Pentingnya Membangun Jejaring Sosial Dalam Bisnis

Pentingnya Jejaring Sosial Dalam Membangun Bisnis
Jejaring Sosial

Kenapa jejaring penting untuk perkembangan profesionalku? Bagaimana cara membangun jejaring? Bagaimana memanfaatkan acara jejaring secara maksimal? Bagaimana cara membuat konsep jejaring yang baik? Jejaring kerja yang cocok dengan bisnisku?

Misalnya Yunie yang baru mengembangkan startup yang membuat produk minyak aroma terapi untuk pelanggan di seluruh Indonesia.

Yunie sangat ahli soal aroma terapi, tapi ia punya banyak pertanyaan tentang menjalankan bisnis ini. Mulai cara mendapat bahan baku, mencari pegawai, hingga mencari pelanggan baru.

Yunie mendengar ia bisa bergabung di beberapa komunitas untuk mendapat info dan kiat dari orang yang bekerja di industri yang sama. Lalu bagaimana cara untuk mengenal dan berdiskusi dengan mereka? Dan bagaimana sebaiknya melihat kenalan baru yang akan Anda dekati.

Memulai hubungan profesional yang baru akan lebih bernilai jika kedua pihak melihatnya sebagai hubungan yang akan terus berkembang, kalau Anda fokus membangun hubungan yang erat, Anda dan jejaring bisa saling membantu saat ini juga dimasa depan.

Inti dari jejaring kerja adalah membangun hubungan profesional. Anggap saja seperti keluarga besarmu dalam bidang bisnis.

Baik Anda pemilik bisnis, pegawai, atau pencari kerja, memiliki jejaring profesional yang kuat sangatlah berharga, Anda memang unik, tapi tantangan dan kesempatan yang Anda hadapi sebenarnya umum terjadi.

Manfaat dari membangun jejaring kerja itu sendiri sangat banyak, salah satunya Anda bisa belajar cara orang menghadapi situasi yang sedang Anda hadapi. Anda bisa belajar dari keberhasilan dan kegagalan mereka, lalu mencari jalan terbaik untukmu.

Anda juga bisa menghubungi jejaringmu saat mencari pembeli, pekerjaan, atau modal. Meskipun kenalanmu tak bisa membantu secara langsung, mereka mungkin kenal orang dari jejaring mereka yang bisa membantumu.

Hati-hati dalam membangun jejaring yang hanya untuk membantu diri sendiri, karena bisa membuat orang kesal. Bagikan juga pengalaman dan kiatmu. Ini akan membantu jejaringmu belajar dari dirimu, dan membangun hubungan yang tulus. Semua saling membantu.

Membangun jejaring memang menguntungkan, tapi tak selalu mudah, yang terpenting, Anda harus berkomitmen. Mungkin terasa menakutkan untuk memulai pembicaraan dengan orang yang belum Anda kenal. Tapi bayangkan pengetahuan yang bisa Anda pelajari dari mereka.

Menentukan waktu minimum untuk membangun jejaring juga sangat membantu. Bisa satu jam seminggu atau satu jam sehari, punya jadwal akan membantu memastikan membangun hubungan profesional jadi prioritasmu.

Lalu, tentukan kegiatan yang akan Anda lakukan. Bisa berdiskusi lewat telepon, minum kopi bersama, atau bertemu orang-orang yang Anda anggap bisa memberi inspirasi tentang apapun yang membantumu dalam menjalin hubungan.

Anda dapat mengembangkan jejaring kapan pun dan dimana pun. Jika Anda tampil profesional dan sopan, banyak orang yang mau berbagi pengalaman. Karena mereka juga tahu pentingnya mengembangkan jejaring.

Mengembangkan jejaring bisa dilakukan kapan pun, dimana pun. Tapi penting juga untuk tahu kapan dan dimana tempat untuk menjalin hubungan yang bermanfaat.

Mulailah dengan mencari tahu organisasi atau acara yang terkait dengan bisnis Anda. Biasanya diikuti oleh orang yang punya minat sama denganmu dan sama-sama ingin membangun jejaring.

Contohnya Yunie. Ia tahu pertemuan produsen minyak aroma terapi adalah kesempatan penting membangun jejaring. Tapi pameran produk organik yang diadakan oleh komunitas petani di kotanya memberi kesempatan berjejaring.

Anda juga bisa bertemu orang dengan minat sama di luar industrimu. Banyak perkumpulan alumni, komunitas, dan organisasi sosial yang mengadakan acara pertemuan bagi anggotanya untuk bersosialisasi.



TIPS.
Ajak mitra bisnis atau teman ke acara jejaring. Kalian bisa berdiskusi tentang info yang didapat, dan mereka bisa membantumu fokus pada tujuanmu. Tapi jangan menghabiskan waktu bicara dengan temanmu saja: ingat, tujuan utama Anda adalah mengembangkan jejaring.

Anda sudah hadir di acara dan ingin bertemu peserta lain. Saatnya untuk membuka diri.

Dekati peserta lain dan perkenalkan diri dengan sopan. Sebagian besar peserta juga datang untuk berkenalan, jadi beri informasi seperti nama dan bisnismu agar mereka merasa nyaman denganmu.

Lalu mulailah diskusi tentang acara tersebut. Misalnya jika ada pembicara, diskusikan tema yang akan disampaikan. Atau tanyakan tentang bisnis lawan bicaramu, orang biasanya nyaman bicara tentang diri sendiri.

Biarkan pembicaraan mengalir apa adanya, hingga didapat topik yang sama-sama diminati. Beri perhatian sepenuhnya pada apa yang dikatakan orang lain. Kemauan mendengarkan orang lain, akan membuat orang mengingatmu.

Jangan khawatir kalau pembicaraan tak mengalir dengan baik, semua pernah mengalaminya. Anggap saja sebagai pengalaman belajar, lalu mulai pembicaraan dengan orang yang lain.

Tentukan tujuan datang ke suatu acara. Misalnya coba hadiri 1 acara minimal 3 bulan 1 kali, untuk membantumu merasa nyaman tanpa menghabiskan banyak waktu. Atau hadiri pertemuan berbagai industri dan komunitas untuk membantumu memperbanyak kontak baru.

Anda sudah hadir dan mendapat beberapa kontak baru, namun ada beberapa langkah lagi yang harus dilakukan agar kenalanmu memberi hasil saat diperlukan.

Pilih kontak barumu. Pelajari informasi tentang mereka dan tentukan siapa yang ingin Anda kenal lebih dekat. Lalu rencanakan cara dan waktu untuk menghubungi mereka. Saat bertemu, bicarakan hal yang pernah didiskusikan sebelumnya.

Anda juga bisa menambah kontak dengan orang yang bahkan belum Anda temui. Gunakan jejaring sosial untuk bertukar ide tanpa harus saling bertemu. Atau buat tulisan di blog terkait industrimu agar orang semakin mengenalmu.

Sebaiknya siapkan diri Anda untuk mulai membangun jaringan, langkah selanjutnya adalah menulis cara-cara untuk komunikasi dengan kontak baru dan apa yang ingin Anda pelajari dari mereka. Apapun cara yang Anda pilih untuk memperluas jejaring, selalu ikuti konsep dan rencana yang sudah Anda buat. Lama kelamaan, kenalan yang Anda miliki akan semakin luas dan dapat membuat Anda semakin percaya diri untuk mencapai tujuan bisnis.

Jejaring sangat penting untuk perkembangan profesionalisme, dan semakin Anda siap untuk menjalin hubungan, hasilnya akan semakin menguntungkan.

0 Response to "Pentingnya Membangun Jejaring Sosial Dalam Bisnis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel