efektif untuk membuat mereka kembali, dan referral yang tercatat adalah jasa email yang digunakan user list Anda. Semisal mail.yahoo.com, Gmail dll.

7. Youtube Marketing

Video seringkali diprioritaskan tampil di halaman pertama hasil pencarian Google. Anda tentu sering melihat video dari Youtube tampil, ketika Anda Googling dengan kata kunci yang Anda ketika, bukan?

Youtube is powerfull. Saya harus mengatakan sudah saatnya Anda membuat video sendiri. Di samping Anda bisa mempostingnya di blog Anda sendiri (dan mengurangi bounce rate) Anda juga bisa menanam link di Youtube di kolom deskripsi video yang Anda buat. Keren, kan?

8. Bagaimana Cara Anda Membangun backlink?

Barangkali Anda memiliki ide lain, yang Anda gunakan selama ini. Jadi mengapa tidak berbagi dengan pembaca kami? Silakan berkomentar, dan kita diskusikan itu.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel