5 Keterampilan SEO yang Harus Dimiliki Blogger

5 Keterampilan SEO yang Harus Dimiliki Blogger

Keterampilan SEO apa yang harus dimiliki oleh seorang blogger? Sehingga bisa berhasil di pasar yang dia target?

Saat ini, strategi SEO harus terencana karena pasti berhadapan dengan blogger lain merebutkan pasar yang sama. Apalagi jika persaingannya ketat.

Mengetahui ketrampilan SEO akan mempermudah kita belajar SEO. Hal ini karena kita mengerti skill apa yang harus kita miliki.

Beberapa minggu ini saya membaca blog-blog SEO yang popular, seperti SEOMoz, SEObook, Viperchill, SeroundTable dll. Dari situ saya menyimpulkan ketrampilan SEO. Dan di posting ini, saya akan berbagi dengan Anda.

Tapi, apakah Anda ingin menguasai SEO? Ada lima keterampilan SEO yang harus Anda miliki. Berikut lima keterampilan itu:


1) Teknis SEO

Jika Anda berpikir SEO hanya tentang riset kata kunci dan memasukkannya ke dalam konten blog Anda, maka Anda harus membenahi pemahaman tersebut. Tapi tidak masalah, Anda tidak seluruhnya salah.

Karena, SEO juga tentang membuat website yang lebih baik di tingkat pengkodean struktur halaman dan server. Dengan tujuan akhirnya menghasilkan lalu lintas dan tingkat konversi.

Mengetahui optimasi on-page (misalnya title tag, alt tag, H1, H2 dll) sangat membantu kita, tapi lebih membantu lagi jika memahami sisi teknisnya, seperti kode HTML. Anda akan memiliki satu kemampuan SEO lain dari “petarung” lain.

Karena itu, pertimbangkan untuk belajar server-side settings, sitemaps, server response codes, rewrites, dll. Memahami on-page optimasi dan teknis SEO membuat Anda menjadi praktisi SEO hebat.


2) Social Media Marketing

Kesuksesan facebook dan twitter adalah lahan basah blogger mendapatkan tambahan lalu lintas. Setiap hari jutaan pengguna internet membukanya!

Dan ketika Panda lahir, peranan aktifitas social media cukup berpengaruh terhadap peringkat SERPs di hasil pencarian. Terlebih Google dan Bing.

Maka, memanfaakan taktik Social Media untuk membangun link sangat penting, tetapi yang lebih penting adalah mendapatkan lalu lintas dan memperoleh pelanggan (jika blog Anda menjual jasa/barang).

Jika strategi Social Media dan SEO bisa saling mendukung, pondasi bisnis Anda akan kuat. Dan sulit digoyahkan kompetitor Anda.


3) Link Building (Membangun Link)

Membangun link yang mengarah ke blog Anda (backlink) akan menaikkan peringkat blog Anda. Tetapi sayang, skill ini bukan hanya berbicara tentang mendapatkan link dari situs lain.

Skill ini juga mencakup kemampuan mendistribusikan backlink, merencanakan anchor text, dan membuat link internal.

Sangat penting memiliki keterampilan membangun link ekernal dan internal, untuk memperkokoh SEO blog Anda.

Terkadang kita juga butuh mengeluarkan link, untuk memudahkan laba-laba Google mencari informasi tentang blog kita. Malah, saya suka memberi link ke blog lain.


4) Usabilty dan Bangunan Blog

Mendatangkan pengunjung adalah penting! Tetapi kita harus menghargai mereka. Melayani dan memberikan apa yang mereka butuhkan.

Usability Blog/situs menyiratkan bagaimana link-link ke halaman atau posting ditempatkan. Berbicara tentang system navigasi. Saya juga belum terlalu menguasai skill ini. Masih dalam proses belajar.


5) Content Marketing

Konten blog adalah apa yang dicari-cari pengguna internet. Sehingga konten merupakan alat terbaik mendapatkan pengunjug. Atau bahkan pelanggan baru.

Content Marketing terbagi menjadi dua bagian, yaitu pembuatan konten dan distribusi konten.

Seorang blogger yang ingin belajar SEO, harus memiliki keterampilan strategi content marketing. Terutama pada bagian pembuatan konten: mengubah ide menjadi generator traffic, menemukan kata kunci, menemukan content gaps, dan menyebarkannya (misalkan Facebook Page, Twitter, Guest Posting, dll)
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel