Apa Itu Alexa Rank dan Fungsinya Untuk Blog

Apa Itu Alexa Rank dan Fungsinya Untuk Blog

Alexa Internet atau Alexa rank adalah sebuah sistem ID pelacakan arus lalu lintas pengunjung yang digunakan untuk menentukan peringkat sebuah situs web. Berbeda dengan Google rank, semakin kecil angka yang diberikan, maka akan semakin bagus, ini sama halnya dengan peringkat di sekolah yaitu 1, 2, 3 dst.

Alexa rank sendiri merupakan anak perusahaan amazon.com, perusahaan ini terbentuk atas dasar sebuah perpustakaan di california, yakni alexandria yang memiliki fungsi sebagai induk dari sebuah penyimpanan data yang saling terkait.

Untuk dapat melakukan pelacakan pengguna Alexa diharuskan untuk memasang Alexa Toolbar pada situs web mereka, agar proses pengambilan data menjadi lebih akurat dan efesien, dengan ini maka Alexa dapat mengetahui jumlah visitor dan jumlah tampilan per halaman pada sebuah situs. Selanjutnya data data tersebut disimpan dan di analisa, dan hasilnya digunakan untuk menentukan peringkat situs tsb.

Alexa Toolbar ini juga berfungsi untuk menentukan tujuan selanjutnya, berdasarkan dari algoritma trafik komunitas pengguna internet itu sendiri. Toolbar ini juga mencakup data spesifik lainnya, diantaranya adalah:
  • Situs web yang dikunjungi.
  • Informasi kepemilikan situs.
  • Jumlah halaman yang dimiliki.
  • dan seberapa sering isi situs web tersebut diperbaharui.
Fungsi Alexa rank ini adalah sebagai gambaran untuk mengetahui banyaknya pengunjung organik/traffic website pada sebuah situs. Biasanya ini dimanfaatkan oleh para pemasang iklan untuk mempromosikan produk mereka.

Tentu inilah yang diharapkan oleh para pemilik blog, dengan menggunakan Alexa rank, maka peringkat website menjadi jelas, semakin kecil peringkat Alexa, semakin besar penghasilan yang akan didapat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel