Menarik Perhatian Pengunjung dengan SEO (Search Engine Optimization)

Menarik Perhatian Pengunjung dengan SEO (Search Engine Optimization)

Apa beda SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing)? Bagaimana cara kerja mesin pencarian? Kenapa penting merancang website agar muncul di urutan atas hasil pencarian?

SEO dan SEM. Kedua istilah kelihatan mirip, tapi artinya sangat berbeda.

Cara kerja SEO (Search Engine Optimization/ optimalisasi mesin pencari) berbeda dengan SEM (Search Engine Marketing/ pemasaran melalui mesin pencari).

Singkatnya, SEO artinya mengoptimalkan atau melakukan perubahan pada website agar muncul di urutan atas hasil pencarian.

Sedangkan SEM berarti membayar iklan agar website/iklanmu muncul di hasil pencarian.

Mari kita pelajari lebih jauh.

SEO :
  • Hasil pencarian biasa
  • Mengubah teks website agar muncul diurutan atas hasil pencarian
SEM :
  • Hasil pencarian dari iklan berbayar
  • Memakai dana pemasaran untuk membeli peringkat iklan

SEM menggunakan iklan agar website Anda muncul di urutan paling atas dalam hasil pencarian berbayar. SEO menggunakan isi website Anda untuk muncul di urutan paling atas hasil pencarian.

Ayo kita pelajari tentang SEO.

SEO intinya adalah menyiapkan website Anda supaya muncul di urutan atas hasil pencarian online. Hal ini sangat penting dalam pencarian online.

95% orang hanya membuka daftar website yang ada di halaman pertama hasil pencarian. Makin dekat posisi Anda dengan halaman ini, semakin baik.

Langkah awalnya adalah memahami cara kerja mesin pencarian. Contohnya Google.

Google memulai pencarian dengan menelusuri seluruh jaringan/web yang ada. Memeriksa semua tautan dan mengumpulkan sebanyak mungkin data.

Google kemudian membuat pengelompokan/index dari semua jaringan tersebut, lalu mengaturnya berdasarkan isi dan beberapa fitur lain.

Saat seseorang melakukan pencarian, Google akan mengurutkan hasilnya. Menggunakan perhitungan/algoritma untuk menentukan apa yang dicari, lalu menampilkan isi halaman website yang paling sesuai berdasarkan index yang ada.

Ini artinya, website Anda harus dibuat semenarik mungkin, baik untuk mesin pencari atau orang yang melakukan pencarian. Akan lebih membantu kalau Anda bisa memahami cara kerja keduanya.

Ada 3 bagian utama dari hasil pencarian. (Mungkin kelak mesin pencari akan mengubahnya sesuai kebutuhan). 3 bagian utama ini adalah:

  • JUDUL (Nama dari website dan perusahaan).
  • ALAMAT (Alamat elektronik website/domain)
  • DESKRIPSI (Penjelasan singkat tentang isi website).

Mesin pencari akan melihat informasi ini dalam bentuk kode. Sedangkan orang akan melihat informasi pada halaman hasil pencarian. Informasi ini diurutkan dan diberi kode warna, yang dapat di-klik pada bagian judul dan alamat website.

Karena mesin pencari dan orang yang melakukan pencarian bekerja dengan cara berbeda, website Anda harus disiapkan untuk keduanya. Biasanya cukup dengan sedikit perubahan atau tambahan, bukan mengubahnya secara total.

Supaya mudah ditemukan mesin pencari, pastikan semua bagian website Anda mudah dilihat dan terstruktur dengan baik jadi bisa dikelompokkan dengan baik. Kenali mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak.

  1. Beri Nama websitemu unik dan tepat, dan menggambarkan bisnismu dalam kalimat yang singkat dan padat, jangan memakai nama kreatif tapi tak ada hubungannya dengan isi website.
  2. Jangan memakai judul atau nama yang terlalu umum dan tak jelas sebagai bagian isi website.
  3. Menulis deskripsi berbeda untuk tiap halaman, terutama jika jumlah halaman website-mu cukup banyak, jangan deskripsi yang tak ada hubungannya dengan isi website atau sifatnya terlalu umum.
  4. Pilih nama domain yang mudah dibaca dan menjelaskan isi website Anda, dan jangan memakai alamat website yang panjang dan rumit seperti URLs:www.namadomain.com/prodid?123456.
  5. Memastikan halaman lanjutan memiliki alamat yang mudah dibaca : www.why-com.com/seo.why-com.com.

Dengan memahami apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh akan membantu website Anda lebih menarik bagi mesin pencari. Saatnya melihat apa yang menarik bagi orang yang melakukan pencarian.

0 Response to "Menarik Perhatian Pengunjung dengan SEO (Search Engine Optimization)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel