Pengertian Blog dan Fungsinya

Bicara mengenai blog pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan kata tersebut. Pada pembahasan kali ini, admin akan membahas mengenai Pengertian Blog beserta fungsinya. Pasti banyak sobat blogger yang masih bingung tentang 'Apa Itu Blog?' dan 'Fungsinya itu Apa?', Untuk itu langsung saja kita bahas topiknya.

Pengertian dan Fungsi Blog Secara Umum

Apa yg dimaksud dengan blog? Blog berasal dari dua suku kata, yakni Web dan Log (Weblog) yang dapat diartikan sebagai catatan atau halaman harian yang terdiri dari tulisan-tulisan yang penyusunannya ditampilkan sedemikian rupa sesuai oleh gaya penulis terkait agar mudah dipahami atau dicerna oleh pembacanya. Yang dimaksud catatan harian disini merupakan catatan atau tulisan yang disimpan secara online dan terdapat dalam sebuah halaman web. Dapat disimpulkan bahwa Blog adalah halaman web online yang berisikan catatan, tulisan, ataupun rangkaian artikel yang dapat di perbaharui dan dapat diakses untuk pribadi maupun untuk umum.

Tampilan blog juga hampir sama dengan web-web lainnya. Konten yang ada dalam sebuah blog dikelola oleh si pemilik blog atau yang biasa disebut dengan blogger. Blog ini memiliki banyak sekali fungsi dan manfaat, ya kalau ini sih tergantung yang mengelola blognya saja sih, tapi tentu saja diharapkan untuk digunakan secara baik dan benar dan tidak bermaksud untuk berbuat negatif dan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Ada banyak macam macam blog mulai dari wordpress, tumblr dan blogger. Namun jenis blog yang banyak digunakan di indonesia adalah blogger, sejarah blog ini dimulai saat peluncuran blogger pada tanggal 23 agustus 1999 oleh Pyra Labs. Blogger sendiri adalah sebuah layanan publikasi informasi, melihat hal ini Google sebagai raksasa mesin pencari tertarik akan kehadiran blogger yang memiliki manfaat kepada semua orang untuk berbagi informasi ke sesama pengguna dan pembacanya, lalu pada tahun 2003, blogger sepenuhnya diakuisisi oleh Google.

Apa itu blog dan apa fungsi blog?

Fungsi blog sendiri adalah berbagi informasi yang kaya akan pengetahuan agar dapat bermanfaat dan berguna untuk semua orang. Google sendiri lebih mengutamakan kepada semua pengguna blogger atau publishernya untuk menyajikan ide-ide yang segar untuk disampai kepada masyarakat luas.

Penulis sendiri pernah mendengar bahwa karyawan dikantor google terdiri dari sarjana-sarjana muda yang banyak diantaranya adalah lulusan S3, dan saat mereka ditanya, jawaban yang mereka berikan cukup mencengangkan.
"kenapa anda ingin lulus kuliah usia muda" lalu mereka menjawab "karena kami ingin cepat membagikan ilmu kami kepada dunia, jika kami terlalu lama untuk mendapatkan gelar sarjana kami, tentu akan semakin lama pula bagi kami untuk membagikan ilmu kami kepada dunia".
Dari quote diatas dapat disimpulkan bahwa Google sangat menyukai informasi-informasi baru yang bermanfaat untuk semua orang, mulai sekarang isilah blog pribadi Anda dengan ide-ide cemerlang Anda agar berguna untuk masyarakat luas, Anda tidak perlu takut ide-ide tersebut dicuri oleh orang, karena hal ini menandakan bahwa ide tersebut benar-benar berguna.


Ada berbagai macam fungsi blog, diantaranya adalah :

Sebagai Media Pribadi (Subjektif)
Fungsi blog yang satu ini lebih ditekankan kepada keseharian pemilik blog itu sendiri, seperti pengalaman hidup, curahan hati, dan semata-mata hanya untuk kepentingan diri saja dan bersifat pribadi. Biasanya blog yang seperti ini hanya diperlihatkan kepada sebagian orang saja, seperti teman-teman, keluarga, rekan kerja, ataupun kerabat.

Sebagai Media Bisnis atau Usaha
Blog bisnis merupakan blog yang dipergunakan untuk melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan usaha seseorang, seperti usaha berdagang dengan menawarkan produk-produknya melalui blog. Dan ada juga yang menawarkan jasa, toko online, jual beli, dan masih banyak lagi blog usaha yang lainnya.

Berbagi Ilmu dan Informasi
Blog ada juga yang berguna sebagai sarana berbagi ilmu dan informasi kepada umum. Jenis blog seperti ini sangat bagus karena lebih mengutamakan kepentingan para pembacanya. Misalnya, sobat memiliki pengetahuan lebih tentang Android, maka tidak ada salahnya sobat berbagi ilmu, tips, maupun trik yang dapat dipublikasikan melalui sebuah blog.

Sebagai Media Promosi dan Pengiklanan
Jenis blog ini lebih diperuntukkan kepada pemilik blog yang ingin mengedarkan barang, jasa, maupun produk orang lain dalam blog kita dengan maksud dan tujuan untuk mendapat upah dari orang yang sudah kita promosikan. 

Tentunya masih banyak lagi fungsi-fungsi blog yang lainnya. Diatas merupakan sebagiannya saja, karena fungsi blog itu tergantung pada si pemilik blog itu sendiri seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Namun perlu diketahui, sekarang ini terdapat banyak sekali blog yang dipergunakan untuk berbagai hal yang kurang mendidik, seperti menampilkan konten-konten dewasa yang bersifat negatif dan berdampak buruk bagi orang lain yang melihat atau membacanya.

Di era modern ini, semua teknologi serba canggih, setiap orang dapat menggunakan blognya dengan berbagai fungsi dan manfaat, untuk itu gunakanlah blog dengan baik dan benar dan mencegah perbuatan yang berdampak negatif bagi diri sendiri maupun orang lain.

Cukup sekian untuk pembahasan singkat kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi sobat yang ingin mengetahui tentang Blog dan macam-macam fungsinya.
Apabila ada yang ingin ditanyakan, silahkan kirim melalui kotak komentar dibawah,

Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel